[JOI Spotlight] Weapons-Grade Stupid Edition

December 2, 2018 6:38 pm
[JOI Spotlight] Weapons-Grade Stupid Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama bulan Desember ini. 2018 Sudah akan habis dan nampaknya kita harus bersiap-siap untuk menentukan anime favorit untuk tahun ini. Untuk sekarang mari kita lihat impresi para staf untuk Minggu ini.

Honda-san 08

Kaptain

Untuk seri yang fokus tentang ritel, akhirnya soal pembelian online dapet fokus. Mungkin lebih tepatnya fokusnya lebih ke orang-orang yang masih pergi ke toko buku fisik di era ini.

bukan_randy

Setelah beberapa episode terakhir yang buat saya lebih terasa ke informational, akhirnya ada episode lagi yang bikin saya ketawa dari awal sampai akhir.

Thunderbolt Fantasy 09

Kaptain

Big flipping surprise, karakter biksu yang dasarnya itu dari karakter biksu gila lain buatan Urobuchi is literally that guy. Matinya Xie itu dah bisa ditebak banget ngeliat penulisnya, tapi tetep aja nyakitin berhubung arc ceritanya dia itu selesai dengan baik.

Lucu aja sih salah satu proyek si polisi tuh ngebuka jalur penyelundupan ke Dong Li dan sekarang dia dapet partner, it’s refreshingly sensible. Lin nggak suka ngebunuh orang, jadi tinggal nunggu aja jebakan ironis macem apa yang bakal dia kasih.

bukan_randy

Yeap, Di, atau tepatnya sekarang Lou, jadi big bad utamanya setelah memegang Seven Death. Agak berbeda dari dugaan saya di mana dia mungkin bisa nahan godaan dan bisa back-and-forth dengan pedangnya, ternyata dia malah jadiin perintah pedangnya sebagai dorongan utama hidup dia sekarang, whelp.

Di tengah-tengah ini semua, Xiao malah ngurusin jalur selundupan. Ngerti sih kalau ini setup buat nanti dikerjain ama Lin, tapi agak lucu aja timingnya di tengah-tengah krisis begini.

Seishun Butayarou wa Bunny Girl-senpai no Yume o Minai 09

Etherlite

Melihat episode sebelumnya saya kira yang bakal body swap Kaede, taunya Mai. Kalau arc ini butuh 1-2 episode lagi untuk selesai, tampaknya hanya bisa diselipkan 1 arc lagi, dengan Kaede belum dapat arcnya, apakah arc Shouko akan ditayangkan di movie?

BlueHeaven

Bukan Mai ataupun adiknya, tapi yang menjadi fokus saya dalam episode ini adalah pacarnya Kunimi. FInally after 9 episodes, I know why Kunimi choose her as his GF. Emang tsundere betul dia, tapi sangat care dan nurut (lebih tepatnya jinak). Sudah kuduga anaknya pasti baik banget, pantes Futaba kalah. Jadi siapa ya namanya? Saya sering lupa karena dia cuma supporting tapi hadir di setiap arc cuma berapa menitan. Bahkan di MAL aja ga bisa kucari, emang mesti flashback buat nyari namanya. Kimi no nawa mission start! (PS: dah nemu dari googling namanya: Kamisato Saki, nice name for nice girl)

Kaczmarek

“I want them to sandwich me”. Saya juga mau Sakuta, tapi pangkuan Futaba lebih saya inginkan.

Zombieland Saga 09

Kaptain

For better or worse, cerita kali ini lebih kayak substories seri Yakuza/Ryu ga Gotoku. Emang susah sih ngelanjutin kualitas cerita dari episode kemaren, karena episode kali ini itu kesannya fungsional aja. Ya iyalah Saki bakal selamet dari kecelakaan, tapi ya untungnya orang yang mati karena kecelakaan ini ya sadar bahwa duel motor ini bego banget. Satu hal yang saya hargai sih fakta bahwa tiap zombie punya trauma mereka sendiri, tapi Saki tanpa mikir panjang ngelakuin hal yang ngebunuh dia lagi.

