[JOI Spotlight] Chest Edition

November 25, 2018 6:36 pm
[JOI Spotlight] Chest Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk November 2018 ini. Di mana harusnya ada translasi yang lebih enak buat Kiai. Seperti biasa para staf JOI akan memberikan impresi untuk seri yang tayang minggu ini.

Honda-san 07

Kaptain

Seri ini emang ditulis sama pegawai toko buku yang masih aktif, tapi tetep aja ngeliat episode tentang ngumpulin materi cerita itu meta banget. Apa lagi pas ketemu karakter yang ngasih feedback langsung sama si penulis (tanpa nyadar kalau dia lagi ngobrol sama penulisnya).

bukan_randy

Wholesaler-san diisi oleh Kousuke Toriumi yang juga mengisi Lin di Thunderbolt Fantasy dan Mista di JoJo part 5. Agak lucu saja karena saya jarang banget denger dia, tapi tahu-tahu dia muncul di sisa tiga anime yang masih saya ikutin di season ini.

Thunderbolt Fantasy 07

Saya nominasiin ini sebagai jumpscare terburuk untuk musim ini

Kaptain

Xie walopun udah dapet Aoi Yuuki tetep aja ditindas, ujung-ujungnya juga ya dia tetep jadi “umpan” buat Shang. Saya nggak yakin si pedang bakal betah terus dipegang sama amatiran. Si polisi masih kejebak walopun tau soal Lin. Dia masih belum tahu kalau Lin itu power levelnya nyaris setingkat Shang dan target sebenarnya proyek dia itu bukan indexnya.

bukan_randy

Entah kenapa Lin mau aja disuruh-suruh Xiao. Antara Xiao punya alat/jaminan Lin ga nipu dia lagi, atau dia emang goblok aja. Sekarang Shang sekalipun setuju kalau Di itu ga waras dan ga aman, kemungkinan Di bakal jadi penyebab masalah terakhir season ini.

Seishun Butayarou wa Bunny Girl-senpai no Yume o Minai 08

Etherlite

Kunimi ga dapet threesome dengan double Futaba deh. Next arc is… body swapping? Is this Kokoro Connect?

Zombieland Saga 08

Kaptain

That got heavy. Episode latar untuk Lily dan beban yang dia bawa sebagai aktor anak, disforia gender, dan timing kematiannya (yang kesehatannya diperparah stres dan jadwal kerja) yang ninggalin banyak penyesalan. Insert song kali ini pake 2D jadi saya semakin yakin kalau format ini dipake kalau para idol udah ahli banget sama acaranya.

Kiriina

Nambahin untuk lagunya aja sih, seketika feel nya berubah denger nada awalnya. Next adalah arcnya si geng motor, Saki dan dia adalah karakter yang paling gw tunggu untuk diulas selain sang legendaris Tae tentunya.

Vento Aureo 08

Kaptain

See what i mean? Salah satu nilai tambah buat Mista bagi saya adalah keterbatasan yang jelas. Kalau kehabisan amunisi ya dia ga bisa apa-apa, jadi ada tension yang jelas dari konflik yang fokus ke dia. “Art & Craft” itu nama stand yang lemah banget berhubung nama awalnya tuh Kraftwerk.

bukan_randy

Saya lupa total dengan kemampuan Kraft Work, dan setelah ingat lagi dari episode ini, saya merasa kalau kemampuan Kraft Work sebenarnya sangat cocok untuk dijadikan salah satu stand protagonis.

Iroduku 08

Kiriina

Dulu saya pernah ngomong “walau bukan di spotlight” kalau ini bakal terlihat seperti Glasslip 2.0 dan sepertinya sekarang cukup mendekati. Sampe episode ke-8 ini saya belum melihat kemana arahnya dan jika diingat juga, animenya hanya akan sampai pada episode 13. Tapi ya setidaknya Episode 8 ini sudah lumayan daripada episode sebelumnya. Oh iya, itu transisi dari opening ke scene utama menurut saya kurang rapi, lagunya sendiri belum ‘selesai’ dan tiba tiba ada suara percakapan yang masuk.

Yagate Kimi ni Naru 08

Kiriina

Nah akhirnya Yuu mulai sedikit agresif ke Touko walaupun masih agak ragu dan dipikirannya isinya campur aduk karena kata-kata Touko sebelumnya. Ini momen yang sekiranya saya dan penonton lainnya tunggu, dalam hati berkata “DO IT YUU!”. Sementara Saeki-senpai yang bertemu mantan pacarnya, dia ingin menyembunyikan rasa benci sekaligus terima kasih kepada sang mantan dan akhirnya malah Saeki menunjukan kemesraannya dengan Touko di depan mantannya. Sasuga memang senpai yang satu ini, dia langsung bisa membalikkan keadaan. Hubungan Saeki dan Yuu juga sedikit membaik karena mereka harus memenangkan perlombaan demi Touko

SSSS.Gridman 08

Kaptain

Informasi vital tentang dunianya terungkap. Semua orang di dunianya emang didesain nggak bisa ngelawan Akane dan Rikka secara spesifik itu didesain jadi sang “teman baik”. Ini alasan kenapa Akane bisa ngeliat orang lain cuma sebagai benda. Utsumi, seperti yang dikatakan Rikka di debat mereka; itu semangat ngelawan kaiju bukan karena dia fans toku (well a bit of that) tapi karena dia emang nggak bisa ngelawan Akane secara langsung, dia cuma bisa berurusan sama gejalanya.

