[JOI Spotlight] Year End Party Edition

December 23, 2018 6:53 pm
[JOI Spotlight] Year End Party Edition

Selamat datang di JOI Spotlight sebelum kita masuk ke minggu terakhir tahun ini. Seperti biasa, mari kita lihat impresi para staf untuk seri yang sudah mulai tamat minggu ini.

Honda-san 11

Kaptain

Cara yang menarik buat nunjukin pelanggan yang toxic. Cuma kalau dipikir lagi saya dah terlalu sering ngeliat para tengkorak dan siluman hidup di dunia “nyata”, sampe saya jadi bingung dengan pindah setting ke dunia youkai kok malah aneh.

Ulysses Jeanne D’Arc 11

BlueHeaven

Yamerooo!! Please jangan nambah adegan siksa Astaroth lagi, kagak kuat nontonnya. My faith for the holy virgin Janu, please save my fairy queen!

Thunderbolt Fantasy 12

Kaptain

That was a super satisfying episode. Shang emang nggak mau pake pedang terkutuk dia, tapi ini bukan berarti dia nggak bisa pake dengan luar biasa efektif. Shang masih nyimpen banyak misteri dan entah berapa banyak latar belakangnya yang terungkap sebelum musim selesai.

Dari preview, si polisi bakal ketemuan sama Lou jadi umurnya udah nggak panjang lagi. Aoi Yuki sendiri udah kelewat takut sama Lou dan agaknya dia lebih milih ditangkep lagi sama Shang daripada kawin gantung sama Lou.

Walaupun saya muji episode ini, saya mulai sadar juga sama kekurangan lain. Set piece lokasi nggak semenarik season sebelumnya. Mayoritas aksinya tuh kalau nggak di deket hutan ya di pasar. Wasteland tempat si Naga (in memoriam) juga nggak banyak dijelajahin.

Seishun Butayarou wa Bunny Girl-senpai no Yume o Minai 12

Etherlite

A tale of 2… Maybe three sides. Dari sisi Kaede yang terlahir karena shock yang dialami Kaede-san yang dibully di sekolah, ingin berusaha menjadi lebih mandiri demi Sakuta & orang-orang disekitarnya, tapi tahu juga kalau dia berhasil, dia akan ‘menghilang’. Di sisi lain, Kaede-san yang menghilang setelah dibully di sekolah. Bagaimana dia akan menyikapi 2 tahun yang hilang?

Di sisi terakhir, Sakuta yang berusaha keras setelah kehilangan Kaede-san dan ibunya yang jadi dapat mental illness dan berhasil menerima Kaede. Sekarang kehilangan Kaede yang telah menjadi bagian hidupnya dalam 2 tahun terakhir dan harus menerima Kaede-san yang kembali.

Kaczmarek

Sebagai salah satu individu yang belum membaca LN-nya sampai arc ini, saya makin penasaran bagaimana Sakuta menyelesaikan permasalahan ini. Berbeda dengan arc-arc sebelumnya, saya gabisa menebak kelanjutannya nanti seperti apa.

Oiya, bapaknya Sakuta minta dikenalin ke Mai-san setelah masalah mereda? Saya berekpektasi hal-hal lucu akan ditanyakan bapaknya Sakuta nanti dan semoga jawaban-jawaban Sakuta nanti enggak mengecewakan.

Saya kecewa gaada scene Futaba di episode ini 🙁

Zombieland Saga 12 (End)

BlueHeaven

Gila, bener-bener penutup yang sempurna buat series ini. Episode 1 dan 2 uda amazing ditambah closing yang cetar membahana. Anime ini benar-benar layak dinobatkan sebagai salah satu anime terbaik tahun ini.

Masih ada asa untuk season 2, Okaba si jurnalis udah dapet info para mantan artis yang jadi zombie idol sekarang. Yuugiri route sama Tae route juga siap dinanti kalau season 2 nanti beneran muncul. Apalagi hubungan Koutarou, boleh saya bilang itu mungkin nama samaran, yang lebih tepatnya Inui dengan Sakura. Sangat menarik tentunya kalau ini dibahas. Satu lagi, saya bakal kangen sama anjingnya masuk cover tapi muncul cuma sesekali. The real densetsu!

