[JOI Spotlight] Swatting Edition

January 13, 2019 6:58 pm
[JOI Spotlight] Swatting Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang kali ini meliput lebih banyak seri pembuka untuk musim dingin 2019 ini. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk minggu ini.

Mob Psycho 100 S2 01

What’s this?

Continuing adventure of a good boy wanting to get swole.

Kaptain

Episode yang keseimbangannya bagus, segmen buat aksi ada, segmen buat nunjukin pertumbuhan Mob sebagai manusia ada. Episode juga ngasih self contained story yang bagus jadi saya cukup nyaranin ngecek episode ini walaupun kalian nggak ngikut serinya. Metode nonton saya bakal sama kayak musim sebelumnya, saya bakal fokus ke episode klimatik yang udah digarap sama kualitas produksi Bones. Dari OP yang sekali lagi masih keren, season kedua ini bakal nyakitin banget buat Mob melihat arc yang bakal diadaptasi.

Dororo 01

What’s this?

Grimdark Astro Boy.

Kaptain

Pengetahuan saya sama seri ini lebih didasari sama adaptasi game PS2 dulu dibandingkan anime atau manga orisinalnya yang dibuat Osamu Tezuka. Ditambah lagi gamenya juga punya ending yang jelas. Toh juga premisnya masih sama, seorang anak seluruh organ dalam dan luarnya dikorbanin ke berbagai setan karena kayaknya pas dia lahir lagi ada sale buat berkah. Jadi si anak yang menolak mati ini sekarang jadi grimdark 16th century Astro Boy dan harus ngambil organnya balik dari para setan.

Hyakkimaru yang di episode ini baru dapet kulitnya balik belum bisa ngomong karena pita suaranya nggak ada dan saat jalan badannya juga kedengaran “rongganya”. Singkatnya lebih ada penekanan kalau badannya dia itu palsu. Demon yang ngebeli badan dia juga cuma ada 12, nggak sampe 48 seperti seri sebelumnya. Saya awalnya ngira ini biar bisa pas satu episode satu organ tubuh, tapi ternyata bakal tayang sebanyak 2 cour. Mappa sebagai studio punya rekor bagus buat seri kayak gini, dan kualitas episode pembuka ini juga cukup bagus, so here’s hoping.

bukan_randy

Sama seperti Kaptain, pengalaman pertama saya dengan Dororo adalah dari game PS2nya judulnya dilokalisasi menjadi Blood Will Tell. Sejauh ini kualitasnya sangat memuaskan dan pacingnya saya rasa cukup pas untuk menjelaskan asal mula Hyakkimaru dan awal pertemuannya dengan Dororo.

Satu hal yang saya agak khawatirkan di sini adalah seiyuu Dororo dan Hyakkimaru yang mana anime ini baru jadi karya kedua yang keduanya pernah kerjakan. Suara Dororo sendiri sejauh ini tidak jelek, tapi penjiwaannya terasa kurang. Hyakkimaru masih belum bicara di episode 1 karena pita suaranya belum kembali.

Tensura 14

BlueHeaven

Saya harus memberikan apresiasi kepada studio yang buat anime ini. Entah kenapa mereka sangat menghargai kematian karakter sehingga memberikan sebuah perpisahan yang manis untuk ditonton. Meskipun Orc Lord adalah musuh yang nyebelin tapi background storynya sangat menyentuh. Shizue juga dapet banyak scene di ending barunya. Well done 8 bit!

SAO: Alicization 13-14

BlueHeaven

Cardinal hug! Yang membuat SAO bisa disukai sampai saat ini (selain Asuna) adalah loong speech yang kagak ngebosenin. Poor Kirito mesti manjat 100 lantai lagi buat ke kamar cewe doang. Opening barunya asik btw.

Tate Yuusha no Nariagari 01

What’s this?

Isekai series but with cool MC who made the journey from zero to hero. Dikhianati dan dicampakan dari istana yang memanggilnya, sang pahlawan perisai, Naofumi memulai perjalanannya dengan menyimpan dendam pada musuh-musuhnya.

