[JOI Spotlight] Zombiem@ster Edition

October 22, 2018 2:38 pm
[JOI Spotlight] Zombiem@ster Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang maaf terlambat karena masalah teknis di situs. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami saksikan minggu lalu.

Shingeki no Kyojin S3 12

Etherlite

Lho? Bukannya info kemarin bilang kalau season 3 ini straight 2 cour? Kenapa diakhiri sekarang? Cour keduanya sendiri akan tayang April 2019. That glitch on the ending though…

Seishun Butayarou wa Bunny Girl Senpai no Yume o Minai 01-03

Etherlite

Saya menduga ini akan seperti Oregairu (which is already a pretty high expectation), turns out to be a lot better than expected. Ideanya sendiri cukup menarik, dan tiap episode diakhiri dengan baik membuat kita penasaran episode berikutnya akan seperti apa.

Honda-san 02

Kaptain

Lebih fokus ke proses kerja toko buku yang spesialisasi di LN dan manga daripada komedi, yang buat saya oke aja because it’s compelling. Rada unik juga sih ngeliat dialog editorial di akhir episode, yang kayak gini biasanya tuh adanya di manga doang.

Himote House 02

Kaptain

Dulu Trigger pernah bikin anime Inou-Battle, Himote House itu bisa dibilang versi “dewasa” seri itu dimana superpower tiap orang malah ngerepotin banget. Durasinya yang lebih pendek juga ngebuat komedinya lebih mendingan.

Thunderbolt Fantasy 03

Kaptain

Kong, si biksu; itu desainnya final boss banget tapi orangnya sejauh ini dermawan. Berhubung ini cerita Urobuchi pasti bakal ada twist yang ga beres soal filosofinya dia.

bukan_randy

Mengingat bagaimana akhir s1, saya agak lebih khawatir Lang dan/atau alat musiknya yang bakalan heel turn di akhir-akhir ketimbang Kong. Akhirnya kita dapat trope Wu Xia yang tumbennya ga nongol di s1, racun Wu Xia.

Saya cukup kaget melihat Lin Xue Ya tahu-tahu sudah bertemu dengan Shang secepat ini.

Tonegawa 15

Kaptain

Episode crossover buat mastiin kalo Tonegawa masih ada. Fix dah, anime ini tuh Yuru Camp buat orang tua. Ngeliat fokusnya dalam gimana cara santai secara maksimal dengan waktu dan pergerakan yang sangat terbatas.

Zombieland Saga 03

Kaptain

Seiyuu LEGENDARY YAMADA TAE itu veteran industri, Kotono Mitsuishi; yang karakter paling ikoniknya meliputi Usagi dari Sailor Moon dan Misato dari Eva. Setelah dua episode yang sangat kuat sayangnya episode ini malah balik ke aktivitas idol standar, mungkin ini karena fokusnya kali ini pada kedua idol veteran.

Kalaupun kualitasnya stagnan sekalipun, seri ini sudah bagus bisa menghasilkan edit seperti di bawah:

To Aru Majutsu no Index III 03

Etherlite

Asli susah banget ngikutin plotnya, typical LN adaptation yang penuh dengan detail tapi begitu diadaptasi jadi anime ga cukup waktu untuk menjelaskan semuanya. Good riddance, tapi sayang dia belum sempat menjelaskan kekuatan ‘Kamijou’. Sementara Academy City no chill banget invasinya…

Vento Aureo 03

Kaptain

Black Sabbath sama Polpo lebih keren di adaptasi ini, baik lewat suara Polpo yang lebih ngebuat dia jadi monster dan Black Sabbath yang berkat pewarnaannya keliatan lebih intimidatif.

SSSS.Gridman 03

Kaptain

Episode ini disponsori oleh “manusia susah banget komunikasi”. Anti jelas bakal memberontak sebelum ceritanya berakhir, karena Akane itu manusia yang busuk banget. Itikad baik saya ke Akane abis setelah makanan di adegan akhir itu dihamburin. Sementara tim Gridman itu butuh Yuuta karena jelas Rikka sama Utsumi ga suka satu sama lain, beda dengan seri orisinalnya dimana ketiganya itu teman masa kecil.

Dengan ini nyaris semua karakter dari opening sudah hadir di ceritanya. Gridman suka dibandingin dengan Eva walaupun seri ini 2 tahun lebih tua, yang jujur aja ngeselin. Cuma ya tim baru yang dateng itu blatant banget referensinya walaupun ini tipe kuartet yang udah umum di seri semacam ini (warrior dude, big dude, smart dude, snarky girl?)

Untuk kedepannya saya bakal lebih berbaik hati dengan manusia yang nampaknya cuma punya Eva sebagai patokan. Saya ingin percaya perbandingan dibuat akibat framing karakter yang bagus serta penggunaan tiang atau kabel listrik di banyak adegan, bukan karena “ada mecha dan ABG, ini pasti niru Eva”.

bukan_randy

Your usual tokusatsu heroic bsod episode, meski untungnya karena cuma tayang 1 cour, langsung dicampur sama comeback/powerup episode yang biasanya menyusul.

Sekarang saya jadi mengerti alasan kenapa saya tidak begitu suka musik OP Gridman, ia ga cocok buat dijadiin insert song saat battle.

Release the Spyce 03

Kaptain

Prostitusi dan perdagangan manusia. Tingkat bahayanya naik banget. Masih fokus di “Momo sucks at being spy(ce)”. Yang paling saya khawatirin sejauh ini soal plotpoint pengkhianat Tsukikage tuh dua penyelesaian ini: 1. Semua anggotanya pembelot 2. Rencana emang sengaja dibocorin.

Fate/Grand Order

Etherlite

Event berikutnya sudah harus mikir siapa yang dikasih gold fou berikutnya… mungkin Musashi. Btw, kalau diantara kalian ada yang kena php melihat October game update dimana NP animation speed bisa diatur individually dan mikir kalo none itu artinya skip NP, no it’s not. Itu cuma mengatur antara always normal speed, always double speed, atau tidak diberikan adjustment khusus (mengikuti settings di cards selection).

NanaMiku

Dari beberapa hari kemarin sibuk ngejar cerita supaya bisa ikut event berikutnya. Tadi baru aja selesaiin Lostbelt 1 walau makan beberapa quartz yang penting kebut bisa ngejar Lostbelt 2 selesai.

Dragalia Lost

NanaMiku

Parah juga ini Nintendo dan Cygames, ngasih jarak waktu antara event pertama dan event Halloween cuman beberapa hari aja. Mana event Halloween-nya ada Elisanne versi Halloween, waifu saya. Awalnya udah siap untuk keluar duit sampai dapet, eh taunya 30 pull aja bisa dapet. Bukan cuman Elly aja, tapi Althemia, Edward, dan Silke versi Halloween juga dapet semua.

Sekian Spotlight kali ini, berhubung kebanyakan seri sudah masuk ke episode ketiganya, seri apa saja yang kalian punya ekspetasi bagus untuk musim ini?