Kaptain

Saya emang nggak invest sama dramanya Sakura yang penyelesaiannya sesuai dugaan saya, tapi saya nerima sentimen grup yang lebih milih gagal sama-sama dibandingkan dengan sukses tanpa Sakura. Begitu juga dengan Ai yang nyuruh penonton mundur saat sadar dengan kondisi venue. Episode ini banyak banget ngasih sekuel hook dan performanya baik di aspek merchandise dan promotor Saga juga tergolong bagus, jadi mungkin banget bakal ada season lanjutan.

Aturan utama untuk sebuah anime dapet penilaian “great” dari saya adalah “nggak boleh ada episode yang lemah selama penayangannya”. Zombieland Saga sayangnya walaupun punya episode yang kuat banget juga didera beberapa episode yang lemah. Harapan saya kalau CG buat konser bakal membaik di akhir musim juga nggak terpenuhi. Saya bakal terus ngikut seri ini, cuma saya harap bakal lebih berat di “Idol Metalocalypse” yang lebih sering terjadi di paruh awalnya.

To Aru Majutsu no Index III 12

Etherlite

Masih ada beberapa bagian yang kayaknya diskip, tapi paling ngga pacingnya membaik dan ceritanya jauh lebih menarik. Itu Curtana Original & system angelnya cheat banget sih, meskipun cuma berlaku di tanah Inggris, Kanzaki nee-chin yang saint aja sampai kalah.

Vento Aureo 12

Kaptain

Saya lupa pernah ada penjelasan kalau Fugo itu kebal sama racun Purple Haze apa nggak, cuma kalau dipikir lagi metode tes racunnya itu cuma ada satu, jadi gampang berasumsi kalau Fugo mending main aman aja sama racunnya. Ini nitpick banget sih, tapi tempat wisata kayak Pompeii sepi banget di sini. Satu hal menarik dari flashback Fugo tuh adegannya yang ngambil dari novelnya.

Special Signature to Save a Soul. GRIDMAN 12 (End)

Poster Promare di kiri atas

Kaptain

Episode yang jujur aja buru-buru banget pacenya, tapi saya dapet semua informasi yang saya butuh buat dapet jawaban harapan saya di Spotlight minggu lalu. Saya ngeliat dunia Akane ini seperti dunia sel Hataraku Saibou, iya isi dunianya memang diciptakan dan merupakan bagian Akane, tapi tiap orang di dalamnya punya tugas dan motivasi sendiri agar “dunia” bisa jalan, nggak peduli Akane suka apa nggak.

Di setting Gridman, dunia nyata (seperti yang ditunjukkan di ending), komputer (dunia digital), Hyper (asal Gridman), dan Makai (asal Alexis) itu dunia utuh dengan “penduduk” di dalamnya dan berfungsi secara independen. Alasan Anosillus dan ortu Yuta bisa balik lagi itu karena dunia Akane, yang seri ini nggak eksplisit bilang jenisnya apa; mulai terhubung ke dunia lainnya. Entah apakah ada materi tambahan nanti bakal dijelasin apa dunia ini, tapi dari arti SSSS di atas saya rasa ini adalah dunia jiwa.

Alexis “nyiksa” Akane dengan secara rutin ngasih alat buat memperburuk kondisinya buat ngehasilin makanan buat ngeupgrade dirinya. Setelah kenyang, dia bakal nyari Akane lain dan ngulang metode yang sama untuk jadi lebih kuat. Fixer Beam itu skillset standar Gridman yang selain bisa ngebenerin dunianya, bisa juga digunain ke manusia. Bagus banget ngeliat skill terakhir yang diinget Gridman buat nolong dunianya itu skill paling standar dia melihat misi utama dia itu nolong Akane dan bukan nangkep Alexis. Perlu diinget juga kalau Alexis cuma disegel dan bisa aja dia balik lagi.

Perempuan di adegan terakhir diperankan oleh Akane Sakanoe (Ultraman X) jadi cukup aman berasumsi kalau orang yang wujudnya mirip Rikka ini Akane yang asli yang kembali ke dunia nyata. Saya melihat Rikka, orang yang tinggal di tempat “di mana barang yang tidak berguna disimpan” sebagai “Self-esteem” Akane. Jadi untuk selanjutnya setiap kali saya ngomong Rikka baca ini sebagai “sisi Akane yang masih percaya sepenuhnya pada Akane”. Alasan doa di akhir itu agar Akane nggak butuh Rikka lagi dan kembali ke sini, sudah saatnya Akane nyari orang lain. Melihat musim panas dunianya sekarang masuk ke musim dingin, Akane nampaknya mulai bergerak. Yuta sendiri merupakan orang yang nggak terpengaruh dengan Akane dan lebih mencintai Rikka dan aspek yang dia wakilkan, dan inilah alasan dia jadi kandidat Gridman dunia ini.

