Ungkap 3 Petarung Baru, ‘Super Smash Bros. Ultimate’ Detilkan Spirits Mode & Adventure Mode

November 2, 2018 3:22 pm
Ungkap 3 Petarung Baru, ‘Super Smash Bros. Ultimate’ Detilkan Spirits Mode & Adventure Mode

Semalam, Nintendo mengadakan “Super Smash Bros. Ultimate” Direct yang merupakan presentasi terakhir untuk game tersebut. Informasinya mengungkapkan banyak detail yang terdiri dari 3 petarung baru, dan juga detail mengenai Spirits Mode yang sebelumnya dirahasiakan.

Berikut adalah rangkumannya.

Ken Masters

Berasal dari seri Street Fighters, rival Ryu yaitu Ken Masters juga akan ikut bertarung. Tampilannya menggunakan basis dari Super Street Fighter II Turbo. Walau beberapa jurusnya serupa dengan Ryu, Ken bergerak lebih cepat.

Incineroar

Berasal dari Pokemon Sun dan Moon, evolusi terakhir dari Litten ini akan bertarung dengan gaya gulat dan memiliki Final Smash bernama Max Malicious Moonsault yang basisnya dari Z-Move-nya di game-nya.

Spirits

Dalam dunia Super Smash Bros. Ultimate, banyak karakter video game yang kehilangan wujudnya dan menjadi “spirit” yang menjadi power-up untuk karakter yang kalian kendalikan. Spirit-nya bervariasi dari berbagai game mulai dari Chibi-Robo hingga Revolver Ocelot. Kalian akan bisa meng-equip primary dan support untuk memperkuat atau memberi kemampuan baru kepada karakter yang kalian kendalikan. Mengotak-atik konfigurasi spirit akan membantu kalian untuk menghadapi berbagai lawan. Meng-equip spirit serupa seperti meng-equip charm atau aksesoris dalam game RPG.

Spirit Battle

Cara utama untuk mendapatkan spirit adalah dengan memenangkan Spirit Battle. Setelah memenangkan Spirit Battle, kalian harus memenangkan roulette untuk mendapatkan spirit-nya.

Leveling Up Spirit

Dengan bertarung bersama spirit, level spirit bisa meningkat, membuat mereka mendapatkan kekuatan tambahan dan kadang bahkan membuka form lebih kuat. Semakin tinggi levelnya, semakin kuat spirit-nya.

Spirit Combination

Karena jumlah spirit ada sangat banyak di Super Smash Bros. Ultimate, kalian akan terus terus mendapatkan spirit baru. Karena itu, gamenya menawarkan tombol untuk menyusun kombinasi spirit secara otomatis.

Downloadable Content

Petarung, stage, dan, musik baru akan hadir untuk Super Smash Bros. Ultimate yang akan rilis terus hingga akhir Februari 2020 dalam bentuk DLC berbayar. Dengan harga 5,99 Dolar, kalian akan mendapatkan 1 set yang berisikan karakter baru (bukan Echo Fighter), stage baru, dan musik.

Terdapat juga Fighters Pack seharga 24,99 yang berisikan paket 5 set yang masih belum diumumkan kontennya. Kalau kalian membeli paket ini, kalian akan mendapatkan kostum Rex dari Xenoblade Chronicles 2 untuk Mii Fighter. Pre-purchase untuk versi digital juga sudah bisa dibuka dan apabila kalian membeli game-nya sebelumnya tanggal 6 Desember, Gold Point yang didapatkan menjadi 2 kali lipat.

Bonus Pembelian Awal

Kalau kalian membeli game-nya sebelum tanggal 31 Januari 2019, kalian akan mendapatkan petarung baru yaitu Piranha Plant dari seri Super Mario Bros. Karakter ini akan rilis pada bulan Februari 2019 dan dilengkapi dengan stage dan musik baru. Karakter ini juga akan dirilis sebagai DLC terpisah.

Amiibo Baru

Semua petarung di Super Smash Bros. Ultimate akan mendapatkan amiibo, termasuk karakter DLC. Berikut adalah jadwal yang sudah diumumkan:

  • Inkling, Ridley, dan Wolf – 7 Desember 2018
  • King K. Rool, Ice Climbers, dan Piranha Plant – 15 Februari 2019
  • Isabelle, Pichu, Ken, Young Link, dan Daisy – 2019

Adventure Mode: World of Light

Mungkin tidak ada petualangan single player seperti Subspace Emissary di Super Smash Bros. Brawl, tetapi sesuatu telah membuat berbagai karakter video game kehilangan tubuh dan menjadi spirit. Masahiro Sakurai memperlihatkan cuplikan adventure mode baru ini, tetapi akan terus dirahasiakan hingga game-nya rilis.

