[Review] King’s Raid

November 24, 2018 3:30 pm
[Review] King’s Raid

Kembali lagi dengan saya BlueHeaven, si penulis yang masih biru. Kali ini saya ingin mengulas lebih dalam tentang game RPG yang berbasis Android/iOS asal Korea, King’s Raid”. King’s Raid sendiri dirilis pada tanggal 16 Februari 2017 untuk versi globalnya dan tersedia pada playstore Indonesia.

Saya sendiri memainkan game ini sejak Mei 2017 hingga sekarang masih tergolong cukup aktif. Awalnya saya berpikir kalau ini game tidak akan bertahan ditengah arus pasar game yang cukup kuat. Sebut saja ada game dari Jepang seperti FGO dan GBF atau game dari Tiongkok seperti Azur Lane dan Girl’s Frontline. Namun anggapan saya salah.

Kini sudah setahun lebih berlalu dan King’s Raid telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali muncul. Tahun 2017 saja tercatat Vespa, developer dari King’s Raid mendapat keuntungan sebesar 6 juta US Dollar. Angka yang cukup besar untuk perusahaan yang hanya memiliki satu game ini sejak berdiri tahun 2013. Tidak heran Vespa pun melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru dunia. Ada 6 server dalam game ini yakni: Korea, America, Asia, Eropa, China, dan yang paling terakhir adalah Jepang yang dirilis pada 23 Maret 2018.

potret salah satu iklan King’s Raid di Jepang

Sebenarnya apa sih yang membuat King’s Raid yang cukup sukses dan menarik untuk dimainkan? Berbagai fitur intrinsik dan ekstrinsik dalam game akan saya rangkum dalam ulasan berikut.

Gacha is not everything here

Bukan sebuah hal yang asing untuk game RPG mobile menggunakan sistem gacha apalagi kalau game dari negeri sakura tercinta. Dapet servant *5 harus gacha, SSR chara gacha juga, SSR idol chara gacha lagi, bahkan game dari negeri tirai bambu juga memberlakukan gacha agar bisa mendapat kapal atau senapan tercinta (walaupun masih bisa dapat dari drop tetap saja, gacha disini masih sangat kuat perannya). Tidak demikian dengan King’s Raid.

Untuk mendapat hero kamu tidak perlu gacha. Hero bisa kamu dapatkan di Inn dengan resource yang sangat minimal atau langsung dari shop menggunakan ruby. Ruby sendiri yang menjadi currency dalam game ini pun tidak sulit untuk dikumpulkan.

Gacha masih ada didalam game ini untuk mendapatkan Unique Weapon (UW) atau Unique Treasure (UT) dari tiap hero. Namun UW dan UT sendiri masih bisa kamu dapat dari arena maupun daily login melalui UW atau UT ticket. Hell yeah, No more stress or salt from gacha again.

The Kindest Developer I’ve Ever Seen

Satu hal yang perlu digarisbawahi dari game ini adalah kerja dari developernya. Loh emang ada apa sama developernya?

Sekali lagi, saya sudah pernah memainkan semua game yang disebutkan dalam 3 paragraf sebelumnya, namun tidak ada yang sebaik Vespa. Jadi simplenya gini. Ga ada angin apa-apa, tiba-tiba di mail kamu ada gift dari Vespa cuma mau ngasih ucapan terima kasih katanya. Konten dalam gamenya pun sangat ramah untuk F2P. P2W hanya dilakukan pabila kamu hanya ingin mempercepat progress kamu secara kilat atau menjadi top global ranker.

Buat kamu yang masih newbie tidak usah khawatir. Selain punya tutorial yang lengkap, ada banyak reward yang menanti kamu untuk membantu progress kamu bermain. Vespa sendiri pun sangat tanggap sama keluhan maupun masukan dari player. Saking baiknya, sangat sulit menjabarkan kebaikan Vespa satu per satu.

Auto mode

Secara garis besar battle dalam King’s Raid terdiri atas single mode dan multi mode. Ada Dragon Raid, dimana kamu bisa farming equipment bareng temanmu atau World Boss dimana kamu bersama seluruh player dari keenam server bekerja sama melawan world boss yang ada. Kamu juga bisa melakukan PVP di Arena untuk mengetes seberapa greget hero kamu.

Battle dalam Dragon Raid

League of Honor, salah satu mode PVP yang memakai sistem ban-pick

Normalnya kamu bisa mengontrol skill hero kamu di battle secara manual, namun King’s Raid juga menyediakan auto mode. Fitur auto ini meliputi hampir semua battle baik untuk PVP maupun PVE. Tentu saja hal ini sangat membantu buat kamu gamer yang super sibuk. Farming menjadi lebih mudah asal stamina kamu masih ada.

Surganya para pencari waifu dan husbando

Apalagi yang dicari wibu dalam hal bermain game? Pastinya waifu atau husbando bukan?

Hingga artikel ini ditulis ada 70 playable heroes yang bisa kamu koleksi. Belum termasuk NPC yang bisa dijadikan playable pada update tertentu. Semua hero disini bener-bener waifu/husbando material. Mau cari yang loli? Ada. Mau cari yang Onee-san? Ada. Mau cari tipe mama? Ada. Mau cari ketiganya dalam 1 pribadi hero? Ada banget! Husbando juga tersedia dari yang ikemen sampai ojii-san type tergantung selera kamu.

Tidak kurang sampai disitu. Tiap hero sendiri memiliki costume yang memikat hati. King’s Raid memang memiliki keunggulan sangat jelas dalam grafik 3D yang memukau. Costume ini nantinya kamu bisa beli di shop dengan menggunakan ruby atau dari costume ticket.

You can’t resist dude, you can’t

Kurang Stabil

Sayangnya kebaikan Vespa tidak sebanding dengan kepekaannya terhadap game. Di dalam gamenya masih terdapat banyak sekali bug yang sama sekali tidak diurus. Memang keberadaan bug dalam sebuah game adalah hal yang wajar. Namun, respon Vespa terhadap bug kadang terlalu lambat bahkan masih ada bug yang tetap ada walau sudah melewati berbagai maintenance.

Disamping bug yang belum bener, gamenya sendiri kurang stabil. Misal saja dalam Challenge Raid kadang terjadi freeze apabila mobs musuh sudah banyak keluar. Hal seperti ini kadang membuat jengkel para pemain karena tidak bisa mengaktifkan skill dengan timing yang tepat.

Slow Content Update

Satu lagi kelemahan paling menonjol adalah update story yang sangat lambat. Untuk update dari chapter 7 ke chapter 8 saja membutuhkan waktu hampir setahun bagi player untuk menunggu. Alih-alih fokus terhadap pengembangan kelanjutan cerita, seringkali Vespa malah terjebak dengan konten baru yang kurang penting sehingga membuat player cepat bosan karena terlalu lama menunggu.

Penutup

Masih banyak lagi sebenarnya konten dari King’s Raid yang dapat dibahas. Seperti fitur friend dan chat dengan emoji yang unik, sistem guild ataupun mini games yang menarik ketika kamu sedang menunggu aplikasinya update. Terlepas dari semuanya itu saya kira cukup sampai disini saja review saya. Jadi, apakah kamu tertarik memainkan King’s Raid? Kamu bisa download gamenya disini.

PS: Joinlah guild saya “Polygon”, wahai kamu yang di server Asia!!