Jadi itulah SSSS.Gridman, sebuah cerita yang di seri sebelumnya itu kasus buat satu episode aja. Saya bakal ngasih evaluasi penuh di review akhir, sekarang saya berharap aja tim ini bisa dapet seri Tsuburaya lain buat dikerjain. Melihat performa anime-nya di musim ini, harapan ini semoga saja cukup memungkinkan.

Gurazeni 24 (End)

Kaptain

Ini adalah anime baseball di mana 2 episode akhir dipakai untuk negosiasi kontrak dan analisa statistik. It’s awesome.

Release The Spyce 12 (End)

BlueHeaven

Battle lawan last boss agak kurang greget. Masa cuma bentaran udah kelar. Yang pedihnya kena sabet oppainya pula. Jadi pelajaran lain kali kalau mau gelut jangan pake yang seksi-seksi.

Ending yang nyesek juga buat Momo. Farewell Yuki-shishou. Hey but look! New formation of Tsukikage seems nice. Denshinya Momonya juga bijin pula. Butuh minimal OVA biar bisa liat kelakuan muridnya Momo yang satu ini. Flashback buat masa lalu Yuki dkk juga legit kalau mau dibahas.

Fate/Grand Order

SMILE TO PROTECC

Etherlite

Dibanding Xmas 2016 yang bikin terharu atau perjuangan mencapai Ishtar tahun 2017, Xmas 2018 ceritanya biasa banget, apalagi episode terakhirnya sangat maksa dan solusinya juga super cheesy. Paling tidak saya senang bisa farming permafrost, heart of foreign god & phoenix feather.

Pada event FGO Winter Fes Miyagi kembali diingatkan oleh Yoshiki, kalau event berikutnya minimum requirementnya adalah selesai Lostbelt 3 Sin, dengan requirement yang makin berat ini diharap para master yang masih ketinggalan bisa mengejar, dibantu dengan ¼ AP untuk main quest part 1 & 2.

NA Server

Kaptain

480 Quartz. Dispook sama Helena, Casgil (np2), sama Xuanzang (np2). Dapet 2030 sama Kaleidoscope sih, jadi ga terlalu pait banget same banner Merlin. Lebih kesel aja jadi kehabisan stok buat King Hassan nanti, tapi tergantung banner tahun baru isinya apa, masih bisa nunggu akhir 2019 nanti. Barbatos dah digilas dan saat artikel ditulis, Flauros sama Forneus tinggal 35% aja barnya, jadi tengah minggu depan nampaknya Singularity baru selesai.

Shadowverse

BlueHeaven

Pack baru sudah di depan mata dan rotasi tinggal menghitung hari. Saya cukup menikmati hari terakhir dengan Pureheart Singer sebelum dia terperangkap selamanya di neraka unlimited. Gacha gratisan cukup lumayan bisa narik 1 lego per harinya tapi fix diriku tak bisa meraih Daria leader.

Saat ini saya sedang mencoba iseng-iseng bikin dek summit storm dan hasilnya cukup lumayan. Petra sama Legendary Fighter is the best dah! Mohon maaf saya tidak mempunyai Heavenly Knight dan Jewel Priestest yang cukup, teehee.

Kantai Collection

Kaczmarek

Sparkling beberapa kanmusu untuk support expedition nanti. Jujur saya kewalahan di event Early Fall kemarin dan target untuk ngumpulin resources all 200k dan ember 1200-an gagal karena event game lain. Monthly 1-5, 2-5, 3-5, dan 4-5 untungnya udah kelar, dan sekarang leveling Saranee-san menuju MK II Mod1/Mod2 Setelah ini saya juga masih bingung mau nulis siapa untuk Waifuwed dari KC.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Ada yang bisa nemu Semiramis di gambar header?

Header: Kurotsuki Yukiko