LSBH, The Secret of Natural Beauty

December 11, 2018 5:04 pm
LSBH, The Secret of Natural Beauty

Ketika saya pertama kali hendak mendaftar menjadi kontributor JOI, saya pernah berjanji akan menyebarluaskan paham LSBH seluas mungkin. Alasan saya simple, karena artikel tentang LSBH masih sedikit dan saya akan orang yang sangat menyukai LSBH. Kini setelah sekitar kurang lebih sebulan semenjak deklarasi yang dikumandangkan, akhirnya saya bisa menyelesaikan janji tersebut.

Jadi sebenarnya apa itu LSBH? Eits, jangan ngegas dulu. Saya akan memulainya dengan penjelasan dasar sebelum kita ke intinya.

Otaku dengan waifu dan fetishnya

Sebagai seorang otaku pastinya kita ga asing lagi dengan istilah waifu. Banyak karakter anime, manga, game dan lain sebagainya yang biasa kita claim sebagai waifu. Terlepas dari semua itu, pemilihan waifu oleh masing-masing insan otaku adalah tergantung selera pribadi.

Selera itu kadang sering disebut sebagai fetish. Arti asli fetish sendiri adalah suatu hasrat seksual yang mengharapkan suatu objek, tindakan dan sebagainya sebagai pemicu rangsangannya. Namun dalam aplikasinya di kehidupan para otaku, hal ini tidak sampai ke artian seksual melainkan hanya sebagai pendefinisian selera dalam pemilihan waifu.

Ada banyak fetish yang dianut para otaku. Sebut saja tsundere, twintails, ataupun stocking yang sering kita dengar. Jadi fetish itu melingkupi sifat, bagian tubuh maupun cara berpakaian ataupun aktifitas tertentu.

The Rise of LSBH

Setelah paham tentang waifulogi dengan perkembangan fetish, barulah kita masuk ke topik intinya. Ada sebuah fetish yang masih jarang diketahui bahkan oleh kalangan otaku sendiri. Yep, itu adalah LSBH. LSBH sendiri adalah merupakan singkatan dari Long Straight Black Hair. Jadi LSBH ini adalah fetish rambut yang ditunjukan pada rambut hitam panjang dan lurus.

 

Istilah LSBH sendiri tidak diketahui secara pasti bagaimana dan kapan munculnya. Sebutan LSBH tidak dapat ditemukan di mesin pencarian google secara akurat ataupun forum internasional umumnya. Namun setelah berbagai penulusuran yang dilakukan penulis, LSBH besar kemungkinan muncul dari tahun 2011 di kalangan wibu Indonesia. Rambut hitam dan panjang memang sudah ada sejak lama namun sebutan untuk hal ini belum ada yang paten dibandingkan dengan fetish rambut lainnya seperti ponytail, blonde, himecut, sidehair, braid, dan sebagainya. Terlalu general dan simple jika hanya menyebutkan dengan sebutan rambut hitam atau black hair.

Tsukino Mito, Virtual Youtuber yang demen makan daun

LSBH ada dimana-mana

Persebaran demografi LSBH sendiri cukup luas jangkauannya. Mereka banyak ditemukan di anime maupun game. Bagi kamu pecinta VN pastinya kamu udah sering melihat para karakter LSBH ini menjadi salah satu dari list heroine yang ada. Contohnya saja Kaoruko Rokuonji dari Wagamama High Spec atau Tobisawa Misaki dari AokanaKalau untuk anime terlalu banyak karakter LSBH yang bisa disebutkan tapi kamu bisa lihat LSBH yang muncul di musim ini antara lain Sakurajima Mai (Seishun Buta Yarou), Nanami Touko (Yagate Kimi ni Naru) dan Astaroth (Ulysses Jeanne D’Arc).

Nah kalau untuk di manga kadang kita sulit untuk membedakan mana yang LSBH atau bukan. Hal ini tentu saja dikarenakan manga banyak halaman yang hitam putih. Untuk mengetahui warna rambutnya kita mesti melihat bagaimana rupa mereka pada cover atau halaman berwarna atau terkadang menunggu visual dari adaptasi anime. Beberapa karakter LSBH yang sudah terkonfirmasi dalam manga adalah Yukishiro Nanako (Senryuu Shoujo), Honjou Yuri (Tenkuu Shipan), dan Akagami Rion (Eden no Ori).

