‘Chocobo’s Mystery Dungeon: Every Buddy!’ Ungkap Banyak Detil, Termasuk Tanggal Rilis

December 21, 2018 5:11 pm
‘Chocobo’s Mystery Dungeon: Every Buddy!’ Ungkap Banyak Detil, Termasuk Tanggal Rilis

Square Enix telah merilis banyak informasi baru untuk “Chocobo’s Mystery Dungeon: Every Buddy!” termasuk tanggal rilis, dan detil mengenai game-nya. Game ini adalah enhanced remaster dari Final Fantasy Fables: Chocobo’s Dungeon yang sebelumnya rilis untuk Wii.

Berikut adalah detilnya:

Cerita

Suatu hari, pemburu harta karun Chocobo dan Cid tiba di kota aneh. Kotanya bernama Lostime dan berisikan warga kota yang mempercayai bahwa melupakan sesuatu adalah kunci untuk kebahagiaan.

Setiap kali lonceng di menara jam berbunyi, mereka melupakan kenangan yang menyedihkan, impuls yang agresif, dan kadang bahkan nama mereka.

Seorang pemuda bernama Raffaello tiba di kota. Dia bisa membuat dungeon dari ingatan orang-orang dan membantu mereka untuk mengingat masa lalu…

Karakter

Cid (seiyuu: Yuichi Nakamura)

Cid pergi menjelajahi dunia demi mencari harta karun bersama rekannya, Chocobo. Dia adalah penemu jenius yang memanfaatkan berbagai alat buatannya untuk memastikan misinya selalu berhasil. Dia tiba di Lostime ketika sedang mencari harta karun tersembunyi yang dapat mengubah dunia.

Shirma (seiyuu: Sayaka Senbongi)

Shirma tinggal di perkebunan Aunt Stella yang berada di pinggiran Lostime. Dia selalu perhatian terhadap orang lain, dan baik terhadap Chocobo dan Raffaelo. Dia terlihat sering khawatir, tetapi hal ini membuat dia cocok dengan bibinya yang terlalu santai. Walau dia adalah gadis yang baik hati, dia tidak takut untuk mempertahankan apa yang dipercayainya.

Raffaelo (seiyuu: Yuuko Sanpei)

Suatu hari, Raffaelo jatuh dari langit dan kini tinggal bersama warga kota Lostime. Sudah terlihat jelas dia bukanlah anak biasa, karena tumbuh dengan sangat cepat. Dia juga memiliki kekuatan untuk mengembalikan ingatan yang hilang dengen membuat labirin ingatan. Sejak dia tiba di Lostime, warga kota mulai berubah, dan mulai menganggap dia sebagai penyelamat. Namun Raffaello tidak merasa dirinya seperti itu.

Dungeon Hero X (seiyuu: Maria Naganawa)

Pahlawan bertopeng yang kadang-kadang muncul untuk memberi informasi kepada Chocobo ketika di dalam dungeon. Dia terasa familiar, tetapi identitas sebenarnya tetap dirahasiakan. Namun beredar rumor yang mengatakan dia bukan hanya sekedar Dungeon Hero X.

Dungeon

Dalam dungeon, kalian akan bergerak dan melakukan aksi melalui turn-based system. Ketika Chocobo melakukan 1 aksi, 1 turn digunakan. Tentunya hal ini berlaku untuk musuh juga. Monster tidak akan bergerak selama Chocobo tidak bergerak. Jadi kalian bisa memikirkan langkah sebelum beraksi.

Job Change System

Dengan mendapatkan ingatan pekerjaan pada saat petualangan, Chocobo bisa mengganti job. Perubahan job tidak hanya mengubah penampilan, tetapi juga akan mengubah status dan kemampuan kalian. Kalian bisa mengganti job dengan mudah hanya dengan menyentuh kristal yang ada di pintu masuk dungeon.

Knight

Ini adalah salah satu job awal yang tersedia setelah fitur job change terbuka. Knight memiliki HP yang sangat tinggi, defense yang kuat terhadap serangan fisik dan sihir, dan juga serangan yang cukup kuat. Karena itu, job ini cocok untuk pertarungan. Namun Knight memerlukan banyak makanan jadi kalian harus mengatur strategi mengatur tingkat kelaparan sebelum pertarungan selesai.

Black Mage

Black Mage terkenal memiliki sihir serangan yang kuat. Pada saat pertama kali digunakan, job ini sulit dikuasai karena jumlah sihir serangan dan pemulihan masih sangat terbatas. Namun seiring level-nya meningkat, Black Mage akan memiliki banyak sihir yang kuat.

Alpha Job dari Final Fantasy XIV

Raid dungeon dari Final Fantasy XIV bernama The Bend of Time: Omega akan muncul dalam game ini. Gunakan seragam dari Garlond Ironworks dan selidiki musuh kuat bernama Omega. Bantu party dengan menggunakan alat-alat misterius.

Alpha job adalah job yang balanced dan ahli dalam berbagai hal mulai dari menyerang hingga mendukung party. Ketika kalian mencapai level maksimal, kalian akan mempelajari kemampuan Mysterious Card yang dapat mengaktifkan 1 dari 7 kemampuan yang ada secara acak.

Dungeon Baru

Dungeon baru telah ditambahkan ke dalam remaster ini. Terdapat juga juga dungeon yang sangat sulit seperti The Bend of Time dan Bottomless. Dalam dungeon-dungeon ini, item yang kalian bawa dan job yang kalian pilih akan menentukan takdir kalian.

Buddy System Baru

Pada saat mengalahkan monster di dungeon, kalian kadang akan mendapatkan Buddy Point. Poinnya akan dipisahkan berdasarkan spesies monsternya. Ketika mencapai titik poin yang diperlukan, kalian bisa membawa monster tersebut sebagai karakter buddy.

Karakter Bisa Menjadi Buddy Juga

Selain bisa merekrut monster, kalian juga bisa memilih karakter-karakter tertentu untuk dibawa ke dungeon sebagai karakter buddy. Setiap karakter memiliki kemampuan unik, jadi pilih buddy yang cocok dengan job kalian.

Bonus Cetakan Perdana

Bonus cetakan perdana di Jepang adalah karakter Buddy: Alpha. Kalian akan bisa membawa karakter yang memiliki Alpha job sebagai karakter buddy.

Chocobo’s Mystery Dungeon: Every Buddy! akan rilis di Jepang pada tanggal 20 Maret 2019 untuk PlayStation 4 dan Nintendo Switch. Versi Inggris sudah diumumkan, tetapi jadwal rilisnya belum diumumkan.

Sumber: Gematsu