[JOI Spotlight] Starting Fall Season 2018

October 7, 2018 8:04 pm
[JOI Spotlight] Starting Fall Season 2018

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Oktober dan musim gugur 2018. Saatnya kita mulai menyaksikan seri baru musim ini. Seperti biasa di tiap awal musim, para staf masih baru mengumpulkan seri untuk ditonton, jadi harap dimengerti kalau ada seri yang terlewat karena kami juga masih menstabilkan daftar tontonan.

Hanebado 13 (End)

Kaptain

Uchika dimaafin, BAD. Dia sama sekali nggak ngelakuin apapun yang ngebuatnya pantas nerima ini. Di tiap spotlight saya emang suka negatif dengan anime ini, tapi saya bisa tahan sampai akhir berkat kualitas produksi yang mengagumkan dengan duel 90 detik di mana suara yang ada cuma napas aja sebagai puncaknya. Kalau kalian bisa nolerir melodramanya, ini merupakan tontonan yang cukup baik melihat dedikasi stafnya dalam menawarkan duel badminton yang berkualitas.

Uchuu Senkan Tiramisu S2 01

What’s this?

Mecha pilot first world problem

Kaptain

Untuk kalian yang dah lama baca Spotlight, harusnya kalian tahu saya paling demen dengan cerita “daily life of ridiculous world”. Lanjut cerita di mana Ichinose bersaudara jatuh ke Bumi dan kehilangan mecha mereka karena 1. Rusak 2. Diderek di parkiran. Lucu aja alasan paling meyakinkan agar Subaru mau membelot tuh karena merchandising dia sebagai Ace Bumi itu jelek banget.

Tonegawa 13 (End?)

Kaptain

Death game pertama Kaiji akhirnya dibuka perdana, banyak cameo lama yang hadir berhubung ini penyelenggaraan pertamanya. Nggak bener-bener tamat berhubung musim ini bakal ganti ke antagonis Kaiji lainnya. Secara keseluruhan merupakan workplace comedy yang solid, daya tarik utamanya adalah ngeliat bagaimana “Evil Empire” macam Teiai bekerja dan ngedapetin karyawan yang sesuai.

bukan_randy

Hebat juga seri yang dari awalnya sempat buat saya kesal berhasil grow up menjadi satu seri yang saya sayangkan sudah tamat(?). Seri ini berhasil membawa salah satu ciri khas seri Kaiji, visualisasi imajinasi yang lebay, dan menjadikannya sebagai poin terkuat anime ini, yaitu visual comedy.

Zombieland Saga 01

What’s this?

Mamoru Miyano: Zombie Pimp

Kaptain

Surprisingly decent comedy. Episodenya langsung tancap gas buat nawarin premis utamanya: Mamoru Miyano ngebangkitin mayat tokoh wanita dari berbagai era untuk jadi unit idol agar bisa revitalisasi kota, cuma yang sukses punya kesadaran baru Minamoto doang. Nggak kayak seri idol biasanya, anime ini ngaku kalau Idol itu nggak selaku dulu dan mereka ngelakuin hal ini karena kompetisinya lagi dikit, udah gitu skalanya juga lokal doang.

Komedinya di-carry banget sama delivery Miyano yang bombastis. Penggunaan SFX juga bagus dan seri ini juga cukup paham soal timing. Surprise hit untuk musim ini.

Jojo: Vento Aureo 01

What’s this?

Cool Crime Caper of 5 jerks and Guido Mista

Kaptain

Saya langsung jujur saja, Giorno itu protagonis yang kurang saya suka akibat kombinasi dari karakterisasi yang nggak konsisten serta anggota lain yang jauh lebih keren. Namun bisa aja adaptasi ini memperbaikinya. Kalau karakternya dah nongol saya bakal ngomongin karakter favorit saya dari seri Jojo.

Mungkin ini karena episode ini tuh ditayangin di berbagai konvensi, tapi kualitas produksinya di atas rata-rata. Berhubung arc kali ini itu bakal berlangsung selama 39 episode, saya pesimis kualitasnya bakal kejaga.

bukan_randy

Yak, dimulai sudah part 5, di mana saya merasa seri JoJo mulai mengalami penurunan. Saya tidak ingat banyak cerita arc ini selain di mana isinya lebih ke Bucciarati’s Bizarre Adventure ketimbang Giorno. Sama seperti Kaptain, saya agak berharap adaptasi ini bisa membawakan ceritanya lebih bagus dari manganya sendiri, dan sejauh ini kelihatannya memang itu salah satu incaran para stafnya, karena adegan Bucciarati melototin dan ngejilat Giorno berhasil dianimasikan dan dibawakan dengan lebih mulus dan tidak se-awkward di manga-nya.

