Sutradara ‘Disaster Report 4 Plus: Summer Memories’ Bahas Pengunduran Jadwal Rilis

October 25, 2018 3:53 pm
Sutradara ‘Disaster Report 4 Plus: Summer Memories’ Bahas Pengunduran Jadwal Rilis

Dalam artikel wawancara di Weekly Famitsu edisi terbaru, Kazuma Kujo selaku game designer dan director untuk “Disaster Report 4 Plus: Summer Memories” membahas tentang pengunduran jadwal rilis dari Oktober ke November yang diumumkan belum lama ini.

Kujo menjelaskan bahwa game-nya diundur karena “ada beberapa bug yang harus dihapus,” tetapi alasan utamanya adalah “pengerjaan untuk beberapa area masih kasar.” Dia menjelaskan bahwa ada beberapa area yang tingkat kesempurnaannya masih benar-benar rendah, jadi tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitasnya. “Daripada sekedar memoles biasa, kami ingin meningkatkan kualitasnya jauh lebih tinggi agar bisa mencapai kualitas standar. Jadi kami memerlukan 1 bulan.”

Kuzo juga membahas soal Disaster Report 4: Summer Memories versi orisinal untuk PlayStation 3 yang awalnya akan rilis pada tahun 2011, tetapi dibatalkan ketika gempa bumi dan tsunami di Touhoku terjadi. Pada bulan September 2011, Kujo mengatakan lewat Twitter bahwa pembatalan Disaster Report 4 dibatalkan bukan karena gempa, tetapi karena bahwa game-nya tidak akan selesai ketika tanggal rilis target tiba. Dia menjelaskan bahwa dia tidak menyalahkan gempa atau manajemen pada saat itu, tetapi dia tidak percaya bahwa tim pengerjaan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan game-nya. Di 2012, Kujo mengatakan bahwa game-nya dibatalkan karena skenarionya cuman “setengah selesai.”

Berikut adalah komentar-komentar lainnya dari Kazuma Kujo:

  • “Jika saya mengatakan pembatalan Disaster Report 4 benar-benar tidak berhubungan dengna gempa bumi, itu akan menjadi dusta, tetapi gempanya tidak memiliki banyak hubungan. Alasan utama adalah pengerjaannya sulit.”
  • “Bukan karena developer-nya buruk, tetapi saya yang memulai diskusi dengan manajemen untuk membatalkan rilisnya. Walau pada saat saya meminta untuk membatalkannya, saya sudah mempikirkan cara menghidupkannya kembali.”
  • “Saya berterima kasih kepada semua orang yang sudah menunggu game ini, termasuk kepada Irem yang memberikan IP-nya kepada kami, dan semua orang yang terlibat.”

Disaster Report 4 Plus: Summer Memories akan rilis di Jepang pada tanggal 22 November untuk PlayStation 4.

Sumber: Gematsu