Proses Produksi Studio Xebec akan Dipindahkan ke Sunrise

November 24, 2018 4:14 pm
Proses Produksi Studio Xebec akan Dipindahkan ke Sunrise

IG Port selaku perusahaan induk dari beberapa studio anime termasuk Production I.G dan WIT Studio, pada tanggal 20 November kemarin telah mengumumkan bahwa akan memindahkan proses produksi salah satu anak perusahaannya, Xebec; ke Sunrise.

Pihak Sunrise menambahkan bahwa mereka berencana untuk mendirikan anak perusahaan baru untuk menerima proses produksi dari Xebec pada tanggal 1 Maret 2019. Seluruh pihak yaitu Sunrise, IG Port, dan Xebec akan menyetujui rencana tambahan Sunrise tersebut. Ketiga pihak akan menandatangani perjanjian yang direncanakan selesai pada 11 Maret mendatang. Kemudian secara resmi akan diumumkan proses pemindahan produksi pada 1 April 2019.

IG Port menjelaskan bahwa sumber utama bisnis dari Xebec yaitu produksi animasi dan beberapa karya lain telah mengalami defisit untuk waktu yang lama. Mereka juga menjelaskan pendapatan dari bisnis tersebut juga tidak bisa menutupi defisit yang ada.

Xebec sendiri sudah melakukan berbagai macam usaha untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan, seperti menerima kontrak produksi seri jangka panjang, meninjau ulang struktur manajemennya, dan bahkan memindahkan kantor pusatnya. Namun, semua usaha itu tidak mampu juga untuk membuat keuangan mereka membaik dan akhirnya IG Port memutuskan untuk memindahkan seluruh proses produksi ke Sunrise.

Studio sudah dioperasikan sejak bulan Mei 1995 dan menghasilkan beberapa anime populer seperti Pandora Hearts, Shaman King, To Love Ru, dan berbagai seri lainnya.

Sangat menyedihkan melihat berita seperti ini lagi, satu per satu studio terancam ditutup karena masalah finansial. Terakhir adalah bangkrutnya studio Production IMS. Semoga kedepannya akan ada solusi terbaik.

Sumber: ANN