[JOI Spotlight] Starscream Edition

October 14, 2018 8:42 pm
[JOI Spotlight] Starscream Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Seri musim gugur masih banyak yang memulai debutnya, dan tentunya para staf melanjutkan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang minggu ini.

Gintama Shirogane no Tamashii-hen 14 (End)

Etherlite

Bebassssss, toh beberapa chapter terakhir di manganya juga bukan arc penting. Tapi satu yang pasti adalah kalau memang bakal ada Gintama -End of Sky-, ga bakal tayang dalam waktu dekat, karena bahan dari manganya yang masih sedikit.

Shingeki no Kyojin S3 11

RIP Queen

Etherlite

Prelude sebelum masuk ke arc berikut? Yang pasti episode berikutnya masih sama. Ternyata yang sabotase Eren pas masih jadi cadet dia toh. Meanwhile, Queen yang kerjanya ngejar-ngejar bocah di peternakan….

Honda-san 01

What’s this?

Surprisingly decent insight on Japan publication scene

Kaptain

Nggak, ga ada yang ngegubris kalau karakter utama kita ini tengkorak. Secara mengejutkan saya cocok dengan anime ini melihat banyaknya perspektif soal publikasi dan penerbitan di Jepang. Peringatan aja, kebanyakan komedi anime ini itu sangat memerlukan pengetahuan yang cukup tentang pasar buku serta kreator genre di Jepang sana. Saya juga seneng ngeliat karakter utama yang nggak belepotan english-nya.

bukan_randy

Inb4 Honda dan pegawai-pegawai toko buku lainnya itu dibuat jadi makhluk horor tanpa muka/muka tertutup biar ga perlu gambar reaction face yang berbeda-beda.

I love it. Satu lagi acara komedi yang joke-jokenya didorong terbang sampai ke bulan dengan kemampuan eksekusi para seiyuu-nya.

Himote House 01

What’s this?

Ishidate Improv Show, sama kayak gdgd fairies & Tesagure

Kaptain

Karya Kotaro Ishidate itu punya posisi unik di pasar anime, berhubung genre seiyuu ngelakuin improv terus dianimasiin itu di monopoli sama dia. Formatnya masih sama, cuma sayangnya segmen improvnya dikit dan udah gitu di akhir episode doang. Mungkin karena ini kebanyakan screentime abis buat pengenalan, tapi semoga aja kedepannya dapet jatah lebih banyak.

bukan_randy

Sempet semangat begitu dengar kalau ini karya Ishidate karena saya dulu cukup menggemari Tesagure Bukatsumono buatannya, tapi hampir semua semangatnya hilang begitu mendengar suara karakter kakak tertuanya yang selalu menggunakan lazy fake western accent, salah satu hal yang paling saya tak sukai jika ditemukan di anime. Sejauh ini episode 1 masih belum berkesan, tapi mengingat dulu saya juga butuh beberapa episode sebelum menyukai Tesagure, saya akan memberikan kesempatan untuk beberapa episode lagi. Moga-moga segmen ad libnya juga diperbanyak.

Yang saya kaget, nggak kayak Tesagure yang rata-rata seiyuunya ga begitu bernama, Himote malah penuh dengan seiyuu kelas atas seperti Uesaka Sumire, Mimori Suzuko, dan Nishi Asuka.

Golden Kamui 13

Kaptain

Dengan munculnya Edogai, semua yang saya inginkan dari adaptasi animenya sudah terpenuhi dan saya bisa drop anime ini sekarang. Bukannya saya benci dengan adaptasi ini, saya cuma nggak ngeliat lagi nilai tambah dari anime-nya yang pada dasarnya itu kualitasnya sub-par.

Thunderbolt Fantasy 02

Kaptain

Jadi pola musim ini agaknya Shang bikin kerusakan dari pertarungannya > Lin & si Polisi ngejar jejak kehancurannya, meanwhile si Lin jelas-jelas ngadalin si polisi, jadi paling nggak aspek misteri seri ini masih dipegang pasangan yang entah tahu rencana satu sama lain apa nggak. Shang masih aja kena tipu namun paling nggak jebakannya emang efektif buat orang kayak dia. Si Kalajengking selain dapet Zombie Sword juga dapet pedang yang isinya Shuten Yuuki Aoi yang ditinggal aja di gubuk. Untuk kalian yang belum tahu pedang hidupnya itu asalnya dari seri Chaos/Red Dragon yang pernah ngelibatin Urobuchi, Nasu, sama Ryogo Narita.

bukan_randy

Untungnya sejak power play Shang di akhir season 1, season 2 bisa kembali meratakan power levelnya dengan handicap dan taktik-taktik yang digunakan musuhnya.

Chuukan Kanriroku Tonegawa 14/Ichinichi Gaishutsuroku Hancho 01

Kaptain

Jadinya bagi-bagi timeslot. Cerita Tonegawa masih lanjut tapi sekarang kita dapet segmen wisata kuliner Otsuki. Surprisingly heartwarming

bukan_randy

Masih agak ga sudi nyebut ini jadi full acara Ichinichi Gaishutsuroku Hancho karena 90% OPnya masih pakai bagian dari OP Tonegawa. Nggak kayak Tonegawa yang bisa ambil komedi dari bagaimana dia harus nyeimbangin ngurus tim kerja dengan bawahannya sembari ngemuasin dan ga bikin marah si bos besar psikopat Hyodo, cerita Ootsuki murni sekedar fokus ke apa yang dia dilakukan tiap kali dia beli izin keluar sehari dari underground empire-nya Teiai. Ketimbang komedi seperti Tonegawa, saya rasa cerita Hancho lebih cocok kalau disebut sebagai “Slice of Life of a jerk”. Tapi ya, saya juga ga nyangka tahu-tahu dikasih cerita heartwarming di bagian kedua episode ini.

