[JOI Spotlight] Dentata Edition

January 20, 2019 7:25 pm
[JOI Spotlight] Dentata Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Di mana seharusnya sekarang semua seri untuk musim ini sudah memulai debutnya. Seperti biasa para staf JOI akan memberikan impresi untuk seri yang tayang minggu ini.

Kotobuki Hikotai 01

What’s this?

Girls und Flugzeug

Kaptain

Berhubung anime ini sadar pre-flight check is a thing, they did their research that’s for sure. Salah satu episode dengan sound design terbaik dari semua seri yang pernah saya simak. Cukup disiplin untuk nunjukin dogfight tanpa diganggu kebanyakan dialog karakter dan sejauh ini merupakan episode pembuka terkuat dari semua seri yang saya tonton musim ini.

Episode pembuka ini lebih ke episode pilot (heh) untuk meyakinkan penonton kalau staf produksinya cukup handal dalam mengerjakan seri semacam ini. Makanya saya bisa nerima karakterisasi para karakter masih minimal, namun sejauh ini saya cukup demen dengan karakter utamanya yang ekspresif.

bukan_randy

Di menit-menit awal, saya kesal melihat karakternya campur aduk ada yang 2D ada yang 3D. Begitu masuk bagian persiapan pre-flight, saya tersenyum, dan senyuman itu ga hilang sampai episodenya selesai. Seperti yang Kaptain bilang, sound designnya sangat bagus, jadi saya sarankan tonton pakai earphone/headphone.

10 menit battle dengan koreografi dan camerawork yang bagus. Anime yang asalnya saya cuma iseng tonton karena staffnya mayoritas staff Shirobako ini tiba-tiba langsung loncat jadi anime terfavorit saya di season ini sejauh ini.

Dororo 02

Kaptain

Saya harap si kakek lebih lama gabung ke grup. Dororo nggak bisa nge-carry anime ini sendirian dan Hyakkimaru juga belum bisa ngomong. Kecuali saya salah kaprah dia dapet syaraf dia di episode ini. Entah apakah di adaptasi kali ini itu “mendapat untung dari penderitaan orang lain” itu jadi lebih dapat fokus dibandingkan konflik kelas adaptasi sebelumnya.

bukan_randy

Urutan cerita Bandai berbeda dan berakhir lebih cepat dibanding yang di game PS2, agak mengejutkan karena sejauh ini udah ngalahin 2 demon dalam 2 episode. Saya pribadi jadi pingin nyoba mainin game PS2nya lagi.

Kemono Friends s2 01

What’s this?

Sorrow.

Kaptain

Saya akan melakukan sesuatu yang kontroversial di impresi kali ini, Saya akan positif dengan episode pembuka ini. Toh juga kritisi buat musim baru ini udah banyak banget bahkan sebelum tayangnya.

Saya lebih menghormati musim baru ini karena staf produksinya sadar musim sebelumnya itu beban yang berat banget untuk dilanjutkan dan memutuskan untuk ngebuat cerita mereka sendiri. Walaupun memang cara mereka buat “ngebuang” Kaban itu brutal banget, paling nggak penonton udah dibilangin langsung kalau Kaban udah nggak ada lagi di ceritanya jadi nggak usah ngarep ketinggian.

Pola pembuka cerita tapi masih sama, petualangan anak dengan amnesia bersama temannya dan dia juga diburu oleh 2 orang yang selangkah dibelakangnya. Bedanya sudah ketahuan dia itu manusia dan dibanding nyari jawaban tentang identitas dirinya, dan sekarang dia harus balik ke sarangnya.

Saya nggak lanjut nonton. Staf kreatif yang ngebangun jiwa sebuah seri itu nggak bisa diganti, dan Kemofure ini cuma ngasih saya rasa kehilangan.

Kemurikusa 02

Kaptain

Di aspek kepribadian, Wakaba itu 70% Serval 30% Kaban, and not cute at all dan saya yakin Kaban aja bakal menang kalau berantem sama dia. Ini yang paling ngeberatin seri ini walaupun saya suka ide dibalik perannya, seseorang yang lemah banget tapi luar biasa optimistis. Dia masih nyebelin tapi kepribadian dia itu penting biar bisa ada friksi sama Rin yang lebih paranoid & pesimistis sama segala hal.

Vento Aureo 15

Kaptain

Grateful Dead lebih brutal di adaptasi ini gara-gara lebih nunjukin efek Stand pada warga sipil. Beach Boys juga masih sama bikin ngilu berhubung cara ngebunuhnya invasif banget. Cuma Jojo seri yang bisa ngebikin mecahin gelas es spektakuler.

Mista selamat itu bukan karena ada intervensi Stand, tapi dia perlu ditembak 4 kali biar mati.

Go-Toubun no Hanayome 02

Kaczmarek

1 episode animenya kembali menutup 2 chapter manganya. Kalau tidak disunat, maka endingnya nanti bakal ditutup di chapter 24? Nah, saya berekspektasi bakal diperpendek di beberapa chapter dan menutup episode terakhirnya dengan deklarasi perang.

Episode ke-2 ini dikhususkan untuk Miku dengan segala kelawasannya. Seleranya juga sudah diutarakan secara terang-terangan, Miku menyukai laki-laki tua. Hal ini tidak terlepas dari hobinya yang suka membaca buku-buku tentang zaman Sengoku. Miku mengagumi sosok-sosok daimyo yang secara umur sudah memasuki usia tua. Di episode ini juga menjadi bendera pertama yang dikibarkan oleh heroine dan akan memasuki heroine lain untuk episode selanjutnya.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zonousen 02

Kaczmarek

Pelajaran berharga bagi para wanita yang ingin mengajak pria pujaannya ke pantai, kalian harus liat dahulu siapa saja yang akan diajak. Saya dukung mereka untuk pergi ke pegunungan, karena kehangatan sangat dibutuhkan disana. Sehingga bakal ada win-win situation yang lebih ehm memuaskan.

