[JOI Spotlight] Pocky Day Edition

November 11, 2018 6:13 pm
[JOI Spotlight] Pocky Day Edition

Selamat datang di JOI Spotlight 11 November, yang di Jepang sendiri dirayakan secara informal sebagai Pocky Day berkat deretan 11-11. Seperti biasa kami akan memberikan impresi dari para staf untuk seri yang sudah tayang Minggu ini.

Honda-san 05

Kaptain

Baru tahu Golden Kamui itu disorot pemerintah sebagai manga “bermasalah”. Suka saya dengan fungsi staf toko buku yang juga bertugas jadi kurator buku yang bakal bikin ribut. Anime ini udah nunjukin Gintoki dapet “tentacle fun” makanya saya rada penasaran manga “penyakitan” yang jadi fokus di sketsa akhir itu yang mana sampe ga bisa ditunjukin, berhubung semua produk di anime ini itu mewakilkan seri asli.

Thunderbolt Fantasy 05

Representasi terbaik untuk seri ini secara keseluruhan

Kaptain

Begitu Shang sadar sama proyek barunya Lin, dia langsung pergi ke arah sebaliknya berhubung dia udah yakin banget si polisi dah masuk jebakan. Cuma sayangnya si polisi juga mulai ngegali soal Lin dengan efek close-up yang sinetron banget.

Kebiasaannya Lang buat ngebunuh orang yang jelas bakal jadi final boss di episode sebelumnya emang berguna, tapi di episode dilihatin kenapa hal ini ngebuat Shang kabur dari dia. Lucu aja pada dasarnya argumen Lang untuk ngebunuh Kong itu “Dia itu Pre-Gilgamesh Kotomine Kirei”.

Si Kalajengking sesuai dugaan depresi berat. Pedangnya dicolong si polisi dan kehilangan kesempatan terbaik buat ngebunuh Shang, malah sejauh ini bisa dibilang di seri ini dia yang paling sukses bikin Shang sekarat. Dia emang pembunuh masal, tapi saya pengen banget dia selamat sampai akhir cerita berhubung dia sendiri udah mulai berbaik hati sama Kong.

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl-senpai no Yume o Minai 06

Etherlite

When you just admired how they manage to end it cleaner than you could ever expected, they pull out another twist that goes out of the ballpark. Way too good.

Zombieland Saga 06

Kaptain

Saya ngerasa ada dua faksi penulis buat seri ini. Dramanya Junko yang mati karena kecelakaan pesawat (makanya mayatnya banyak potongannya) emang standar drama idol, cuma cara matinya Ai (makanya perbannya dia banyak) itu udah kayak episode Metalocalypse, dengan kata lain a damned good black comedy. Saya harap saat idol lain diungkap latar belakangnya yang model Ai bakal lebih banyak.

Lucu aja konflik generasi yang terjadi itu antara tahun 80 dan 2000-an, sementara Zombie dari ratusan tahun yang lalu adem aja (pola pikir yang super penting untuk Oiran kayak dia). Ini perasaan saya aja atau episode ini sound directionnya lebih bagus? Soalnya saya baru ngeh ngedenger sendi leher para idol saat mereka noleh.

To Aru Majutsu no Index III 06

Etherlite

Akhirnya 1 episode yang meskipun saya yakin banyak yang diskip juga tapi cukup enjoyable. Tapi melihat kasus ini, buat apa sih ada antiskill? Bunch of useless weaklings. Didn’t expect Mugino to be that low, but oh well.

Vento Aureo 06

Kaptain

Baru inget saya Abbacchio itu mantan polisi. Makanya tragis banget stand punya dia itu padahal bakal berharga banget buat investigasi polisi, cuma ya dia keburu dikeluarin dari kepolisian. Penggunaan lalat sebagai perwakilan Zucchero itu orisinal di anime ini, yang merupakan improvisasi yang bagus berhubung di manga fokus Buciaratti ke lalat itu sekedar buat nyari lokasi.

Tonegawa 18

Kaptain

Sejauh ini merupakan episode terbaik seri ini. Saya emang memegang teguh kepercayaan kalau seri yang cuma bisa ngandalin referensi buat komedi mereka itu seri yang minta penontonnya untuk mending nonton seri yang lebih menarik. Cuma segmen Otsuki kali ini itu build up nya bagus banget untuk nunjukin adegan di atas.

SSSS.Gridman 06

Bless you Trigger staff with giantess fetish

Kaptain

Harapan saya buat perkembangan yang berarti dikabulin. Akane langsung ngirim Anti buat ngebunuh Yuta dan hoodie ijo langsung dikenalin. Di credits nama dia itu Anoshiras II, kaiju “alami” dari seri orisinalnya dan lewat dialognya udah resmi cerita anime ini itu sekuel seri orisinalnya. Musik yang dia pake juga aransemen dari “Yume no Hero”. On that note lagu penutup Inferno Cop nongol lagi.

Presentasi dunianya udah sesuai dugaan, patung Kaiju juga sudah diungkap fungsinya sebagai tukang bersih-bersih. Cuma belum eksplisit aja apakah ini dunia VR atau isi kepala Akane berhubung informasi yang dikasih baru “Akane itu dewa dunia ini”. Karena kalau ini yang kedua, kebrutalan Akane itu bisa diliat sebagai kemarahan terhadap dirinya sendiri. Berhubung manusia Kaiju alami, dan manusia senjata kayak kru Assist Weapon; itu udah jadi faktor, saya makin yakin Yuta yang sekarang itu bukan manusia normal.

Saya yakin banyak yang frustrasi dengan Rikka yang ngehabisin jatah tayangnya di episode ini buat ngehindarin Yuta, tapi mau mandiin dan ngerawat Anti kayak kucing liar. Ini risiko karakter yang didesain jadi siswi SMA dan bukan karakter anime. Saya khawatir bakal banyak orang yang njerit-njerit NTR gara-gara episode ini. Utsumi sendiri terbukti bisa diandalin walaupun alasan dia untuk ngejaga rahasia Gridman itu lebih biar Akane, biang kerok cerita ini; nggak masuk ke perang mereka.

randyalee

Seperti yang Kaptain tulis, episode kali ini mendadak mengalami perkembangan yang mengejutkan para penonton. Saya juga kaget kalau ternyata dunia di anime ini cuma dunia buatan Akane.S elain itu, baru kali ini Akane mendapatkan sorotan yang banyak dibandingkan episode-episode sebelumnya. Saya senang 😀

Apa mungkin Yuta adalah manusia yang datang dari luar, karena itu dia amnesia?

Release the Spyce 06

Kaptain

Masih soal staf penulis yang berantem, kali ini Majikoi-Takahiro dan YukiYuna-Takahiro yang rebutan skrip. Theresha langsung ketahuan penyusup dan saya nggak yakin dia bakal hidup sampe akhir berhubung dia kemungkinan besar bakal mati demi Aoba sebagai penutup character arc dia.

Fate/Grand Order

Etherlite

Kalian ambil siapa? Saya bingung antara Sheba & Valkyrie tapi akhirnya ambil Sheba karena Valkyrie bukan story gacha limited.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Berhubung kita sudah masuk midseason apa saja seri yang masih bertahan di daftar tontonan kalian? Atau apakah ada seri baru yang kalian mulai berhubung kualitasnya sudah naik?

Header: Eriri