Zombieland Saga 02

Kaptain

Kalaupun kalian nggak ngikut seri ini, tonton openingnya dan cari klip soal rap battle episodenya, it’s something. Minamoto sekarang punya motivasi buat jadi idol biar ingatannya bisa balik. Mungkin prediksi saya ini terlalu kompleks untuk seri komedi semacam ini, tapi saya rasa dia mati bukan karena kecelakaan di awal cerita. Dia merasa punya pengalaman sebagai idol (dari Win XP dan DVD player miliknya nampaknya pada awal 2000an) dan agaknya alasan sebenarnya dia mati bakal jadi drama akhir musim.

Minggu depan joget 3DCG macem Love Live. Semoga aja tiap episode eksperimen terus, dari materi sejauh ini mubazir aja kalo yang dilakuin itu aktivitas idol standar.

To Aru Majutsu no Index III 02

Etherlite

Itsuwa sedap.

Vento Aureo 02

Love your own self

Kaptain

Opening yang nggak langsung bagus, saya bilang gini karena OP Jojo itu beberapa perlu waktu biar enak. Visualisasinya tentu masih bertaburan referensi buat kejadian arc kali ini. The ED, as usual; itu mengejutkan dan anehnya pas. Paling nggak ini bisa jadi lagu kebangsaannya Mista & Giorno, the former got molested a lot by the later.

bukan_randy

Op-nya… Sejujurnya saya merasa buildup-nya bagus, but it went nowhere.

Tidak seperti kota Morioh yang relatif damai selain dari adanya para stand user dan satu pembunuh berantai, part 5 mengambil setting di kota Italia yang penuh dengan kartel, pecandu narkoba, dan tentunya orang-orang yang fashion sense-nya aneh bin ajaib.

Gurazeni S2 01-02

Kaptain

Lupa nulis kemarin. Ada semacam reset buat progresi karirnya Bonda berhubung dia abis sembuh dari luka. Masih soal workplace comedy atlit midtier dan baseball.

SSSS.Gridman 02

Kaptain

Saya SUKA BANGET openingnya, setting dimana masyarakat itu kasual banget dengan Kaiju dan Super Robot di latar is totally my aesthetic. Saya baru ngeh juga dengan setting dimana cerita tokusatsu semacam ini itu udah umum, Utsumi bisa ngasih perspektif “profesional” tentang apa yang akan terjadi.

Akane fix merupakan Malcolm/Takeshi cerita Gridman kali ini, still the petty disturbed brat, except hotter. Bedanya juga dia berhasil ngebunuh orang, yang paling ngeri dari metode dia itu nggak jelas udah berapa lama dia ngelakuin hal ini karena sampe ada intervensi Gridman, kebanyakan orang nggak inget tentang serangan Kaiju, dan udah ada banyak Kaiju “mati” di latar. Sensei yang jadi target pembunuhan bisa selamat dan direhabilitasi, jadi mungkin ini dasar konflik serinya: “Apakah seseorang pantas menerima kesempatan kedua”.

Banyak banget referensi ke seri Transformer: Shattered Glass, yang saya harap cuma sekedar patokan visual dan bukan petunjuk karakterisasi, ini juga alasan Spotlight kali ini punya judul di atas. Saya juga ngecek dubnya dan cukup kagum dengan kualitasnya, berhubung VA-nya Alexis Kerib itu niru perangainya Tim Curry yang juga punya peran di versi Amerika-nya.

bukan_randy

Teori kalau ini semua terjadi di dalam dunia simulasi virtual semakin menguat. Saya jadi penasaran apa yang terjadi dengan “markas rahasia Gridman” kalau suatu saat ibunya Rikka mati karena serangan kaiju.

Ada bejibun referensi ke seri Transformer karena sutradara dan character designer-nya memang penggemar Transformers. Sayangnya saya benar-benar buta dengan seri itu.

Release the Spyce 02

Kaptain

Pictured: Baju anti peluru dan pisau yang nggak ngelindunging bagian badan yang rentan sama peluru dan pisau. Episode ini kesannya kayak versi moenya Kingsman, terutama di bagian latihan dan orientasi awal. Kayaknya latihannya ga sampe lebih dari seminggu, tapi langsung aja punya skill setingkat superhero. Penilaian saya pada seri ini bakal naik banget kalo si “Akarin” itu penghianatnya.

Senran Kagura S2 01

This Hank Hill ass is unacceptable

Kaptain

Egh, ngeliat episode ini saya jadi inget kenapa dulu cuma ngegubris OVA doang soalnya kualitas produksinya emang pas-pasan. Ceritanya nuntut kalian paling nggak tau soal cerita Shinovi Versus. Dengan dimatiinnya Shinobi dari Hanzou di episode ini, agaknya sekolah lain jadi bisa punya screentime.

Karakuri Circus 01

What’s this?

One of the great 90’s Shounen.

Kaptain

Kazuhiro Fujitaka selaku kreator asli terlibat dengan produksi animenya, jadi saya cukup optimis dengan kualitas adaptasinya. Penasaran aja gimana 46 volume bakal dimuatin ke 36 episode, tapi saya optimis ini bakal jadi tontonan mingguan saya sampai tahun depan, karena walaupun saya ga sempat lanjut manga-nya saya tahu perkembangan karakternya itu bagus banget.

Fate/Grand Order

Etherlite

CE bond kedua (setelah Arturia Alter), kenapa baru 2? Karena bond exp saya bagikan buat yang masih bisa ngasih reward quartz, jadi yang sudah bond 9 dapat pensiun dini.

Sekian Spotlight kali ini. Jadi apa saja seri yang kalian akan terus ikuti kedepannya?

Header: ymtm28

Sorry. No data so far.