BlueHeaven

Cerita isekai memang sedang mainstreamnya saat-saat ini. Tapi kamu ga bakal menemukan suatu hal yang membuat kamu menghindari untuk menonton anime yang satu ini. Boleh dikatakan ini adalah salah satu series isekai terbaik saat ini.

Yang membuat Tate Yuusha sangat istimewa adalah perjuangannya dari nol menuju hero sesungguhnya. Jadi ga kayak isekai lain yang langsung op trus punya harem segudang, Naofumi memulainya dengan start yang sangat buruk. Dicuri perlengkapan dan uangnya, dikhianati, dan dijauhi, Naofumi menjadi karakter anti hero walaupun dia sendiri hero. Saya tidak sabar petualangan shielder yang satu ini untuk mencari exp dan skill baru untuk dipakai saat melawan wave.

Kaczmarek

Sudah cukup lama saya gak mendengar suara Sarah Emi Bridcutt di belantara anime. Kalau gak salah terakhir mendengar suaranya itu di Chaos;Child, hampir 2 tahun yang lalu. Mbak Sarah mendapat peran antagonis disini sebagai Mein Sophia alias Malty Melromarc yang di episode pertama ini menjebak Naofumi sebagai seorang rapist. Naofumi yang dituduh ini harus berjuang sendirian untuk menaikan levelnya setelah dikucilkan oleh Kerajaan Melromarc. Sebagai seorang shielder, ada batasan yang menjadi penghalang dirinya menggunakan senjata terutama pedang. Minimnya teknik dalam bertarung dengan musuh juga menjadi kendala, tapi hal ini tidak menyurutkan motivasinya untuk hidup lebih mandiri di dunia barunya.

Bang Dream Season 2

What’s this?

Band rasa idol adaptasi game yang lengkap dengan 5 band ditambah 1 band baru.

BlueHeaven

Shuwa shuwa! Opening yang bagus untuk saya fans berat Aya. Bang Dream season 2 akhirnya dimulai untuk musim ini setelah sebelumnya sukses menghibur lewat versi chibi yang koplak. Berbeda dengan season pertamanya, kamu akan menemukan banyak perbedaan terutama dari segi animasi. Tiap karakter digambarkan sangat 3D, sebuah hal yang bagus mengingat gamenya juga menggunakan 3D CG.

Bagi fans Bang Dream tentunya untuk menyaksikan aksi Arisa (who is Kasumi?) dan kawan-kawan sangat dinantikan, apalagi dengan adanya kelima band sudah tampil full dengan lagu masing-masing. Namun bagi orang yang belum pernah menyaksikan series ini akan kesulitan mengenail karakter dari 5 band ini. Minus kehadiran Yuri merupakan pukulan telak bagi fans GuriGuri yang telah terlupakan.

Pastel Memories 01

What’s this?

Budaya Otaku mulai punah, dan sekumpulan gadis cantik berusaha mempertahankan dunia otaku dari kepunahan.

BlueHeaven

Konsep dari cerita ini tergolong cukup unik. Apalagi banyak parodi di dalam anime ini. Contohnya saja 1-nen A Gumi no Monster dan beberapa manga lain yang belum mendapat adaptasi anime bisa kamu temukan disini. Sayangnya kualitas animasi cukup parah, ditambah penjelasan karakter dan alur yang terlalu cepat menjadikan anime ini masih jauh dari standar. Untuk openingnya boleh lah kualitas idol Chihaya banget dari Imai Asami.

Rinshi!! Ekoda-chan 01

What’s this?

3 menit anime, 25 menit penjelasan gimana 3 menit itu dibuat.