Assist Trophy

Kini jumlah Assist Trophy di Super Smash Bros. Ultimate adalah 59, akhirnya melebihi jumlah Pokemon. Kini banyak karakter third party seperti Yuri Kozukata dari Fatal Frame: Maiden of Black Water, Guile dari Street Fighter, Akira dari Virtual Fighter, dan lainnya.

Mii Fighter

Ketika membuat Mii Fighters, kalian bisa mengatur pakaian dan juga suaranya. Ada banyak kostum baru yang ditambahkan.

Wireless dan Online Play

Kalian bisa bermain bersama orang lain melalui koneksi lokal atau pun online. Ketika bermain online, kini matchmaking ditentukan berdasarkan 3 faktor: Preferred Rules: kalian akan dipasangkan dengan pemain yang memilih peraturan yang serupa, Global Smash Power, yang merupakan online leaderboard dan dipasangkan sesuai dengan pemain yang skor yang serupa, dan Proximity, pemain yang jarak terdekat.

Two Player Co-op

2 pemain yang bermain di 1 konsol yang sama bisa bertarung online melawan tim lain.

Fitur Smartphone

Dengan menggunakan Nintendo Swith Online di HP, kalian akan bisa melakukan voice chat dengan pemain lain di arena pertarungan. Akan ada juga layanan baru bernama Smash World. Layanan ini bukan berfokus pada stats kalian, tetapi membuat kalian bisa mem-post dan menonton video. Ada juga fitur lainnya yang akan diumumkan dalam waktu yang akan datang.

Elite Smash

Ketika Global Smash Power kalian cukup tinggi, kalian akan bisa bertarung dalam pertarungan VIP.

Smash Tag

Semua orang yang bertarung online akan bisa membuat Smash Tag yang unik. Dengan mengalahkan pemain lain, kalian akan mendapatkan Smash Tag mereka. Kumpulkan Smash Tag untuk membuktikan bahwa kalian jago.

Short Message

Kalian akan bisa memilih pesan pendek yang sudah ditentukan dan di-set ke control pad untuk berkomunikasi dengan pemain lain sebelum dan sesudah pertarungan. Ada banyak pesan yang bisa kalian pilih.

Spectator Mode

Sama seperti game-game sebelumnya, kalian akan bisa menonton pertarungan orang lain di Spectator Mode. Mempelajari permainan orang lain akan membantu kalian untuk menjadi lebih jago.

Background Matchmaking

Kalian bisa bermain mode lain pada saat mencari lawan ketika bertarung online. Tidak semua mode bisa dimainkan pada saat menunggu, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk menunggu mendapatkan lawan.

Battle Arena

Kalian bisa membuat arena khusus ketika bermain online untuk pertarungan dengan teman. Dalam Battle Arena, ada opsi untuk ikut bertarung, mengantir, dan menonton.

Fitur Lainnya

Ada banyak mode lainnya yang disiapkan, termasuk:

  • Help: Tersedia di dashboard, help mode akan menawarkan panduan bermain dan tips.
  • Mob Smash: Kalian akan bisa melawan banyak musuh di berbagai stage. Kalian juga bisa memilih lagu yang sesuai dengan stage-nya.
  • Replay: Kalian bisa menyimpan replay pertarungan kalian dan bahkan videonya bisa di-share.
  • Tips: Kalian bisa melihat tips dan trik yang muncul di layar loading. Dalam halaman ini, kalian bisa menyusun daftarnya berdasarkan kategori atau karakter.
  • Challenge: Dengan menyelesaikan beberapa tantangan tertentu, kalian akan mendapatkan hadiah dalam game-nya. Dalam Super Smash Bros. Ultimate, challenge di susun seperti komik.
  • Battle Record: Menu ini mencatat sejarah pertarungan kalian. Kalian juga bisa melihat datanya berdasarkan permainan offline dan online.
  • Shop: Kalian bisa membeli musik, spirit, dan lainnya menggunakan poin dalam game-nya.
  • Language Support: Game ini mendukung 11 bahasa yang berbeda. Suara dan nama karakter akan disesuaikan dengan bahasa yang dipilih.
  • Custom Balance: Ketika bertarung bersama orang lain di konsol yang sama, kalian bisa mengatur kekuatan dari masing-masing karakter.

Super Smash Bros. Ultimate akan rilis di seluruh dunia pada tanggal 7 Desember untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu