[JOI Spotlight] Staf Award 2018 Edition

December 31, 2018 6:18 pm
[JOI Spotlight] Staf Award 2018 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk tahun 2018. Di hari terakhir tahun ini, selain impresi para staf juga ada Staf Award untuk berbagai seri yang hadir pada tahun 2018.

Honda-san 12 (End)

Kaptain

Seri tentang toko buku ini ditutup dengan penjelasan proses penutupan toko. Secara keseluruhan anime autobiografi yang informatif dan menghibur dari awal sampai akhir. Durasinya yang pendek dan banyaknya karakter yang likable juga bikin seri ini gampang banget direkomendasiin.

bukan_randy

Daaaan selesai. Memang beberapa episode ke belakangnya ga selalu lucu atau menarik, tapi saya ingin terus bisa melihat keseharian karakter-karakter ini. Moga-moga dapat season 2.

Thunderbolt Fantasy S2 13 (End)

Kaptain

Satu episode full highpowered wuxia action. Lebih straightforward dibandingkan dengan penutup musim lalu, saya nggak keberatan berhubung eksekusinya bagus. Mayoritas karakter dapat yang mereka mau dan kayaknya Lou “disimpen” buat cerita kedepannya berhubung masih belum jelas nasibnya. Iya dia kehilangan satu tangan, luka parah, dan jatuh ke jurang; tapi dia masih punya Aoi Yuuki yang tenaganya harusnya masih banyak.

Karakter musim sebelumnya juga pada balik buat sekuel hook musim ketiga yang dah resmi dikonfirmasi. Shang malah tambah repot soalnya dia jadi harus ngurus pedang tambahan yang bakal ngebikin dia target para siluman. Udah itu geng serangga yang ngejar dia juga udah mulai serius dan sadar sama tingkat bahaya si Lin.

Saya juga akhirnya ngeh dengan tema musim ini, “How do we deal with evil?”. Kita bisa lihat metode ketiga karakter sentral seperti “toleransi 0” Lang, “lempar balik ke pelaku” Lin, dan “beri kesempatan” Shang. Kegagalan ketiganya emang ngehasilin monster semacam Lou, namun ketiganya ujung-ujungnya bisa kerjasama buat ngeberesin krisis kali ini. Nakutin aja sih, Lin sebagai manipulator jadi demen banget sama pedang ungu.

Season kedua masih bagus, cuma saya terus ngerasa ceritanya lebih berasa seperti interlude buat nyiapin konflik besar musim ketiga. Status quo dunianya sudah banyak berubah seperti perbatasan yang sekarang jauh lebih aman (RIP Dragon) buat pasukan invasi dan Shang jadi target yang jauh lebih empuk.

bukan_randy

Pertengahan pertama season kedua ini meski tetap oke, sayangnya menurut saya cukup kalah dengan season pertama yang penuh petualangan karena tidak adanya tujuan akhir dan progress jelas di pertengahan awal season dua. Meski saya senang dengan duet Lang dan Ling (terutama theme-nya), party member kali ini terasa agak kurang colorful dibanding season pertama. Sejujurnya saya juga merasa comeuppance Lin terasa kurang dibanding dengan apa yang dia sudah perbuat (terutama di movie).

Untungnya akhir dari season ini berjalan dengan cukup kuat. Episode terakhir penuh dengan aksi seru hingga pemakaian Chekov’s Gun yang tidak saya duga. Tentunya saya masih ga bisa berhenti nyengir ngeliat bagaimana Seven Blasphemous Death yang awalnya tampil seperti malapetaka berjalan malah berakhir jadi korban situasi.

Seishun Butayarou wa Bunny Girl-senpai no Yume o Minai 13 (End)

Etherlite

Masalah Kaede-san pretty much solved? Perkembangan sejak episode sebelumnya hanya dia ketemu diary Kaede jadi paling tidak dia bisa lebih menghargai Sakuta.

Masalah episode ini lebih pada Sakuta yang ‘kehilangan’ Kaede, bagian hidupnya selama 2 tahun silam. Sementara Mai yang berharap bisa menjadi support untuk Sakuta seperti halnya Sakuta untuk dirinya, kecewa karena dicurhatin via phone aja ngga. Ulang tahun Mai came at the right time for the plot to take care of things, and all is well…. Not. Jadi itu Makinohara Shoko sebenarnya siapa? Both the adult and the small one. The movie can’t come any sooner.

BlueHeaven

Yes, Shoko adult akhirnya muncul juga. Save the best for the last. MVP yang bisa selalu nolong Sakuta pas lagi down. Ga sabar buat movienya ntar.

Kaczmarek

Ok ini bikin saya ingin menagih movie secepatnya. Shouko, who the hell are you??? Futaba (finally you appeared) sempat mempertanyakan apakah Shouko hanya manusia imajiner buatan Sakuta sendiri. Hipotesis yang hanya bisa terjawab di movie-nya nanti.

To Aru Majutsu no Index III 13

Etherlite

Too many conceptual background yang harus diserap dalam waktu singkat, I really can’t keep up with it. Antara kebanyakan atau penjelasannya disunat lagi jadi ga jelas.

Kaczmarek

Saya disini hanya untuk memuja Kanzaki di tiap episodenya. Untuk cerita, benar-benar membingungkan. Entah berapa banyak yang diskip dari season ke-3 ini, dan ini membuat saya makin pusing.

Vento Aureo 13

Kaptain

Nggak mau ngebagi antibodi ke si Fugo? Buat situ sendiri aja? Cool. Saya nggak akan nanya logistik dari bikin antibodi dari ular bata, Gold Experience does everything itu aspek yang paling saya inget dari Vento Aureo.

bukan_randy

Minggu depan arc kereta. Saya juga masih lupa sebagian isi ceritanya, tapi saya ingat bagian itu dan salah satu musuh di part 7 berhasil bikin saya rada trauma ama mata pancing. Sama kayak Kaptain, saya juga inget Gold Experience (dan nantinya Stone Free) itu rada seenak udelnya dengan kemampuan healing mereka, padahal stand khusus buat reparasi sudah jadi MC di part 4.

Yagate Kimi ni Naru 13 (End)

Kaczmarek

Saya harap setiap musim ada anime yang selembut dan semanis ini. Apakah ada wacana kelanjutan dari season ini? Saya masih berharap-harap. Namun melihat manga-nya juga masih berjalan, saya masih optimis akan proyek kelanjutannya.

Fate/Grand Order

Etherlite

Sebenarnya target event ini 80 box, tapi keburu lelah bakar-bakarin gold exp karena secondary storage, main storage dan present box sudah penuh. Kapan DW update supaya kita bisa tukar per box, pegal juga jari pencet-pencet samba boobs draw 10. Paling tidak sudah dapat cukup caster skillstone untuk Sitonai dan Tamamo.

Akankah kalian ngeroll paid gacha tahun baru? Saya ngga. Selain sisa paid quartz ga cukup, saya sudah punya 27 out of 43 limited SSR servants di pool.

NA Server

Kaptain

Secara teknis pangkat kita sekarang di atas Rin. Udah lama kespoil soal klimaks ini, jadi hal yang saya bener-bener baru tau cuma Pillar yang membelot aja. Di battle terakhir buat “formalitas” itu dari nama NP agaknya canonically dilawan sendirian sama Guda. Masih mikir apakah mau ngambil paid gacha apa nggak.

Sama seperti tahun lalu, di akhir tahun ini staf JOI akan kembali menuliskan Staf Award untuk berbagai seri yang hadir tahun lalu dengan kriteria yang asal-asalan dan luar biasa nggak membantu, berikut adalah seri yang dapat penghargaan dan kutukan kami.

Period Drama Award

High Score Girl

Kaptain

Aksesnya yang terbatas akibat jadi Netflix exclusive sayangnya ngebuat animenya kelewat banyak orang. Di satu sisi ini adalah nostalgia bait untuk mereka yang tumbuh mengikuti dunia gaming dari tahun 90’an. Di sisi lain ini merupakan pertumbuhan hidup yang menyakitkan dari tiga anak untuk menjadi manusia yang lebih baik. Adaptasi animenya sendiri ngasih banyak banget nilai tambah dengan integrasi footage gameplay asli ke ceritanya. Berhubung versi Netflix global udah mulai jalan, saya seneng seri ini cukup populer di kalangan komunitas fighting game luar sana.

