Penulis Menaksir Nilai Rumah Anime: “Nobita dan Shinchan Itu Keluarga Ekonomi Atas”

November 16, 2018 2:38 pm
Penulis Menaksir Nilai Rumah Anime: “Nobita dan Shinchan Itu Keluarga Ekonomi Atas”

Tidak peduli tempatnya, generasi muda yang sulit membeli rumah sendiri nampaknya sudah jadi masalah universal generasi ini. Banyak anime klasik keluarga Jepang yang umumnya memiliki rumah dan keluarga (serta peliharaan) yang utuh, dan penulis LN SOW yang juga pernah terlibat di pembuatan game Bravely Default mencari tahu nilai rumah keluarga seri anime klasik dan membandingkannya dengan situasi masyarakat modern.

Kita mulai dengan seri Sazae-san. Keluarga Isono memilik rumah di distrik Setagaya, Tokyo yang mampu menampung 2 keluarga. Seri ini dimulai tahun 1940-an dan lewat inflasi, rumah keluarga ini sekarang memiliki nilai 150 juta Yen (sekitar 25 milyar Rupiah).

Kediaman Keluarga Nobi dari Doraemon terletak di distrik Nerima, Tokyo. Harga rumah sekitar 70 juta Yen (9 milyar Rupiah) sehingga estimasi cicilan rumahnya sekitar 200 ribu Yen per bulan. Ada yang memberitahu SOW kalau rumah ini disewakan ke keluarga, namun harga sewanya melihat nilai rumah bisa sekitar 160 ribu Yen. Ayah Nobita nampaknya punya pekerjaan yang gajinya tinggi.

Rumah keluarga Tsukino Usagi dari Sailor Moon terletak do Azabu-Juban distrik Minato, Tokyo. Rumah modern ini bahkan memiliki taman, sehingga estimasi nilai rumah adalah 450 juta Yen (sekitar 60 milyar Rupiah).

Keluarga Nohara tinggal di Kusakabe yang harga propertinya relatif lebih murah. Harga rumah sekitar 20 juta yen (2,6 milyar Rupiah), namun perlu diingat kalau si Ayah menghidupi 2 anak, istri yang sepenuhnya bekerja sebagai ibu rumah tangga, anjing, dan mobil. Walau pada serinya keluarga ini kesulitan untuk menjaga tingkat ekonomi mereka di kelas menengah, untuk standar sekarang keluarga ini terhitung sebagai ekonomi tingkat atas.

SOW menutup observasinya dengan apartemen kecil seri Tatami Galaxy yang disewa oleh protagonisnya, sesorang mahasiswa di Kyoto. Dia melihat perubahan era di mana keluarga Nohara di atas merupakan rata-rata keluarga menengah Jepang. Namun anime dewasa ini lebih sering menunjukkan karakter yang hidup sendirian atau hidup berbagi dengan orang luar, seperti asrama atau apartemen. Hal ini menunjukkan kondisi demografi Jepang yang nampaknya akan semakin sulit ke depannya.

Sumber: Soranews