Dan saya ga nyangka Bucciarati diisi oleh Nakamura Yuuichi, tapi saya cukup suka dengan hasilnya.

Uchi no Maid wa Uzasugiru 01

What’s this?

Happy Sugar Life, but intentionally funny.

Kaptain

Entah kenapa adegan sakuga-nya banyak banget. Tsubame-nya juga jauh lebih berotot dibandingkan manga-nya, so good on you Dogakobo. Ngeliat ending-nya saya jadi pengen banget Danberu dapet adaptasi anime.

bukan_randy

Sejujurnya saya sama sekali tak tertarik dengan premisnya, tapi saya sempat mengikuti beberapa “karya” mangaka aslinya, ditambah saya punya soft spot dengan studio Dogakobo yang terkadang suka overkill dengan animasi seri komedinya, dan animasi episode pertama ini melebihi ekspetasi saya dengan banyaknya adegan animasi berkualitas tinggi, lebih daripada gabungan Sansha Sanyo dan Gabriel Dropout sekalipun.

Again, saya kurang tertarik dengan settingnya, dan sejujurnya saya kurang suka Misha yang teriak-teriak terus, tapi kalau saya bisa mulai adem dengan kedua hal itu selagi terus dibawa animasi Dogakobo, mungkin saya bakal terus nonton seri ini.

Goblin Slayer 01

What’s this?

A fantasy RPG world where goblins are regarded as low tier monster even though they have been known to wipe out parties and even villages. And people keep sending women against them. Why?

bukan_randy

Jujur saja, meskipun saya mengikuti manganya, saya dari awal tidak begitu tertarik dengan adaptasi animenya, karena pacing cerita seperti ini seringkali jadi menyebalkan saat dijadikan anime. Cerita Goblin Slayer sendiri baru mulai menarik setelah para party membernya terkumpul dan sudah melewati fase edgy-nya.

Meski begitu, saya tidak menyangka episode 1 anime ini ternyata bisa lebih rendah dari ekspektasi saya yang sudah diturunkan. Desain karakter entah kenapa menjadi lebih bulet, dan terasa tidak cocok dengan ceritanya. Kualitas animasinya sangat mediocre. Sang Goblin Slayer terkadang tampil menjadi model 3DCG yang cukup buruk dengan animasi yang kaku. Ada pula bagian di mana musiknya menjadi musik rock chorus yang dramatis, padahal adegan action-nya sendiri sangat pelan.

Rasanya aneh juga adaptasi manga se-high profile Goblin Slayer yang cukup banyak ditunggu-tunggu ini kualitas animasinya bisa kalah jauh dibanding anime macam Uchi no Maid ga Uzasugiru.

Tensei Shitara Slime Datta Ken 01

What’s this?

More isekai with OP MC.

bukan_randy

Sama seperti Goblin Slayer, saya juga mengikuti manga Tensei Slime tapi juga enggan menonton animenya sebelum dipaksa oleh Kaptain untuk menontonnya.

Jika dibandingkan dengan Goblin Slayer, kualitas produksi Slime cukup jauh di atasnya. Karakternya juga lebih menarik. Sayangnya episode ini merupakan contoh bagus tentang masalah pacing yang sebelumnya saya khawatirkan di Goblin Slayer. Satu episode ini habis hanya untuk menjelaskan skill apa saja yang didapatkan sang tokoh utama, apa itu efek herb, efek kristal, dll. Saya sampai menonton anime ini dengan 2x speed karena tak tahan mendengarkan semua eksposisinya, terutama dari AI assistantnya yang sangat berisik.

Cerita Slime juga bisa dibilang baru mulai seru setelah karakter-karakter lainnya berkumpul. Moga-moga saja lore dumpingnya bisa dikurangi sebanyak-banyaknya di episode-episode ke depan. Setidaknya karakter-karakternya cukup menyenangkan.

Yagate Kimi ni Naru 01

What’s this?

A yuri story from a Touhou doujinka.

bukan_randy

Saya mengikuti manganya hanya karena sekedar suka dengan artstyle-nya, sementara ceritanya sendiri seperti lewat begitu saja. Untungnya, animenya bisa menyampaikan cerita dan nuance dengan jauh lebih baik. Suara para karakternya juga sangat sesuai dengan bayangan saat membaca manganya. This is a good adaptation.

Release the Spyce 01

What’s this?

Menyadari bakatnya untuk menghilang. Akarin beralih profesi jadi agen rahasia

Kaptain

NanaMiku dah ngasih impresi kedua episode awal yang tayang di AFA kemarin. Jadi saya cuma ngulang aja kalau ya, it’s super gay. Seneng aja Takahiro balik nulis cerita yang lebih “santai”, dan kota serta susunan karakternya juga bikin saya inget sama Kawakami-nya Majikoi.

