[JOI Spotlight] Opening Winter 2019 Edition

January 7, 2019 7:29 pm
[JOI Spotlight] Opening Winter 2019 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama tahun 2019 ini. Maaf agak telat karena di awal tahun ini mayoritas seri lagi libur/nayangin recap dan yang memulai debut pertamanya juga masih sedikit. Oleh karena itulah JOI Spotlight kali ini kuantitasnya lebih sedikit.

El Melloi Case Files 00

What’s This?

Overworked Teacher Extracurricular Activity

Kaptain

Episode pilot. Seri benerannya baru jalan Juli nanti. Saya cukup takut infodump sama eksposisi bakal kebanyakan, cuma untungnya di sini bisa cukup efisien pake screentime. Saya nggak yakin terang-terangan ngelakuin duel di jalan raya itu bakal diliat baik-baik sama asosiasi, tapi ya ini masih tahun 2004.

Egao no Daika 01

What’s this?

Tatsunoko Anniversary Project about Idol? Princess? Upacara negara macem apa sih yang hadirinnya bawa Glowstick?

Kaptain

Saya langsung ngaku aja kalau saya nggak cocok sama seri ini. Di satu sisi ceritanya nampaknya ingin menunjukkan kisah tentang idealisme naif seorang gadis yang harus didera realita sebagai pemimpin, namun di sisi lain si putri yang masih 12 tahun ini diperlakuin dan kelakuannya kayak idol dan bukan kepala negara. Hal ini bikin saya dapet PTSD flashback sama Regalia dulu.

Emang udah ditekanin kalau seri ini punya genre Scifi, tapi gelagat dunianya lebih kayak fantasi. Negara dikuasai anak 12 tahun tapi pemerintahannya tetep lancar dan solid ngedukung si putri soalnya kasihan dia jadi yatim piatu. Nggak ada faksi bangsawan yang mulai bikin konspirasi atau siap-siap kudeta. Udah gitu “duel” mecha episode ini juga stakenya rendah banget karena dasarnya tuh si bodyguard nantang lawannya main video game.

Sekali lagi persepsi buruk saya ini lebih karena nggak cocok sama materinya. It’s harmless. Ada kemungkinan besar juga si bodyguard bakal mati berhubung di episode ini rajin banget ngumpulin death flag. Saya khawatir aja kualitas produksinya bakal turun masuk tengah masa tayangnya berhubung episode pertama ini aja nggak terlalu mengagumkan.

Boogie Pop 01-02

What’s this?

One of the earliest LN in the medium. Back when LN story means unique story and not fantasy sinetron.

Kaptain

Seri misteri yang bagus itu minimal bisa ditonton dua kali. Di mana tontonan kedua itu sensasinya bisa berbeda karena sekarang penontonnya bisa lebih perhatian dengan petunjuk yang disampaikan dan lebih nangkep aksi para pelaku yang motivasinya sudah ketahuan. Boogiepop, terutama episode keduanya, ngelakuin hal ini tiap scene.

This is Bad. Ceritanya lebih banyak telling dibandingkan showing. Yang dilakuin episodenya itu kasih misteri>kasih penjelasan>ulang lagi ke adegan misteri yang dijelasin. Saya nggak terlalu protes sama episode pertama berhubung walaupun ceritanya njelimet karena lompat-lompat kronologi kejadian juga, namun episode ini bisa ngejelasin siapa itu Boogiepop dan apa motivasi dia.

It’s stylish, yes. Tapi ini malah ngehasilin sebuah cerita misteri yang nyebelin banget buat disimak karena ngasih misteri dan jawaban dengan penceritaan yang kesannya nggak punya respek sedikitpun ke penonton. Biar saya nggak nutup impresi kali ini dengan buruk, saya perlu muji the sweet-ass Myth & Roid opening.

Ueno-san wa Bukiyou 01

What’s this?

Tonari no Seki-kun: Sexual Harassment Edition

Kaptain

As in nyuruh minum air seni level of harassment, because science. Ga nyangka sih level gagnya sampe sekasar ini, yang saya anggap sebagai kejutan bagus. Saya emang lebih demen tipe humor kayak gini.

Strike The Blood III 01

Kaczmarek

Ok wanita blonde ini mengenalkan dirinya bernama December. Tetapi di akhir episode pertama Kojou langsung sudden-flashback dan mengenali siapa wanita ini. Lucunya Kojou menyebut wanita ini adalah Avrora. Saya yang tidak membaca light novelnya hingga kemunculan December berharap di episode selanjutnya bisa tercerahkan mengapa Kojou memanggilnya Avrora. Bagi yang belum tau, December ini adalah seorang vampir dan memegang familiar Kojou nomor 10: Dabih-Crystallus.

Sekian JOI Spotlight yang lebih pendek kali ini berhubung kebanyakan seri baru akan mulai beberapa hari kedepan dan minggu depan.

Header: Asanagi