Kaptain

Ini lebih ke dokumenter pembuatan anime. Bagus buat kalian yang penasaran sama behind-the-scene dari produksi anime berhubung tiap episode bakal ngedatengin veteran industri yang berbeda. Cuma ya kalau kalian nyari slice-of-life dari perempuan 24 tahun yang kerja serabutan di dunia malam mending cek manganya. Ini anime yang bakal saya ikutin terus berhubung saya demen dokumenter kayak gini. Skala produksinya yang kecil ngebuat produksi lebih personal berhubung si sutradara juga nyambi jadi seiyuu juga buat nyukupin casting.

3D Kanojo Real Girl 13

What’s this?

Beta MC with adorable GF and some alpha friends season 2.

BlueHeaven

Dibandingkan dengan season pertamanya, season kedua jauh lebih baik pembawaannya. Alur yang dibawakan cukup enak diikuti ditambah karakter yang makin hidup. Dosa season 1 sepertinya bisa ditebus dengan keberadaan season 2 ini yang awalnya saya acuh saja, tapi sepertinya akan menjadi tontonan saya sampai series ini tamat. Tambahan, endingnya cachy banget serius, calon top 5 ending musim ini.

Watashi ni Tenshi ga Maiorita! 01

What’s this?

Asupan gula untuk para lolicon dari Doga Kobo seperti biasanya.

BlueHeaven

Sugar, sugar, everywhere. Buat kamu yang capek ngampus, kerja, dan sejenisnya, pulang dan nonton anime ini. Dijamin HP kamu langsung recover 100%. Bahkan anime ini bisa mengundang kamu ke penjara kalau kamu tidak hati-hati. Loli yang muncul baru 2, ga kebayang kalau 3 yang lain udah beraksi. Siapin insulin yang banyak dan jangan banyak minum alkohol biar pankreas kamu bisa membantu mengatasi kadar gula dengan baik.

Kakegurui 13

What’s this?

Musim kedua dari adaptasi manga Kakegurui, melanjutkan segala hal yang dialami Jabami Yumeko selama di Hyakkaou Private Academy dengan segala kegilaannya terhadap perjudian.

Kaczmarek

Episode awal ini Yumeko Jabami dan Midari Ikishima harus bermain guillotine, sebuah alat penyiksa yang biasanya digunakan untuk memotong segala benda termasuk kepala seseorang. Lawan mereka adalah Erimi Mushibami, perempuan bertubuh mungil dengan warna kedua mata yang berbeda.

Sebentar, untuk apa mereka berjudi disini? Saya gak mau spoiler, jadi tunggu aja yang untuk episode selanjutnya. Oiya di akhir episode ini, Kirari juga memperkenalkan anggota klan Momobami. Salah satu dari mereka adalah Erimi Mushibami, lawan Yumeko dan Midari di perjudian guillotine ini.

The Promised Neverland 01

What’s this?

Anime kuliner.

Kaptain

Neverland itu adalah seri yang melelahkan untuk ditonton, dan ini merupakan aspek positif untuk sebuah seri thriller. Expect mind game and strategizing, tapi yang paling bikin saya capek nyimaknya (sekali lagi, ini pujian) itu Emma dan anak lain yang tahu dengan situasi mereka sebenarnya dan harus tetap pura-pura jadi anak biasa.

Maaf kalau saya nggak ngeliput anime ini kedepannya, karena Neverland sendiri cukup disiplin soal ngulang plotpoint dan misi yang relevan dengan situasinya jadi nggak banyak komentar tambahan yang bisa saya kasih. Sejauh ini juga animenya bisa nangkep dengan baik ekspresi karakternya, walaupun saya yakin bakal ada yang kurang cocok dengan muka karakter yang kekecilan.

Kemurikusa 01

What’s this?

Balas dendam Tatsuki.

Kaptain

Polanya sama dengan Kemofure dulu, seorang anak dengan amnesia bangun di dunia yang sudah hancur. Lalu dia ketemuan dengan sekelompok gadis dengan kekuatan super masing-masing. Cuma sayang aja pasti ada yang ga suka si karakter amnesia kali ini itu eksplisit laki-laki. Wakaba itu singkatnya versi lebih kepo dari Kaban, dia nggak kebanyakan panik dan lebih sering dialihin perhatiannya sama aspek misterius dunianya.