Kiriina

Hal yang agak janggal menurut saya ketika ibunya Maria yang notabene temen baiknya Saki ga inget sama Saki dan harus nunjukin senyuman khasnya. Itu motor kenang kenangan dihancurin gitu aja, saya kira producer nya bakal disuruh ganti rugi. Sisanya udah dijelasin diatas. Oh untuk insert song kali ini enak banget buat ngidol. Next Yuugirin dan Tae, lalu apakah episode terakhir digunakan sebagai perpisahan? Saya berharap “ya”.

Iroduku 09

Kiriina

Jadi, tujuan Kuhaku ngirim Hitomi ke masa 60 tahun sebelumnya hanya untuk ngerasain konflik masa remaja? Kalau memang gitu jadinya, kesannya bakal seperti drama-romance pada umumnya. Ga ada yang spesial. Padahal konsep udah bagus dan harusnya bisa dikembangkan lagi.

Kaczmarek

Kelar nonton episode ini, berharap endingnya gak seperti Glasslip. Saya memohon dengan sangat kepada Shinohara-san semoga endingnya gak mengecewakan.

Yagate Kimi ni Naru 09

Kiriina

Woah, French kiss nya itu…. Ga tau mau nulis apa lagi, episode ini hanya untuk Yuu dan Touko, ga boleh diganggu sama orang lain terutama Saeki-senpai.

Kaczmarek

Inilah yang ditunggu-tunggu wahai kalian para pecinta yuri. Yep, french kiss. Saya udah menunggu scene ini dari awal dan semoga di episode selanjutnya ada scene “begini” lagi.

To Aru Majutsu no Index 08-09

Etherlite

A bit better executed than the previous arc. Setelah sibuk minjemin nama doang ke judul seri ini, akhirnya Index ada kerjaan lagi di arc berikutnya. Tsuchimikado manas-manasin Kanzaki Nee-chin best.

Kaczmarek

KOK SCENE KANZAKI PAKE MAID DRESSNYA GAK DITUNJUKIN???!?!?!?!?!?!? Saya udah nunggu-nunggu juga (sad). Btw, Kanzaki ftw.

Vento Aureo 09

Ass crack gang

Kaptain

Execution Squad dikenalin lebih awal. Saya sendiri juga udah lupa sama detail spesifik dari arc kali ini (Sale sama Zucchero nggak mati aja saya lupa), tapi saya tetep ngerasa pace ceritanya lebih rapet. Saya juga jadi inget sama novel Purple Haze Feedback buat arc kali ini, yang mungkin aja bisa jadi spinoff macem OVA Rohan dulu.

bukan_randy

“Nggak, kita ga bunuh orang-orang yang ngincar kita kok. Kita cuma nembak peluru ke otaknya sampai dia koma terus kita iket dan tinggalin dia di kapal. Nggak, kita nggak bunuh siapa-siapa kok.”

SSSS.Gridman 09

Kaptain

The Dream Episode. Dengan kata lain Trigger bisa menggila sama animasinya kayak episode LWA dulu. Kaiju yang cukup kreatif berhubung baru bisa dimatiin kalau dibunuh di dua dunia, sekaligus ngasih Zenon waktu tayang. Selain sound design yang bagus buat ngedorong kejanggalan dunia ini, montage buat gambar di atas juga bagus buat nunjukin posisi para karakternya di cerita. Tim Gridman lari ke kiri untuk “bangun” dan Akane lari ke arah sebaliknya sambil terus dihantui Gridman. Paling seneng saya pas ngeliat bayangan Gridman di batu nisan.

