[JOI Music] Sayuri

December 24, 2018 7:12 pm
[JOI Music] Sayuri

JOI Music hadir kembali minggu ini. Untuk mengawalinya, hari ini saya akan membahas seorang penyanyi yang baru baru ini dia berkolaborasi dengan sebuah band terkenal. Dia adalah Sanketsu Shoujo Sayuri, atau si gadis hipoksia Sayuri.

Siapa itu Sayuri?

Sayuri, seorang penyanyi yang lahir pada 7 Juni 1996 dan salah satu anggota dari Yamaha Music. Karir Sayuri sebagai penyanyi diawali ketika ia masih menduduki bangku SD. Dia terinspirasi oleh sebuah band bernama Kajani Eight, dan mulai mengerjakan musiknya sendiri saat ia berada SMP.

Setelahnya, Sayuri dengan nama lain ASUKA berkarir dengan bergabung ke dalam sebuah duo akustik bernama LONGTAL yang memiliki basis di Fukuoka, yang tidak lain adalah tanah kelahirannya. Dia mulai bernyanyi di jalan dan tampil di live house. Berbagai kota besar sudah disinggahinya, hingga akhirnya dia keluar dari SMA.

Pada 2012, dia mendapat sebuah penghargaan dan itu cukup membuat karirnya berubah. Sayuri aktif sebagai artis indie dan mengubah nama panggungnya yang semula ASUKA menjadi Sanketsu Shoujo Sayuri atau bisa diartikan Gadis Hipoksia Sayuri. Hipoksia sendiri adalah penyakit dimana tubuh kekurangan oksigen. Kondisi dimana tingkat oksigen dalam darah lebih rendah dari tingkat normal. Hal ini sangat terlihat ketika Sayuri mengambil nafas waktu ia bernyanyi. Entah ini bisa dikatakan sebagai kekurangan atau malah menjadi ciri khas dia.

Lanjut pada tahun 2015 Sayuri berhasil mengadakan live-nya di Tsutaya, Tokyo pada bulan Maret. Dan ditahun 2015 pula, Sayuri untuk pertama kali mengisi soundtrack dari sebuah anime. Dia mengisi ending dari anime Ranpo Kitan: Game of Laplace dengan single pertamanya yang berjudul “Mikazuki”. Lagu ini yang membawa saya dan mungkin beberapa fans lainnya mengenal seorang Sayuri.

Hingga saat ini, karir Sayuri terus meningkat. Baru baru ini ia berkolaborasi dengan band MY FIRST STORY untuk mengisi opening dari anime Golden Kamuy 2. Sebelumnya, dia juga pernah berkolaborasi dengan salah satu anggota RADWIMPS yaitu Yojiro Noda untuk single “Furaregai Girl”. Sayuri juga telah mengisi beberapa anime terkenal seperti Fate/Extra: Last Encore, Kuzu no Honkai, dan Boku Dake ga Inai Machi. Sampai saat ini, Sayuri telah merilis 7 single dan sebuah album yang berjudul “Mikazuki no Koukai”. Sayuri juga terus tampil mengisi di berbagai ajang musik di Jepang. Salah satunya Sayuri akan tampil di Countdown Japan 2018, tepatnya pada hari pertama Jumat, 28 Desember 2018. Ini adalah kali kedua Sayuri tampil di event tersebut.

Untuk penghargaan sendiri Sayuri sudah mendapatkan penghargaan semasa ia masih berada di LONGTAL. Ia berhasil menyabet penghargaan Grand Prix dalam ajang Musik Revolution ke-5 pada tahun 2012 silam. Lalu, pada tahun 2018 ini ia masuk ke dalam nominasi “Best Breakthrough Artist” dalam ajang Space Shower Awards.

Beberapa Penampilan Sayuri di Jalanan

Seperti yang ditulis diatas, Sayuri adalah seorang penyanyi yang pernah turun ke jalan. Beberapa video berhasil diabadikan seperti saat ia menyanyi di jalanan Shibuya pada tanggal 20 Juli 2015.

Atau mungkin kalian pernah menonton yang satu ini karena memang tersebar luas, salah satu performa Sayuri di Stasiun Shinjuku pada 19 Mei 2017.

Tentu, ketika perform dijalanan tidak seluruhnya berjalan dengan lancar. Pernah suatu ketika ketika ia ingin memulai menyanyikan lagu “Fuusen” kemudian seorang polisi terdengar membunyikan peluit kepadanya.

Sayuri's reaction when her street performance was interrupted

Sayuri was gonna sing Fuusen when she heard the policeman blowing his whistle. Her reaction was gold.Well, I admit, this sounds like a cheap clicking bait though. But… cuteness overload!

Posted by Sanketsu-girl Sayuri / 酸欠少女さユり on Friday, 17 March 2017

Lagu-Lagu Apa Saja yang Direkomendasikan?

Jujur saya ingin berkata semua, karena memang hampir semua lagunya itu bagus dan mempunyai arti yang dalam. Tapi disini saya mencoba memilih 5 lagu yang patut kalian coba dengarkan dari Sayuri.

1. Raise de Aou

Lagu yang menjadi favorit saya dari awal rilis dulu sampai sekarang. Menjadi bagian dari single “Sore wa Chiisana Hikari no Youna”

2. Furaregai Girl

Arti dari lagu ini akan membuat kalian terdiam sejenak.

3. Mikazuki

Single pertama Sayuri yang seperti saya tulis diatas, awal mula mengenal Sayuri.

4. Hachi to Misemono

Yang satu ini saya paling suka sama bagaimana Sayuri menggubah lagu ini.

5. Reimei

Single terbaru dan langsung memikat hati saya. Bingung mau ngomong apa karena emang kolaborasinya dengan MY FIRST STORY ini benar benar keren.

Penutup

Sayuri memang dikenal sebagai seorang penyanyi fenomenal. Gaya penampilan, musik video, atau lagu yang unik membuatnya memiliki ciri khas yang tak dimiliki oleh penyanyi lain. Ia juga tak kenal lelah untuk menggapai mimpinya sebagai seorang penyanyi profesional. Perjalanannya masih panjang dan dia kini sedang berada dalam puncak karirnya.

https://www.facebook.com/pg/SayuriLovers/photos/?tab=album&album_id=270121343431923

Sampai disini edisi JOI Music kali ini, semoga kedepannya Sayuri akan terus berkarya dalam dunia musik dan tetap bertahan dengan ciri khasnya yang unik seiiring berkembangnya dunia permusikan di Jepang maupun di dunia. Support dia terus dengan cara apapun dan bagi kalian yang ingin mengetahui aktivitasnya bisa langsung follow twitternya.