Untuk game pastinya sudah menyediakan karakter LSBH untuk dimainkan. Di FGO kamu bisa menjumpai Ishtar tentunya satu tubuh dengan Tohsaka Rin yang LSBH dan juga Waver. Selain FGO masih banyak lagi game yang menyediakan karakter LSBH diantaranya GBF (Jessica), Elsword (Ara), Closers (Yuri), Azur Lane (Atago), dan masih banyak lagi.

Pesona dalam diri LSBH

Jika kita melihat kehidupan nyata (*ea, 3D*), ada banyak wanita yang dapat kita jumpai memiliki warna rambut natural hitam. Khususnya kita yang ada benua Asia, rambut hitam itu sudah menjadi identitas jati diri kita. Yamato nadeshiko itu benar-benar nampak dalam diri LSBH. Keaslian dari natural beauty itulah yang menjadi alasan banyak orang menyukai LSBH.

Nishimikado Tami dalam cover manga Hanayamata

Pesona LSBH dalam anime sendiri tidak lepas dari kibasan rambut yang panjang dengan warna alami hitam yang menyatu dengan berbagai latar belakang membuat LSBH sangat dikagumi oleh penikmatnya. Rambut LSBH juga bisa dimodif sesuai selera dengan potensi yang ada. Tidak jarang kita melihat ada LSBH menggunakan poni himecut atau mengikat rambut menjadi ponytail sebagai variannya.

Pembawaan karakter LSBH biasanya cenderung lebih mengarah ke tokoh yang cool dan elegan. Mereka adalah sosok mandiri dan bisa diandalkan oleh orang lain. Namun mereka seringkali menutup dirinya dan menyimpan banyak misteri. Kamu bisa mengambil contoh Yukinoshita Yukino dalam Oregairu yang satu jenis modelnya dengan Akemi Homura dari Mahou Shoujo Madoka Magica yang keduanya menyimpan aura cool beauty.

Walaupun kebanyakan LSBH digambarkan sebagai tokoh yang anggun, tidak jarang juga karakter LSBH menjadi tokoh yang berwatak absurd. Nah, kalau udah ngomong kayak gini pasti kalian inget kan sama ketua OSIS idaman macam Amakusa Shino dari Seitokai Yakuindomo atau Jabami Yumeko dari Kakegurui. Walau kelakuan mereka sableng setinggi pohon duren, tetap saja aura cool beauty masih terlihat walau sedikit.

Ada juga LSBH yang yandere. Tentu saja ini sangat cocok dengan warna rambut gelap dan aura misterius yang tersimpan dalam jati diri seorang LSBH. Rory Mercury (GATE Jietai), Kirihime Yoruka (Saijaku Muhai no Bahamut), Albedo (Overlord) adalah contoh karakter yang siap menjaga kamu agar tidak ladur.

The mystery still continues..

Belakangan ini saya melihat kalau LSBH tidak hanya ditunjukan kepada rambut hitam saja. Ada yang mengedit menjadi Long Straight Blue Hair atau Brown Hair supaya bisa menjangkau karakter yang sebenarnya ga jauh beda dengan hakikat LSBH sendiri. Jadi model Furuhashi Fumino (Bokuben) atau Haruna (Kancolle) masih bisa dikategorikan sebagai LSBH. Toh yang jelas para penyuka LSBH sangat memuja keanggunan dari rambut panjang warna natural ini.

Pada akhirnya saya tidak bisa menyebutkan semua karakter LSBH satu per satu. Silahkan berburu sendiri waifu LSBH  yang sesuai keinginanmu. LSBH terdiri dari berbagai macam rasa. Ada loli Tachibana Arisu ataupun Oneesan macam Chiyo-nee dari Ane Naru Mono loh! Mau yang mama juga ada banyak malahan. Tinggal pilih dan claim waifu LSBH mu!

Gambar:
https://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=71209440
https://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=71345669
https://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=71206645
https://www.pixiv.net/member_illust.php?mode=medium&illust_id=71036830
https://twitter.com/RYMERGE/status/919213185692876800