SSSS.Gridman 01

Ini perasaan saya aja ato heroine anime ini tuh thicc semua?

What’s this?

Superhuman Samurai Syber-Squad is back baby (dan dan~)

Kaptain

Akira Amemiya sebelum ini pengalamannya sebagai sutradara adalah lewat seri pendek Trigger, makanya cukup unik juga melihat tone cerita yang kalem untuk standar Trigger. Untuk kalian yang nonton Ninja Slayer, episode ini tuh kesannya kayak episodenya Yamoto Koki yang dapet lebih banyak budget. Makanya banyak fokus ke momen aktivitas harian karakter dan menggunakan background shot yang cantik yang nggak hanya mengenalkan dunianya saja, tapi juga menunjukkan progresi waktu.

Ada advance screening buat anime ini dan penontonnya juga diminta ngerahasiain progresi ceritanya, cuma dari pertarungan serta kemunculan Gridman di “dunia nyata” dan kondisi kota di esok harinya, saya prediksi para karakter ini ada di dalem simulasi/virtual world.

Emang nggak adil mengatakan hal ini berhubung kebanyakan seri juga belum ngungkap lagu temanya, tapi sejauh ini seri ini punya lagu tema favorit saya untuk musim ini. Aksinya masih standar Trigger, namun yang paling membuat saya kagum itu interaksi antar karakternya yang alami. Kalian yang ngefans dengan seri keluaran Tsurubaya bakal dapet banyak fanservice di latar dunianya.

bukan_randy

Salah satu favorit saya untuk musim ini. Interaksi antar karakternya cukup enak dengan beberapa pembawaan dialog yang lebih ke seperti film live action ketimbang anime, dan meski actionnya menggunakan 3DCG dengan framerate standar 2D, animasinya bagus sehingga tidak tampak awkward.

Tonenya sekilas tampak santai dan damai, tapi kolateral dan misterinya masih cukup banyak.

To Aru Majutsu no Index III 01

Etherlite

That… escalated quickly. Selain itu juga sudah 7 tahun sejak Index II, mereka ngomong Sept 30 saya juga ga inget ada apaan tanggal segitu.

Thunderbolt Fantasy S2 01

What’s this?

Emiya Shirou really hates swords

Kaptain

It’s back, seperti kemarin, banyak kru Fate/Zero gabung sebagai seiyuu dan ada Takanori Ishikawa as himself. Kita sekarang harusnya dah sadar dengan power levelnya Shang, tapi pengalamannya di troll mulu sama Lin ternyata ngebuat dia lebih cekatan ngedeteksi jebakan. Kehilangan setengah Index Pedangnya dia itu masalah awal yang bagus buat musim ini.

Fate/Grand Order

Siapa lagi yang kamarnya se-wibu ini? Saya beli bantal Musashi-chan juga sih

Etherlite

Aaaand it ends. Asli bener-bener ga niat mainnya, target 60 box tapi akhirnya cuma sampai box 31. Paling tidak saya kelar semua challenge questnya sih, beberapa teman saya skip seluruh event (dan di-unfriend banyak orang dari support listnya).

Lalu, tanpa diberikan kesempatan bernapas, sekarang lanjut Halloween rerun, yang shopnya ga ada update material-material baru tahun ini, saya masih butuh permafrost & aurora steel. Mengingat sudah ada CE dan guide dari tahun lalu semoga kali ini bisa santai. Selamat kepada NEET-hime dipairing dengan Musashi jadi dapat strengthening.

Dragalia Lost

NanaMiku

Event pertama akhirnya dimulai dan sesuai dugaan, ternyata formatnya serupa dengan Granblue Fantasy. Event-nya berupa raid dan mainnya cukup asyik. Nintendo dan Cygames juga baik hati bagi-bagi 10x pull ticket untuk perayaan event pertamanya.

Bersamaan dengan dimulainya raid event, ada ganti banner gacha tema water karena lawannya di event adalah fire. Tidak tanggung-tanggung, yang datang langsung Lily dan Leviathan dari Granblue Fantasy/Rage of Bahamut. Berharap dapat Lily atau Leviathan, eh dapatnya cuman Leviathan aja. Tapi untungnya dapat SSR karakter sih, Julietta.

Eiyuu Densetsu: Sen no Kiseki IV

Bocah-bocah imut jaman sekarang pembahasannya tingkat tinggi

Etherlite

This would be the reason why I won’t review much anime in the coming weeks. No, I won’t write anything about this game either since it’s extremely spoiler heavy right from the start.

Sekian JOI Spotlight kali ini, jadi apa harapan kalian untuk musim gugur ini?

Header: Turu0923