Di aspek misteri paling nggak penceritaannya cukup melek soal show don’t tell. Udah jelas juga dunianya hancur dan nggak tengah dipulihkan mahkluk seperti Friend. Temperemennya juga lebih keras berhubung cast kita kali ini survivor yang jumlahnya makin sedikit dan bukan binatang yang dapet kemanusiaan.

Go-Toubun no Hanayome 01

What’s this?

Sinetron laki-laki miskin yang mengajari perempuan kembar lima demi harta, tahta, dan wanita

Kaczmarek

Bagi yang sudah membaca manganya mungkin sudah mengetahui bagaimana jalan ceritanya. Namun yang saya khawatirkan adalah seberapa banyak scene yang akan disunat oleh para staf. Sejauh ini, hanya beberapa dialog saja yang dipersingkat dan menurut saya masih cukup baik.

Oiya, hal lain yang saya ingin angkat disini adalah aset mereka. Mohon maaf, menurut saya aset mereka sangat membesar dari yang saya perkirakan. Bagi kalian yang ingin menikmati lebih, saya sarankan untuk menonton dalam resolusi HD. Entah saya senang atau tidak, yang terpenting adalah jalannya cerita nanti hehe. Kudos juga untuk Tezuka Productions untuk episode pertama ini.

Lupa satu hal, Raiha jadi imut banget di anime dibandingkan di manganya.

BlueHeaven

Sebagai seorang penonton yang mengutamakan aspek waifu, anime ini sangat menarik perhatian saya. Overall masih solid sejalur dengan manganya, cuma melihat hanya 12 episode yang digarap saya was-was banyak yang dilewatkan dalam anime ini. By the way, saya di pihak Nino.

Vento Aureo 14

Kaptain

Yah, Kapten Tsubasa ga nongol. Grateful Dead & Beach Boys itu dua stand yang paling saya inget dari arc ini. Berkat kombinasi dua karakter antagonis yang menarik perkembangannya dan lawannya itu Mista. Emang beberapa adegan kepotong, tapi ini perlu biar di episode pembuka ini bisa langsung jelas apa aturan main pertarungannya: Jaga suhu biar tetep dingin dan bunuh kedua musuh secepat mungkin.

Domestic na Kanojo 01

What’s this?

Saya kasih daftar karakter yang nggak bikin saya pengen nendang monitor: Si Ex-Yakuza pemilik bar and that’s it.

Kaptain

Sinetron SCTV musim ini. Saya penasaran gimana caranya banyak janda & duda di anime bisa nikah tanpa si anak bisa tahu. Posisi Rui nggak akan membaik karena dikelilingi orang-orang biadab, dan saya ngaku aja udah kehabisan kesabaran soal hal ini di manganya. Jadi ya demi kesehatan hardware dan mental saya, cuma ini aja episode yang mau saya gubris

Kaczmarek

Saya gak baca manganya. Jadi saya gatau apa yang Kaptain rasakan seperti tulisannya diatas. Sejauh ini saya hanya mencoba baca review dari beberapa user MAL. Kebanyakan mereka satu suara dengan Kaptain, yep sinetron. Setelah mencoba menonton episode pertama hingga habis, ok ehm apakah ini bakal jadi material penikmat hardware? apakah ini akan menjadi Kimi no Iru Machi 2.0? Atau malah Harem Ending? Dari semua itu, bagi saya Tachibana Hina jadi kandidat waifu of the season saya. Semoga saya konsisten.

BlueHeaven

Anime ini ga cocok buat kamu yang masih polos. Bau dosa Kuzu no Honkai tercium melihat keseluruhan episode 1 ini. Opening dan Endingnya masuk top 5 terbaik musim ini.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen 01

What’s this?