Finally an Amazing Video Game Adaptation Award

Castlevania S2

Kaptain

Season kedua ini merupakan penutup dari arc Dracula. Setupnya emang lambat, tapi klimaks ceritanya merupakan klimaks cerita favorit saya untuk tahun ini. Satu episode full buat duel Dragon Ball antar Vampir yang juga sangat emosional. Ini adalah adaptasi yang cuma bisa dibuat kalau staf produksinya peduli banget dengan sumber materinya, dan melihat mereka bisa pake materi Curse of Darkness dengan baik, saya optimis dengan seri ini kedepannya.

Kyoani Push Their Limit So They Can Be Beyond The Masterpiece Award

Liz To Aoi Tori

BlueHeaven

Seperti yang saya bahas dalam review sebelumnya, a hidden masterpiece of the year. Bener-bener dibuat kagum sama anime yang satu ini. Nyaris sempurna dalam segi art maupun music. Ceritanya simple tapi dramatis. Berasa gimana dari opening sampai klimaks progressnya benar-benar bikin penonton hanyut sama suasana yang dibawakan dalam cerita. Kyoani makin luar biasa berkarya dari tahun ke tahun.

Super Talented Girl with Absurd People Series Award

Hinamatsuri

BlueHeaven

Saya tidak bisa melupakan betapa luar biasanya Hitomi. Masih duduk di bangku sekolah namun sudah bisa mendapat penghasilan miliaran. Dari kerja jadi bartender sampe bisa punya kolega di luar negeri. Kokoro benar-benar pedih membandingkan dengan realita di kehidupan saya.

Tapi emang bener ini anime sangat menghibur. Jokenya sangat fresh dan kelakuan semua karakter pada ga waras. Semoga saya ga bakal ketemu orang macam mereka di real life.

I’m an animator and haven’t paid yet so let me make some meme Award

Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai

BlueHeaven

Bagaimana mungkin mereka merilis sebuah anime tanpa melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu? Mungkin anime ini bisa menjadi jawabannya. Dari episode 1 udah ga waras animasinya. Bukannya menikmati jalan ceritanya malah ngakak liat muka karakter yang absurd. Marchen Madchen emang parah tapi yang ini lebih gokil lagi. Udah sekarang ditunda lagi BDnya. Semoga kualitasnya benar-benar bisa diperbaiki dan jangan sampai anime model ginian bisa rilis lagi di TV. Kasian authornya macem kasusnya Haruto di Imouto Sae Ireba Ii adaptasinya berantakan.

The Important Thing About Netflix Anime Award

Devilman Crybaby

Kaptain

Anime ini nggak bisa tayang di TV (paling nggak TV Jepang). Nggak bisa juga tayang di bioskop tanpa ngebuat distribusinya dibatasin. Apa yang terjadi di anime ini cuma bisa ditayangkan di situs yang regulasi kontennya lowong macam Netflix dan ini ngebuat Masaaki Yuasa bisa mengamuk sesukanya. Memang saya senang seri yang keberadaannya itu memicu EVA dan Berserk bisa lebih dikonsumsi oleh penonton modern, namun saya lebih senang lagi kalau lebih banyak anime Netflix yang bersedia nekat seperti Crybaby, yang sayangnya sejauh ini baru mau bikin scifi thriller saja.

Semoga Tenggorokan Seiyuunya Sehat dan Karirnya Panjang Award

Asobi Asobase

bukan_randy

Jujur saja, kalau saya melihat sebuah anime di mana karakter-karakter utamanya diisi oleh seiyuu-seiyuu tak ternama, saya biasanya akan langsung pasrah dan bersiap untuk menyaksikan karakter-karakternya di-overshadow oleh karakter-karakter selingannya yang diisi oleh seiyuu yang lebih bernama. Kali ini kenyataan berkata terbalik di Asobi Asobase, di mana tiga seiyuu yang relatif baru dan/atau mayoritas perannya adalah karakter background tak bernama unjuk gigi mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk nyampaiin beberapa karakter paling ga nyeleneh di tahun ini. Saking terfokusnya perhatian saya dengan mereka, saya sampai nggak nyadar kalau ada Yuuki Aoi di anime ini.