Tentunya “Alien” semacam Yuta dan Assist Weapon nggak kena efek ini. Udah ditekanin juga kalau Gridman bisa mempengaruhi “program” orang-orang dunia ini seperti yang dilakukan ke si guru. Kemungkinan besar lebih banyak orang akan bisa lepas dari programnya. Kali ini juga Gridman goes Maximum Brave, yang tentu aja ngelibatin perubahan emasnya.

Release the Spyce 08

Kaptain

Episode ini ngelibatin flamethrower raksasa, kungfu ular, & Viking di Okinawa. Jujur saja saya lebih respek ke seri ini kalau lebih sering ngelakuin hal kayak gini daripada fokus ke spy thriller yang lemah. Yuki terancam bakal pensiun berhubung Spyce dah ga efektif lagi.

Fate/Grand Order

Kalo kalian perhatikan baik-baik, ini bukan ‘captain’, di sorban ga ada bulunya.

Etherlite

Lostbelt 3! Masih intro aja udah banyak banget easter eggnya (KATTO!! KATTO!! RETAKE!! RETAKE!!). Nasu Kinoko memang tidak turun tangan di seluruh bagian scriptwritingnya (Kecuali beberapa singularity seperti Camelot), tapi beliau selalu menulis bagian awal dan bagian akhir dari tiap singularity. Beberapa poin yang menarik untuk dibahas:

  • Kenapa Sokaris? Di Fate, Zepia (Wallachia) memang menjadi seorang Dead Apostle, tapi dia tidak meninggalkan Altas, ga pernah ketemu Altrouge yang menjadikannya TATARI, dan Zepia tetap menjadi director Atlas Academy, dan gelar Atlasia tidak berpindah tangan. Hampir seluruh kejadian di Melty Blood juga menjadi tidak ada atau dapat versi yang lebih bahagia, tercermin juga di personality Sokaris di FGO yang jauh lebih cerah.
  • Lebih cantik di MB yah, terutama rambutnya itu, single braid >>>>>> fluffy twintail.
  • Dia sangat berperan dalam pembentukan Chaldea, sebagai inventor Chaldea supercomputer TRISMEGISTUS yang dicopy mentah-mentah oleh (then) director Marisbury, meskipun sebenarnya Trismegistus sendiri juga dibuat berdasarkan basis TRI HERMES, supercomputer di Atlas Academy.
  • Selain itu ia juga pencipta papermoon yang sekarang dipakai di shadow border. Papermoon sendiri tidak jadi dipakai di Chaldea karena Marisbury berhasil menciptakan system Leyshift yang lebih aman.
  • Dia menyebut ga biasa dengan kafetaria karena selama ini cuma makan artificial blood & suplemen vitamin, ini karena dia memang blood sucking being (tapi bukan vampire/dead apostle).
  • “Let me tinker the pile bunker!” *cough*Gamaliel*cough*, shielder Riesbyfe please?
  • Russia, Scandinavia, England, China, India, South America, Atlantic… Wait? Atlantic? Bukannya dari awal dibilang dia di Greece ya? Atau jangan-jangan Atlantis?
  • Goldolf bego.

NA Server

Kaptain

New UI update. Natal Selasa nanti dan berhubung main quest dapet ½ AP, Babylon kemungkinan besar langsung jalan abis itu. Dapet NP2 Sumanai dari Thanksgiving banner, udah dulu deh buang tiketnya.

Girls Frontline

Kaptain

“Elphelt CE-nya cuma 8000-an? No problemo

Actually a huge problemo, untungnya bisa S-Rank sekarang abis tau strateginya itu ya pake formasi X dan tinggal retreat aja kalo ditarget sama AOE. Noel ditindas mulu di ceritanya dan sebagai unit juga low tier banget, jadi ini adaptasi yang cukup akurat. Udah dapet Elphelt sama Contender, saatnya nyiapin Nuke team.

bukan_randy

Elphelt bisa dikalahin dengan relatif lancar dengan squad SGMGHG saya dengan ngorbanin HGnya, so there you go. Masih belum dapet Elphelt sendiri karena kemarin-kemarin lagi terlalu sibuk + sakit buat mikirin cara muterin one-way lane di stagenya. Ya, saya baru mulai lewatin stagenya hari ini.

Azur Lane EN

Kiriina

Event kolaborasi dengan Neptunia yang harusnya bisa bikin kalian istirahat setelah digempur abis abisan dari event Visitors Dyed in Red atau Crane Sisters sampai Fallen Wings. Kalian cukup menemukan shipfu disini, tidak harus semuanya karena menurut saya bakal menuhin Dock kalian sendiri. Toh juga Collection Progressnya tidak akan bertambah karena memang kapal kapal dari event ini tidak termasuk hitungan.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini?