[JOI Spotlight] Menacing LiPPS Edition

December 9, 2018 7:04 pm
[JOI Spotlight] Menacing LiPPS Edition

Selamat datang di JOI Spotlight kedua untuk bulan Desember ini. Tentunya para staf akan kembali memberikan impresi untuk seri yang sudah tayang Minggu ini.

Honda-san 09

Kaptain

Kaget juga soal masalah publikasinya Kadokawa diomongin langsung di sini tanpa sensor. Tapi ya seri yang asalnya dari manga ini juga protes kalau sekarang itu manga dan LN yang terbit jumlahnya kebanyakan.

bukan_randy

Sebagai orang yang pernah nyari komik jilid tengahan di toko buku dan cuma nemu jilid terbaru dan jilid sebelum yang saya cari, episode ini cukup menarik karena saya jadi melihat bagaimana pola pikir dan perasaan tukang buku yang ngatur stok dan penempatannya.

Menarik juga dengar satu judul yang kayaknya super populer, tapi saya dan semua orang di sekitar saya ga pernah dengar sama sekali. Di-google pun kayaknya sama sekali ga ada minat dari luar Jepang.

Thunderbolt Fantasy S2 10

Kaptain

Opening dan Ending ganti buat “ngerayain” makeover Lou. Jebakan Lin buat si Polisi: Jadi buruan di dua negara dan kehilangan senjata terbaiknya buat ngelawan ilusi Lin. Juan nongol di preview dan ngeliat berantemnya, kayaknya dia mau nekat ngelawan Lou sendirian.

Lou dan Y.Aoi dapet development bagus di sini. Udah jelas sekarang kelemahannya si pedang dan lucu aja ngeliat dia ngeri sama pacar barunya yang kelewat posesif sama hubungan baru ini. Udah jelas banget sih kalau Lou itu bener-bener cinta sama dia dan ini bukan karena efek dirinya sebagai pedang siluman.

bukan_randy

Kekecewaan saya soal Di/Lou ga debat dua arah sama Seven Death terbayar dengan bagaimana Seven Death sendiri ngerasa kalau Lou itu terlalu gila buat dia sekalipun. Kocak juga ngeliat karakter yang kurang lebih jadi algojo maut season ini mengeluarkan reaksi “HOLYS**TWTF” terhadap partner barunya.

Seishun Butayarou wa Bunny Girl-senpai no Yume o Minai 10

Etherlite

Beautifully ended, tapi arc ini terlalu predictable sih. Sakuta sendiri ga melakukan banyak hal, lebih ke menjaga Nodoka supaya ga terlalu out of control sambil kasih hint. Masalah berikutnya sudah predicted dari beberapa minggu yang lalu, tapi fokusnya bukan di sana, It’s Kaede’s time!

Zombieland Saga 10

 

Dat tanktop tho

Kaptain

Ngeliat episode yang tersisa, bakal susah ngedapetin episodenya Yugiri. Tapi ya dari dialog dia sendiri udah jelas dia berhubungan sama para revolusioner dan saya rasa ini udah cukup. Sisa episode yang ada bakal dikasih buat Sakura (yang dari flashback idupnya dia apes mulu) dan Tae.

Kiriina

Saya tertipu sama preview episode 9, kirain bakalan bahas Yugirin. Episode ini lebih fokus ke Sakura dan keliatan banget karakter egois nya dia disini. Besok masih lanjutan dari cerita Sakura, bahas Sakura yang dapetin ingatannya lagi. Ah iya, senang rasanya denger lagu endingnya balik setelah beberapa episode di ganti sama insert song.

Iroduku 10

Kiriina

Masalah di episode kemarin terselesaikan dimana Asagi sudah ‘memaafkan’ Hitomi dan dan sadar kalo dia ga pernah usaha buat dapetin Shou. Nah rasain, baru berani ngomong setelah hampir mau jadian sama orang lain. Kemampuan sihir Hitomi disini juga sudah terasah dengan mampunya dia membawa teman temannya masuk ke dalam sebuah lukisan/gambar.

Kemudian masuk ke dalam keadaan dimana Hitomi di dekati karakter utama lain, Yuito. Dan sepertinya akan berhasil melihat respon positif Hitomi dan Hitomi sendiri juga mengagumi bakat menggambar Yuito. 3 Episode tersisa saya berharap drama nya lebih intense.

Yagate Kimi ni Naru 10

Kiriina

Episode ini merupakan intro atau awalan untuk masuk ke camp musim panas atau pentas drama OSIS. Saya sempet ketawa liat ekspresi Yuu ketika ia harus merelakan Touko-senpai berpasangan dengan Saeki-senpai di pentas drama. Yuu sendiri mulai mengakui sedikit demi sedikit adanya perasaan spesial terhadap Touko. Disini juga dijelaskan Yuu sudah cukup banyak berubah sejak SMP ketika ia bertemu dengan teman lamanya..