Best scene,

*bletak*

“Please go out with me”

BlueHeaven

Demen banget pas debat ributin “yama versus umi”. Disini Kaguya pake argumen semua pake kekayaannya, si shirogane ga berkutik. Hayasaka cuma numpang cameo tapi banyak muncul di ending. Masih menunggu ini bendahara osisnya belum nongol-nongol.

Tate no Yuusha no Nariagari 02

Kaczmarek

Di episode ke-2 ini, Naofumi akhirnya meresmikan Rapthalia sebagai slave miliknya. Setelah mengetahui bahwa setiap monster yang mereka bunuh bisa menaikan EXP Rapthalia, akhirnya mereka grinding hingga naik level. Masa lalu Raphtalia juga dibahas dan bagaimana kedua orang tuanya meninggal.

BlueHeaven

Episode khusus untuk menunjukan betapa imutnya Raphtalia loli walau cuma sebentar. Disini juga dijelasin demi human itu mendewakan pahlawan perisai. Raphtalia bakal berkembang lebih dewasa lagi nantinya.

Eromanga-sensei OVA

What’s this?

2 episode tambahan, salah satunya episode perayaan Yamada-elf yang mendapat adaptasi anime dari light novelnya.

BlueHeaven

2 OVA tersebut meliputi bagian pertama adalah khusus membahas Yamada Elf, yang kedua adalah plot ketika Masamune sakit dan dirawat Sagiri. Episode yang kedua plain dan plotnya mudah ditebak, sementara yang satu bisa dikatakan calon OVA terbaik tahun ini, jadi saya akan titik beratkan pada yang episode Yamada Elf.

Saya dibuat takjub karena OVA pertama ini sukses membuat penonton ingat kembali plot eromanga yang sudah lama ditonton. Disamping itu pandangan persektif yang disajikan luar biasa. Hal yang paling bisa membuat saya takjub adalah bagian speech Yamada. Ga pernah kepikiran pidato bisa diubah jadi panggung theater dan semua darisegi musik full orchestra dan back dancer sudah siap. Suara Emily juga lumayan untuk didengar ditambah 3 dress yang berbeda yang dipakainya. Benar-benar menunjukan bahwa Elf harusnya yang memiliki Masamune. Suara dari para hadirin juga cukup aktif mewarnai OVA pertama ini.

Endingnya pun disajikan cukup unik. Dengan tampilan sosial media dari akun Yamada Elf, credit yang ditampilkan cukup kekinian. Apalagi ada foto boomerang yang membuat suasana sosmednya tambah hidup. Benar-benar hal yang luar biasa untuk sebuah OVA. Jadi kapan saya bisa lihat Bakuen no Dark Elf-nya Yamada Elf diangkat jadi light novel atau anime beneran?

Wataten 02

BlueHeaven

Episode ini fokus ke pengenalan karakter Noa. Keberadaan Noa menambah dosis gula mingguan. Pembawaan karakter Hina juga lebih hidup. Namun saya khawatir anime bisa membosankan apabila sudah mencapai pertengahan karena belum ada tanda-tanda plot mau dibawa kemana. Alangka lebih baik setting tempat ditambah di sekolah Hina dan kawan-kawan.

Boogipop wa Warawanai 03

BlueHeaven

Ok episode 3 ini benar-benar membayar jerih lelah saya yang ngantuk nonton episode 1 dan 2. Benar-benar klimaks yang bagus untuk arc Echoes dan Manticore. Episode ini juga memperjelas semua hal yang membingungkan di episode sebelumnya. Untungnya Kiriima Nagi masih hidup sehingga alasan saya nonton tidak hilang setelah banyak karakter sudah mati di 3 episode pertama.

Kantai Collection

Kaczmarek

Gila node C sama ZZ di E-3-nya bikin emosi ngelunjak. Pertama kalinya node submarine bikin stress. Setelah 40-an sortie selama 4 hari + serangan DDOS yang akhir-akhir ini marak di server Rabaul dan lainnya, akhirnya saya menyelesaikan event ini. Gue ngambil diff Hard-Hard-Medium. Ini jadi pencapaian pertama gue bisa nyelesain event di diff medium. Good luck buat kalian yang masih farming Johnston. Gue? Bodo amat deh slot terakhir udah keisi Nisshin.

Girls Frontline

Kaptain

Sudah siap dengan Arctic Warfare dua hari lagi? Saya sih optimis ngelawan bossnya bisa lancar berhubung tim MG, NTW, sama IWS udah hampir siap, cuma untuk mapnya yakin saya bakal capek banget mainnya. Untung aja ada sebulan buat mainin dan Mobage lain yang saya mainin juga lagi sepi atau lagi di-rerun.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Seperti yang ditebak pembaca minggu lalu, emang lagi nggak banyak update karena lagi musim rerun berhubung combo Merlin/Musashi/Hassan itu dijamin bikin tekor banyak orang. Cukup menarik aja mulai deket Epic of Remnant petunjuk kayak di atas mulai muncul. Pas event Musashi kemarin emang ada petunjuk, tapi si Orion blatant banget ngasih petunjuknya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Dari semua seri yang sudah tayang apa saja yang kalian ingin lanjut untuk musim ini?

Header: Mechabuhi11