[JOI Spotlight] Hot Curry Edition

January 27, 2019 6:25 pm
[JOI Spotlight] Hot Curry Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Januari ini. Seperti biasa staf JOI akan menyampaikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang minggu ini.

Kotobuki Hikotai 02

Kaptain

Setting dunia seri ini itu sphagetti western dimana para koboi dan bandit jadi pilot, which is neat.

Bahan sama amunisi pesawat agaknya sama dengan dunia Garupan. Badan pesawat itu cukup kuat buat bikin mendarat darurat lebih aman, dan kerusakan tembakan mayoritas cuma bikin stall doang. Saya masih sabar aja berhubung ini masih di sesi “tutorial” dan udah berkali-kali diomongin kalau Kotobuki tuh ace squadron.

bukan_randy

Saya kira model karakter para tokoh utama itu fix bakalan 3D terus dan yg 2D itu minor character, lalu tiba-tiba di episode ini para tokoh utama sempat berubah jadi 2D. Saya jadi bingung ini pilihan artstyle, cost-saving method, atau “mumpung dah dibikin 3D model buat mobagenya, pakai aja buat animenya.”

Meski saya tahu stafnya adalah staf-staf Shirobako, saya baru sadar kalau studionya adalah studio yang membuat anime Berserk 2016. Ternyata perbedaan hasil yang bisa dicapai sutradara yang berbeda itu sejauh ini.

Dororo 03

Kaptain

Transisi flashbacknya itu rasanya aneh soalnya ada eksposisi yang agaknya nggak sengaja tabrakan karena masalah editing. Informasi macam Hyakki bisa baca aura, misinya ngeburu setan ,dan statusnya sebagai mantan tumbal itu Bandai dan Dororo udah tahu, cuma soal detil pertumbuhannya dengan badan palsu itu agaknya cuma ditujukan buat penonton.

Jujur yang di atas itu emang nitpick, latar belakangnya Jukai presentasi dan eksekusinya bagus walaupun ini ngulang informasi yang udah jelas. Dari informasi flashback ini berarti sekarang dia udah ngebunuh 3 setan.

Kemurikusa 03

Kaptain

Entah karena mungkin saya udah lebih kebiasa, Wakaba udah nggak terlalu nyebelin walaupun saya udah mulai males sama Rin yang blushing mulu. Mahkluk seperti Rin udah diungkap kalau berkembang biak secara mitosis dan cuma butuh air aja buat idup, sementara Wakaba sendiri ternyata bisa makan Kemurikusa, walaupun efeknya belum jelas.

Awalnya sih saya mikir kenapa ada roket di pusat populasi, cuma ngeliat merry-go-round dideketnya agaknya itu cuma atraksi doang.

Promised Neverland 03

Kaptain

Kayaknya saya punya komplain sejenis pas bikin impresi Princess Principal dulu, tapi karakter di adaptasi ini itu ngomong keras-keras mulu soal rencana mereka. Seiyuu ya mubazir kalau disuruh bisik-bisik melulu dan kebanyakan monolog internal buat mewakilkan panel eksposisi manganya ya nggak bagus, jadi ya saya nrimo aja keterbatasan medium ini.

Krone nggak seserem manganya, wajahnya tapi ya jadi kelihatan lebih licik aja. Kayaknya boneka di kamarnya itu orisinal buat anime ini, sekali lagi efek dari ngebikin karakter ngomong lantang soal rencana mereka ngebuatnya jadi kurang stabil mentalnya.

Go Toubun no Hanayome 03

Kaczmarek

Ada apa dengan scene inii? Hahahaha. Akhirnya ada yang bisa bener-bener dikritisi selain dari ceritanya. Dalam episode ini, Nino sikapnya tendensius kepada Fuutarou. Seperti di manganya, disini adalah awal mula arc Nino dimulai. Semoga untuk episode selanjutnya kualitasnya bisa diperbaiki entah itu dari animasinya atau aspek lainnya.

BlueHeaven

Nino itu best girl. You can’t change my mind. Semoga anime ini awet sampai Nino benar-benar suka sama Fuutarou.

Vento Aureo 16

Kaptain

Bagian Pesci masuk kura-kura dilewatin, yang jujur aja di manganya itu rada ngerusak pace jadi saya masih nerima. Namun ini masih jadi salah satu pertarungan favorit saya di seri ini, berhubung kedua antagonis kita ini bisa dapet character arc yang bagus dan tentu aja Bruno dan Mista punya peran besar.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zonousen 03

Kaczmarek

Kaguya ternyata masih polos karena gangerti soal begituan. Highlight dari episode ini adalah endingnya. Bener-bener ngalahin cerita di main storynya.

