Square Enix Bahas ‘Dragon Quest IX’ Versi Mobile, ‘Dragon Quest X’ Versi Offline

October 11, 2018 1:44 pm
Square Enix Bahas ‘Dragon Quest IX’ Versi Mobile, ‘Dragon Quest X’ Versi Offline

Dalam acara Chou Dragon Quest X TV: Aki no Bunkasai 10-Hour Special, Square Enix membahas “Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies” versi mobile dan juga “Dragon Quest X” versi offline.

Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies untuk Mobile

Menurut executive producer seri Dragon Quest Yuu Miyake, fitur Tag Mode dari Dragon Quest IX versi Nintendo DS adalah salah alasan utama kenapa game-nya sukses, dan kini menjadi bottleneck untuk pengerjaan versi mobile, karena sulit untuk mereplikanya di mobile. Namun kini tool praktis telah diperkenalkan yang memberi harapan untuk versi mobile-nya. Miyake mengatakan, “Saya mulai melihat kami bisa melakukannya.”

Meski begitu, membuat ulang Tag Mode secara sempurna dari versi DS terlihat sulit, karena Miyake mentakan “Bentuknya tidak akan sama dengan DS atau 3DS.” Untuk prospek penawaran fitur yang serupa, Miyake mengatakan, “Saya mulai melihat kami bisa melakukan sesuatu.” Miyake juga mengatakan bahwa walau seri Dragon Quest cukup banyak di mobile, dia ingin Dragon Quest IX ikut bergabung.

MMORPG Dragon Quest X Versi Offline

Mantan produser Dragon Quest X Yosuke Saito, yang turun dari posisinya pada tanggal 25 Agustus, mengatakan, “Ketika dibandingkan dengan game-game Dragon Quest tradisional, Dragon Quest X berisikan cerita menakjubkan yang padat.” Kemudian dia melanjutkan, “Topik mengenai versi offline sering muncul, dan saya rasa kemungkinannya bukanlah nol. Akan bagus jika kami bisa memperkenalkannya kepada fans di suatu platform.”

Miyake kemudian merespon, “Di luar Jepang, Dragon Quest X masih belum dirilis” dan “3DS bukanlah platform yang besar di luar negeri, dan ada orang-orang yang bermain dari Dragon Quest VIII ke XI.” Miyake menunjukkan hasrat yang besar untuk membuat versi offline dengan mengatakan, “Karena Dragon X memiliki banyak cerita yang besar, saya ingin membuat sesuatu untuk menceritakan kisah-kisah tersebut, termasuk pemain di luar Jepang.”

Dragon Quest IX: Sentinels of the Starry Skies sudah rilis untuk Nintendo DS di seluruh dunia. Sedangkan Dragon Quest X tersedia untuk PlayStation 4, Nintendo Switch, Wii U, Nintendo 3DS, dan PC hanya di Jepang saja.

Sumber: Gematsu