Buat episode mindscrew kali ini biasanya baru dibongkar mendekati akhir episode, tapi bagusnya langsung dikasih tahu masuk di pertengahan tayangnya. Dari mimpi trio utama kita, Utsumi itu favorit saya ngeliat cara dia sadar itu “bentar, nggak mungkin nasib gue sebagus ini”. Dari posisi mereka di mimpi, di mana Utsumi jadi fellow hobbyist dan Rikka jadi besties, saya penasaran apa emang Yuta itu dari awal didesain jadi pacarnya di dunia ini sebelum dapet intervensi Gridman.

Sejauh ini posisi Akane sebagai dewi dunianya ditunjukkin lewat framing dan trik kamera lainnya. Namun di adegan akhir ditunjukkin juga kalau kemampuan fisiknya dia itu abnormal. Paling nggak sekarang ada jawaban eksplisit soal kenapa nggak langsung aja nangkep Akane selain “programming”.

BlueHeaven

Sad girl, Akane. Even in dreams, ga bisa meraih trio kwek kwek kebenaran. Itu kalau mimpinya jadi kenyataan, enak padahal dipandang. Medatashi, medetashi. Semua salah alien yang bikin rusuh. Burn the fake cosplay!

Tapi keren itu 4 murid SMA bisa gabung juga bikin robot sendiri. Bahkan lebih bagus formnya daripada gabung sama Gridman. Kenapa ga dari dulu!?

Kadang kesel juga liat Yuta. Amnesia trus dah episode 9 woi, pls stop this sinetron plot. Yah tapi mayan kayaknya Rikka bakal bikin gebrakan di episode selanjutnya. Penasaran bakal jadi apa nantinya.

Fate/Grand Order

Ingin… Yang tengah.

Etherlite

Lostbelt 3 kelar, meskipun lebih damai daripada lostbelt sebelumnya, ga banyak yang bikin sedih kalau dunia ini hancur. Storynya juga lebih bagus lostbelt 2, mungkin ekspektasi saya yang terlalu tinggi begitu tahu scriptwriternya Urobuchi.

Saya sedih melihat mereka sengaja membuat perbedaan versi Tsukihime dan versi Fate, seperti Sion yang tidak canon dengan Melty Blood (lengkapnya baca spotlight minggu lalu), Primate Murder yang jadi jinak karena tidak pernah ketemu Altrouge, dan sekarang ada Shinso baru. Kenapa mesti diubah? Dan daripada dipaksa masuk tapi harus diubah apa tidak lebih baik bikin karakter baru saja?

NA Server

Kaptain

No Isthar, no Event CE. No big deal. Toh juga target utama event ini buat saya tuh ngumpulin gem sama QP. Siap-siap Babylon Kamis depan, ga terlalu tertarik sama bannernya berhubung unit yang saya cukup tertarik kayak Casgil toh juga bisa di spook nanti.

Lebih nyambung ke JP, secara teknis Red Hare itu figur sejarah perempuan pertama yang jadi laki di seri ini.

Azur Lane EN

https://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=71505767

Kiriina

Gimana progress Neptunia kalian? Saya sendiri dalam masa istirahat untuk event ini. Kemarin saya lihat ada yang ngeluh karena di PVP ketemu mainfleet Washington-South Dakota-Hood dengan power 13k. Sebenernya kalian bisa counter dengan fleet yang sama kalau punya, atau bisa pake Akagi-Kaga-Hood dengan syarat power diatas 12,3k. Jangan lupa gunakan Ayanami, skill Demon Dance punya damage lumayan buat nyicil tebelnya HP South Dakota.

Shadowverse

BlueHeaven

Mini expansion Omen of the Ten rilis! RIP skull ring ga salah apa-apa malah kena nerf. Banyak kartu imba tambah bikin rusak rotation. Yes, I mean you dragon. Apa-apaan c2 token spell bisa heal 6 ke leader. Oh at least, Lyrial reprint sama idoru Blood bisa mewujudkan impian saya walau rotate sudah di depan mata. Memedusa shall arise, hidup blood tanpa maso!

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini?

Header: NWR