2 jenius yang susah jadian gara-gara pengen jadi yang ditembak

BlueHeaven

Ketika 2 main chara kerjanya cuma ngoceh debat, dibutuhkan orang ketiga yakni narator. Tapi narator disini agak ngeselin karena hampir semua scene ada komentarnya. Walau demikian karakterisasi dalam anime ini masih sangatlah kuat (terutama “ara ara ma ma”-nya Kaguya). Episode ini dibagi 3 part seperti anime komedi umumnya. Kalau kamu suka ocehan panjang yang cukup berfaedah anime ini rekomendasi yang cocok buatmu.

Kaczmarek

Recommended bagi kalian yang suka komedi verbal ala ala romcom. Tolong itu narator suaranya keren.

Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue 01

What’s this?

Seekor kucing mengubah dunia seorang novelis

Kiriina

Ini akan menjadi salah satu serial saya favorit di winter 2019. Episode pertama diawali dengan pertemuan Subaru dengan seekor kucing yang berada di pemakaman. Setelah itu, kucing tersebut mengikuti Subaru menuju kediamannya. Anime ini cukup realistis menurut saya, dimana terdapat banyak sekali miss komunikasi antara Subaru dan kucing itu yang mengakibatkan perbedaan tindakan yang dilakukan oleh mereka dan pola pikir kucing disini layaknya kucing pada umumnya. Bagian yang menarik dalam anime ini adalah terdapat dua sudut pandang dari Subaru dan si kucing dimana disini akan menjelaskan apa yang mereka ingin sampaikan. Episode pertama cukup bagus dan saya rasa bagi penyuka Slice of Life direkomendasikan untuk menonton anime ini.

Godzilla: Planet Eater

bukan_randy

Ohh boy. Yang membuat anime Godzilla: Planet of Monster menarik bagi saya adalah keberadaan ras Bilusaludo dan Exif yang basically adalah expy dari ras-ras alien musuh yang ada di seri-seri Godzilla lama, tapi di sini kasusnya adalah mereka bersama dengan umat manusia dikalahkan oleh Godzilla dan harus bekerja sama untuk survive. Sayangnya di movie kedua, City on the Edge of Battle, keseimbangan ini berubah, di mana di akhirnya ras Bilusaludo melakukan tindakan antagonistik dengan mendorong Haruo dan umat manusia untuk meninggalkan kemanusiaannya agar bisa mengalahkan Godzilla. Dari sana saya menebak di movie ketiga ini, gantian ras Exif yang bakalan jadi villain, dan benar saja, dari sangat awal itu langsung terjadi, dan eksekusinya lebih menyebalkan dari yang saya duga.

Setelah setengah jam lebih saya kurang lebih kesal dengan semua alur ceritanya, Ghidorah akhirnya muncul, dan jujur saja, I really love it. Saya sangat suka dengan konsep kalau Ghidorah di sini bukanlah seekor kaiju, tapi lebih seperti cosmic/dimensional horror. Ia bukan sekedar makhluk hidup raksasa, tapi juga sebuah siklus alam semesta yang pasti akan terjadi setelah mencapai titik tertentu (meski rada ga jelas ini kedatangannya sebenernya butuh ritual Exif atau nggak). Konsep yang masih sangat jarang digunakan di anime ini terasa sangat menyegarkan bagi saya.

Tapi sayangnya, kita sampai ke endingnya, dan pesan yang disampaikan di sana terasa sangat hipokrit dan seenak udelnya dibandingkan dengan pesan-pesan lain sebelumnya. Tanpa menaruh banyak spoiler, pesannya lebih terasa seperti “Kalau mau bunuh diri, bunuh diri sendirian aja, jangan ganggu/bunuh orang lain juga.”

So yeah, di trilogi anime movie Godzilla ini, enjoyment yang saya dapatkan makin menurun di tiap episodenya. Sesuatu yang berawal dengan premis menarik berujung jadi debat visi yang maksa dan menyebalkan.

Sekian JOI Spotlight kali ini yang maaf walau kuantitasnya lebih besar masih belum bisa meliput semua seri yang tayang.

Header: MultiTrip