BlueHeaven

Fujiwara dance! Dan kabarnya ini bukan 3D tapi 2D. Jadi mereka menggunakan teknik rotoscoping. Mulus banget gerakannya. Semoga budget cukup sampai anime ini tamat.

Domestic na Kanojo 02-03

Kaczmarek

Cuckold. Jadi Sensei ternyata berselingkuh dengan laki-laki yang sudah memiliki istri. Berkat scouting yang baik dari Fumiya, Natsuo jadi tahu keadaan Sensei sebenernya. Berniat numpang nginep di rumah Fumiya, Rui malah ikutan setelah cekcok juga dengan Sensei. Pulang kerumah, hampir aja ortunya mau cerai karena salah paham. Sensei nangis mungkin karena merasa bersalah. Tapi, bagaimana hubungan Sensei dengan laki-laki lain itu di episode selanjutya? Jangan lupa saksikan Domecuckold episode 04 minggu depan! Hanya di ……. TV!

Tensura 16

BlueHeaven

Yeah akhirnya karakter yang ditunggu-tunggu keluar juga. Baru muncul sudah bikin heboh. Milim bener-bener makyus terutama bagian bempernya heheheh…

Kaczmarek

Spakbornya Milim kekurangan bahan kayaknya. Entah berapa karakter airhead lagi yang harus ditambah di anime ini.

Tate Yuusha 03

BlueHeaven

Sejauh ini masih belum ada plot twist berarti. Memang episode ini ngebahas wave pertama tapi kayaknya ada yang kurang. Ya, pembahasan skill tameng dari Naofumi masih kurang, hanya ditampilkan sekilas saja. Jadinya pas battle masih kurang greget. Mungkin bakal greget di episode 4 dimana Raphtalia terlihat diikat dan Naofumi bakal melawan Motoyasu.

Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue 02-03

Kiriina

Lupa nonton minggu kemarin dan akhirnya baru bisa nonton haru Sabtu ini. Miskomunikasi masih menjadi andalan di anime ini. Di episode kedua berisi fokus tentang pemberian nama. Ah iya, episode ini juga Subaru memberanikan diri untuk keluar rumah dan bertemu mbak mbak cantik penjaga toko makanan hewan.

Episode ketiga hubungan antara Subaru dan Haru kian dekat, ada scene dimana Subaru pertama kali mengelus Haru dan itu mengingatkan saya pada kucing tercinta yang telah tiada. Selain itu lagu ending dari tante Nanjo Yoshino juga memberi saya motivasi lebih untuk menontonnya.

Girls Frontline

Kaptain

Arctic Warfare. Echelon cukup kuat buat nembus Full Power Jupiter di chapter 1 & 2, cuma buat 3 bakal butuh penyesuaian dulu biar ga harus pake suicide charge. Rencana awal buat pake NTW sama IWS buat nge-nuke Architect gagal (atau masih unreliable) tapi untungnya pake buffed up G11 atau AR Team masih efektif.

Masih belum mainin ranking map, nunggu grind amplop kelar dan AUG turun. Yang jelas saya gak mau lagi mainin chapter 3, boros banget repair sama resource.

Fate Grand Order JP

BlueHeaven

Akhirnya saya kembali bermain FGO setelah hiatus sekian lama. Baitnya jelas, Miyu yang sudah saya tunggu-tunggu. Alhasil, gacha pertama 30 saint quartz berhasil menjaring Ilya kemudian diikuti Miyu di giliran gacha selanjutnya. Terima kasih DW atas hadiah selamat datangnya!

Kantai Collection

Kaczmarek

Saya males nembus 5-4 dan 5-5. Jadinya ya baru kekumpul segitu kacangnya. Kenapa males? 4-5 aja masih ngadet dari abis event. Istri tersayang, Suzuya taiha secara rutin sebelum node CL demon. Demi Ginga yang unobtainable bagi para pemain baru, pastikan kalian exercises tiap hari. Event Setsubun ini bakal kelar tanggal 8 Februari. Mumpung Tanaka lagi baik, segera dapatkan kacang-kacang itu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sebagai penutup tentunya ending yang lagi trending di bawah ditampilkan. Berhubung kebanyakan seri sudah menayangkan episode ketiganya, apa saja daftar tontonan kalian musim ini?

Header: a_in_k