Vento Aureo 10

Kaptain

Seneng saya Execution Squad dapet lebih banyak sorotan di adaptasi ini, yang hasilnya Ciocollata juga jadi dapet teaser. Jadinya lebih ada penekanan pada mereka sebagai tim rival. Kalau aja Formaggio tutup mulut terus, bisa aja dia nyelinap pulang ke markas rahasia tim.

Yang menarik dari konflik kali ini itu formatnya yang kebalikan dari umumnya. Biasanya protagonis yang sedikit demi sedikit nyari trik dibalik Stand lawan, cuma kali ini Formaggio yang mesti mati-matian nyari aturan mainnya Aerosmith.

bukan_randy

Format “karakter harus tebak aturan main stand lawan” kali ini bisa dibuat terbalik mumpung stand Narancia sendiri memang baru diperkenalkan, dan sama seperti saat Kira melawan Josuke dkk dengan memikirkan taktik di tempat, ini menghasilkan battle yang seru dan memorable.

Backstory Hitman Squad cukup menarik, meski agak bermasalah di dua tempat: 1) Flow battle Narancia vs Formaggio jadi kepotong dengan flashback yg agak gede di tengah-tengah; 2) Di flashbacknya ditunjukkin kalau Hitman Squad dibikin takut mati-matian buat ngebantah bos Passione, tapi begitu nemu satu celah, tahu-tahu jadi berani lagi.

SSSS.Gridman 10

Kaptain

Udah beberapa kali saya bilang Rikka dan Akane itu tetanggaan di Spotlight, dan episode ini akhirnya nunjuki proses jalan para karakter ke sana. Which is hilarious. Masih soal yang udah jelas banget, Anti udah membelot tapi saya nggak ngeduga wujud “sempurna” dia itu Gridknight.

Para Kaiju sebelum ini emang didesain biar bergerak kayak ada manusia di dalamnya, tapi wujud asli Kaiju kali ini itu gerakannya alien banget dan malah lebih seperti Angel Eva. Makanya aksi kali ini itu mantep banget berhubung kemungkinan besar udah ada rencana kalau Kaiju baru ini emang didesain untuk gerakan CG.

Monolog Akane soal Kaiju itu sekali lagi ngasih sorotan tentang isi kepala “manusia” ini. Cutter yang dapet fokus di opening dan beberapa adegan akhirnya dipake juga dengan efektif. Di sebuah cerita karakter yang “mati” di akhir bab/episode kemungkinan besar banget bakal selamat di awal episode lanjutannya, jadi saya nggak terlalu khawatir sama Yuta. Saya malah lebih khawatir sama Kaiju tukang bersih-bersih yang sekarang pada mati.

To Aru Majutsu no Index III 10

Etherlite

Did they predict brexit? Selain itu content dari light novelnya disunat lagi supaya muat banyak dalam 2 cour, it’s getting ridiculous.

Release the Spyce 10

BlueHeaven

Akhirnya Takahiro menunjukan jati dirinya. Bener-bener plot twist ga terduga kalau Mei itu pengkhianat dari Tsukikage. Tapi paling ga tega kalau Yuki beneran mati. Please apa ga kasian sama nasib Yuki uda kehilangan masternya trus akhir hidupnya tragis gini. Onore Takahiro!

Fate/Grand Order

Etherlite

Quetz…pakai bikini…jadi samba santa… makin ga karuan aja. CE Valkyrienya cakep banget sih, semoga ini jadi CE gratisannya. Ascension material apa yang kalian harap ada di box gacha tahun ini? Saya paling ingin phoenix feather.

NA Server

Kaptain

Seakan-akan tahu saya kehabisan ember, caster gem, dan pages. Gacha ngasih saya Casgil dari tiket. Kayaknya bener saya divonis buat main arts meme di game ini. Bersyukur banget saya invest di Siegfried & Nitocris berhubung wave Babylon pada badak semua. Marathon Bel Lahmu terakhir itu bakal neraka banget kalau saya nggak nyiapin Nitocris.

Babylon setupnya lebih lambat dari Singularity sebelumnya, tapi ya ini kebayar lewat eskalasi akhir dan klimaks yang bagus. Jadi penasaran aja gimana animenya nanti berhubung minimal bakat butuh satu setengah cour buat ngemuatin ceritanya. Chapter akhirnya itu sibuk banget soalnya.

Azur Lane EN

https://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=69973019

Kiriina

Minggu depan akan hadir event “Opposite-Colours” yang berisikan kapal kapal dari KMS atau Ironblood. Wajib hukumnya untuk mengkoleksi seluruh kapal yang ada di event ini. Nantinya kalian akan bisa mendapatkan kapal di event ini dengan berbagai cara. Pertama tentunya melalui Special Build (Gacha) yang berisikan KMS Graf Zeppelin, Admiral Hipper, Z46, dan sebagainya. Ada juga yang drop only di map map tertentu seperti KMS Deutchland dan Gneisenau. Khusus untuk KMS Tirpitz akan hadir di exchange shop. Persiapkan oli dan gold yang cukup untuk event ini.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir di Minggu ini?

Header: Takuma06ishii