Saya ingat pernah dengar di acara Blazblue Radio kalau Nakamura Yuuichi bilang dia sampai pernah batuk berdarah di pagi hari karena perannya sebagai Hazama/Terumi di Blazblue yang sering tertawa melengking. Dari sana saya sadar, seandainya Hanako, Olivia, dan Kasumi diperankan oleh seiyuu yang lebih bernama, saya cukup yakin hasilnya kemungkinan tidak akan segila yang kita dapat, karena para seiyuu bernama itu pasti akan memikirkan kesehatan tenggorokan mereka. Oleh karena itu, Kino Hina, Nagae Rika, dan Kohara Konomi, saya mendoakan semoga tenggorokan kalian sehat sentosa dan karir kalian naik setelah ini biar bisa dapat peran yang lebih aman buat masa depan kalian. Amin.

Kaptain

Cuma mau ngingetin aja OVA-nya dah pada nongol.

The Manga That Revitalized My Excitement Award

Kengan Ashura

bukan_randy

Saya legit teriak di kamar saya ketika ngelihat perkembangan cerita chapter beberapa hari sebelum penulisan artikel ini. Saya ga ingat kapan terakhir kali saya pernah begini saat membaca komik. Kengan Ashura berhasil menjadi battle manga di mana saya invested di tiap pertarungan dan mayoritas karakternya (sayangnya kebanyakan juga sampai melebihi karakter utamanya). Saking invested-nya, saya merasa seakan-akan saya sendiri memang menjadi salah satu penonton turnamen Kengan yang diadakan di stadiumnya. Saya ikut berteriak tiap kali penonton bersorak.

Terima kasih kepada Yabako Sandrovich dan Daromeon yang berhasil membawakan battle manga di mana tiap pertarungannya adalah tubrukan maut antara kekuatan, teknik, dan ideologi para petarung. Jujur saya tidak banyak berharap animenya yang akan tayang di Netflix pada 2019 nanti bisa mengejar sebagaimana luar biasa manganya, tapi saya harap namanya bisa lebih banyak didengar, setidaknya sampai ke tingkat Baki.

Kaptain

Seri yang paling rajin saya rekomendasiin kalau ada yang minta rekomendasi manga, bodo amat kriterianya apa. Jam 20:30 itu jam favorit saya di bulan-bulan terakhir 2018 berkat seri ini. Scanlationnya juga berhak dapet Best Typesetting Award.

Maaf Ga Sempat Bikin Review Award

Sora Yori mo Tooi Basho

Kaptain

Seri pembuka tahun 2018. A story about weird, frustrating, and broken people, sekaligus seri edukasional tentang ekspedisi Antartika. Di episode 12 seri ini sudah saya vonis sebagai kandidat seri terbaik untuk tahun ini, dan di akhir tahun ini Yorimoi berhasil memenuhi harapan saya. Kalau kalian cuma punya kesempatan untuk nonton satu seri aja dari 2018, saya sepenuhnya merekomendasikan Yorimoi.

BlueHeaven

Ga bakal kebayang kalau kamu tidak menyebutkan Yorimoi dalam anime award 2018. Ide yang unik, strong in every episode, layak sebagai anime terbaik tahun ini. Mungkin akan banyak yang bermimpi ke Antartika gara-gara nonton anime ini, mungkin.

The Best Compilation of Worst People in Anime Award

Happy Sugar Life

Kaczmarek

Bagaimana jika seorang psikopat, paranoid, pedofil, sadis, masokis, cabul, obsesif, dan gangguan bipolar disatukan dalam satu cerita? Bakal menjadi cerita yang sangat kompleks dalam artian buruk. Cerita dalam anime ini jujur menurut saya tidak terlalu kompleks. Walau muncul plot-plot yang cukup membuat saya terkagum, namun di satu sisi saya masih merasa geli melihat betapa messed up karakter-karakter ini. Kana Hanazawa memang cocok dengan karakter psikopat haha, gak salah memang untuk memerankan Satou. Kudos juga untuk Inoue-san yang memerankan bibinya Satou, para penggemarnya bisa terkejang-kejang denger suara seiyuu legendaris ini (lagi).

Can’t Avoid Crying nor Hide the Tears Award

Maquia

BlueHeaven

Prepare some tissues and let it out, all of your emotion in climax scene. Hanyutlah dalam suasana sendu dan gulana bercampur topping drama dalam dunia fantasi. Tangisan haru pelepasan yang melegakan batin tidak bisa kamu hindari ketika menonton yang satu ini. There’s no other choice but cry.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apakah kalian punya penghargaan tersendiri untuk diberikan ke sebuah seri? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Redrop