“Haikyu!! Volleyball Card Game” Resmi Diluncurkan di Indonesia

December 14, 2018 17:53
“Haikyu!! Volleyball Card Game” Resmi Diluncurkan di Indonesia

Pada 11 Desember 2018, Brain Navi Indonesia mengadakan acara peluncuran produk “HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME” di CoHive D.Lab, Jakarta, untuk pasar Indonesia. HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME adalah salah satu permainan kartu (TCG) yang sangat terkenal di Jepang, dan untuk pertama kalinya, diterjemahkan dan diperkenalkan secara resmi ke pasar Indonesia.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh berbagai perusahaan dan mitra di industri hiburan seperti Toko Buku Gramedia, Penerbit Buku Gramedia, Blibli.com, dan Animart.

TCG pertama kali diciptakan pada tahun 1993, lalu berkembang pesat baik dalam jumlah maupun kualitas, dan kini berhasil menjadi salah satu produk unggulan di dunia hiburan Jepang. “Yu-Gi-Oh!”, TCG yang pertama kali dan paling dikenal di dunia adalah sebuah produk yang sukses secara komersil dan berhasil menjual lebih dari 30 triliun kartu dengan berbagai bahasa di dunia. Tak bisa dipungkiri, TCG adalah pasar yang berkembang secara pesat dengan judul-judul terkenal seperti; Yu-Gi-Oh!, Duel Masters, Cardfight!! Vanguard, Weiß Schwarz, dan masih banyak lagi. Tidak hanya mendominasi Jepang, TCG juga muncul dengan bahasa lain dan masuk ke banyak negara hingga mampu menarik minat banyak pemain di seluruh dunia.

Saat dua pemain saling berhadapan, mereka harus menciptakan berbagai strategi dan melakukan sinergi dengan banyak jenis kartu untuk mencapai kemenangan. Karena hal itulah, TCG dikenal sebagai sebuah alat untuk yang mampu mengasah daya pikir, strategi, dan kreativitas dari pemainnya. Bukan hanya itu, tapi desain kartunya yang eksklusif dan indah juga merupakan sebuah nilai jual lebih bagi penggemar TCG.

 

Pemain TCG di Indonesia sudah mengenal TCG lewat produk yang diimpor dan dibajak dari seri-seri TCG Jepang maupun negara-negara lain, baik lewat jalur resmi maupun tidak resmi. Meski begitu, absennya lisensi TCG versi Indonesia yang dibuat untuk masyarakat Indonesia menciptakan sebuah kendala bahasa yang menimbulkan kesulitan bagi para calon pemain baru untuk terjun ke dalam dunia TCG. Karenanya, pasar TCG di Indonesia masih sering dipandang sebelah mata.

Melihat adanya kebutuhan akan versi Indonesia, Brain Navi Asia di bawah bendera Wedge Holdings Jepang berhasil mendapatkan lisensi untuk mengembangkan dan melakukan distribusi HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME untuk pasar Indonesia dari Tomy Company Ltd. Di Indonesia, produk ini diperkenalkan dengan nama HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME, dan diimpor oleh Showa Brain Navi Indonesia.

HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME telah disesuaikan dari tahap penerjemahan, desain, dan pengeditannya agar menjamin kepuasan para anggota komunitas penggemar TCG maupun komunitas HAIKYU!!. Harapannya, produk ini mampu menyediakan hiburan baru untuk para penggemar anime dan TCG di Indonesia.

 

Langkah awal perilisan dimulai dari bulan Desember 2018 hingga Januari 2019. Di langkah ini, Showa Brain Navi Indonesia akan bekerjasama dengan para mitra dan para retail untuk mendistribusikan “Dek Dasar” Versi Karasuno ke seluruh Indonesia. Adapun jadwal rilisnya adalah sebagai berikut:

  • 14-Desember, 2018 Blibli.com & Toko Hobi
  • 16-Desember, 2018 Toko Buku Gramedia (beberapa cabang)

Pada gelaran acara peluncuran produk, selain menampilkan HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME sebagai produk utamanya, Showa Brain Navi Indonesia juga menyajikan kesempatan bisnis dan proyek-proyek dari Brain Navi Asia untuk mengembangkan produk TCG di Indonesia dan juga pasar Asia.

Di acara tersebut pula, para tamu diberikan kesempatan untuk melihat kartu HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME versi Indonesia dan Vietnam. Ada pula area demonstrasi cara bermain yang mempersilakan para tamu tidak hanya untuk menonton, tapi juga ikut bermain dan merasakan kesenangan bermain HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME.

HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME adalah sebuah Trading Card Game yang dirilis oleh Takara Tomy di Jepang pada tahun 2014 berdasarkan serial komik dan anime HAIKYU!! yang ditulis oleh Haruichi Furudate dan diterbitkan oleh Shueisha sejak tahun 2012. Di Indonesia, versi komik dari seri ini dilisensikan oleh Penerbit m&c! (PT Gramedia Pustaka Utama) dengan nama HAIKYU!! FLY HIGH VOLLEYBALL.

Sejak pertama dirilis, HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME sudah menjadi amat populer dan berhasil merebut hati baik para pemain TCG dan mereka yang sebelumnya belum pernah bermain TCG. Saat ini, HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME telah menjadi pilihan terbaik sebagai TCG yang pertama kali dimainkan dan hobi kedua bagi para penggemar anime.

Lewat HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME, pemain akan merasa seperti ada di dunia HAIKYU!! sehingga mereka bisa merasakan nilai-nilai semangat, usaha, dan pentingnya teman. Pada waktu yang bersamaan, TCG juga membuat para pemain berpikir secara strategis karena mereka membutuhkan manajemen sumber daya, perencanaan, dan eksekusi.

Saat ini, HAIKYU!! VOLLEYBALL CARD GAME adalah satu-satunya TCG berbahasa Indonesia yang rilis secara resmi di Indonesia.

Ada dua tipe produk: Dek Dasar dan Set Kartu Tambahan. Dek Dasar: 40 kartu, untuk pemula.

  • Harga retail estimasi: 135.000 IDR/dek
  • Boks Set Kartu Tambahan: 24 set, masing-masing set berisi 6 kartu untuk memperkuat Dek Dasar.

Sorry. No data so far.