‘Gundam’ Umumkan Film Trilogi ‘Senkou no Hathaway’ dan Film ‘Reconguista in G’

November 21, 2018 4:20 pm
‘Gundam’ Umumkan Film Trilogi ‘Senkou no Hathaway’ dan Film ‘Reconguista in G’

Menyusul artikel yang saya tulis beberapa hari lalu, pada hari ini Sunrise melalui sebuah pengumuman live stream akan memproduksi lima proyek anime dalam rangka peringatan hari jadi ke-40 Kidou Senshi Gundam  (Mobile Suit Gundam).


Yang pertama adalah film trilogi berdasarkan novel berjudul Kidou Senshi Gundam: Senkou no Hathaway (Mobile Suit Gundam: Hathaway’s Flash) karangan Yoshiyuki Tomino, film kompilasi dari seri anime Gundam: Reconguista in G pada tahun 2019, anime Kidou Senshi Gundam: The Origin yang tayang pada musim semi mendatang, proyek baru Gundam Build di tahun 2019, dan proyek baru SD Gundam berjudul SD Gundam World Sangoku Souketsuden di tahun 2019.

Sunrise menyematkan kata ‘BEYOND‘ untuk peringatan hari jadi ke-40 Kidou Senshi Gundam dan juga menampilkan empat poster tribute untuk peringatan tersebut dimana setiap poster menampilkan karakter-karakter dari dua seri Gundam yang berbeda. X Japan dan Sugizo, anggota Luna Sea menciptakan lagu baru untuk peringatan hari jadi ke-40 Kidou Senshi Gundam.

Film trilogi Kidou Senshi Gundam: Senkou no Hathaway adalah proyek kedua dalam proyek UC NexT 0100 dimana proyek pertama adalah film Kidou Senshi Gundam NT (Mobile Suit Gundam Narrative). Sunrise sendiri belum mengumumkan seiyuuseiyuu untuk Kidou Senshi Gundam: Senkou no Hathaway namun Sunrise berjanji akan menghadirkan informasi lebih lanjut mengenai Kidou Senshi Gundam: Senkou no Hathaway dalam waktu dekat.

Yoshiyuki Tomino, pencipta seri pertama Kidou Senshi Gundam dan proyek-proyek Gundam setelahnya telah menulis novel Kidou Senshi Gundam: Senkou no Hathaway sebanyak 3 jilid dari tahun 1989 hingga 1990. Dimana novel ini mengambil setting pada tahun UC0105 dan berfokus pada Hathaway Noa, yang muncul pada film Kidou Senshi Gundam: Gyakushuu no Char (Mobile Suit Gundam: Char’s Counterattack) tahun 1989 sebagai anak Bright Noa.

Proyek film Reconguista in G akan mengkompilasi seri Gundam Reconguista in G dengan urutan baru,  sehubungan dengan perilisan film ini di tahun 2019, Tomino direncanakan tampil pada Japan Expo di Paris. Gundam Reconguista in G sendiri dibuat dalam rangka perayaan hari jadi Kidou Senshi Gundam ke-35 dan menandai kembalinya Tomino sebagai sutradara utama untuk seri original Gundam sejak Turn A Gundam.

Kidou Senshi Gundam: The Origin yang terdiri enam episode yang ditayangkan dalam format layar lebar ini akan dikompilasi ulang menjadi seri anime 13 episode yang tayang perdana pada NHK-General pada bulan April 2019. Sugizo menciptakan lagu opening dan ending dimana Luna Sea, band dimana Sugizo bernaung akan menyanyi semua lagu openingnya. Lagu-lagu tema (opening dan ending) terdiri dari lagu baru dan lagu cover dari lagu-lagu Gundam terkenal yang dinyanyikan bersama musisi lain.

Seri Gundam Build berawal pada tahun 2013 dimulai oleh anime Gundam Build Fighters, diikuti oleh Gundam Build Fighters Try pada tahun 2014, dan yang terakhir Gundam Build Divers yang tayang pada April 2018 kemarin.

Seri SD Gundam adalah spinoff dari Kidou Senshi Gundam yang mengubah sosok robot-robot Gundam menjadi cebol dimana seri ini telah mendapatkan adaptasi anime, manga, game, dan tentunya model kit.  Seri anime terakhir dari SD Gundam adalah SD Gundam Sangokuden Brave Battle Warriors yang tayang pada tahun 2010.

Sumber: ANN