Pengerjaan ‘Metroid Prime 4’ Diulang Kembali di Retro Studios

January 28, 2019 1:29 pm
Pengerjaan ‘Metroid Prime 4’ Diulang Kembali di Retro Studios

Setelah lama tidak ada kabar, Nintendo tiba-tiba merilis video yang mengungkapkan informasi seputar pengerjaan “Metroid Prime 4.” Dalam videonya, Shinya Takahashi dari Nintendo mengatakan bahwa pengerjaan untuk game ini harus dibuat dari nol lagi karena perubahan studio yang mengerjakannya.

Ketika pertama kali dalam E3 2017, Nintendo mengatakan bahwa yang mengerjakan Metroid Prime 4 adalah sebuah tim di Jepang. Dalam video ini, Takahashi menjelaskan bahwa proses pengerjaan saat ini tidak berhasil mencapai standar yang mereka inginkan. Karena itu, mereka mengulas kembali proses pengerjaan dan merubahnya. Kini mereka memutuskan agar produser Kensuke Tanabe berkolaborasi dengan Retro Studios, studio dibalik seri Metroid Prime sejauh ini. Tentunya keputusan berat ini menyebabkan game-nya dibuat dari nol lagi dan jadwal rilisnya akan bergeser mundur.

Namun karena pengunduran ini, terungkap informasi menarik seputar pengerjaan game-nya. Imran Khan yang merupakan senior editor di Game Informer mengatakan berbagai hal mengenai pengerjaan Metroid Prime 4 dan Metroid Prime Trilogy untuk Nintendo Switch. Tentunya perkataan ini belum dikonfirmasikan.

“Huh, mungkin ini menjelaskan kenapa Metroid Prime Trilogy menghilang,” ujar Khan di Twitter ketika mendengar informasi perubahan ini. Dia melanjutkan, “Game-nya sudah lama selesai. Pengumuman awal harusnya terjadi bulan lalu [Desember].”

Mengenai kenapa belum ada info soal Metroid Prime Trilogy, Khan menjelaskan, “Nintendo sering menunggu waktu lama untuk game yang sudah selesai hingga mereka ingin melakukan pemasaran. New Super Mario Bros. U Deluxe sudah ada di server eShop sejak 1 tahun yang lalu.”

Mengenai Metroid Prime 4, Khan berkomentar, “Retro mengerjakan Metroid Prime 4 itu cukup menarik. Sudah tidak banyak staff lama yang mengerjakan Metroid Prime yang masih ada di sana, jadi hanya ada di nama saja. Ini adalah langkah relasi publik yang bagus, tetapi saya penasaran apa yang terjadi dengan developer lama (yang merupakan Bandai Namco Studios) untuk tiba-tiba berubah ini.” Dia melanjutkan, “Hal yang saya terakhir dengar mengenai game ini adalah sekitar September ketika orang-orang di sekitar saya mengatakan bahwa pengerjaan berjalan lancar. [president dan COO Nintendo of America] Reggie [Fils-Aime] bahkan sempat mengatakan hal yang sama di bulan Desember, yang jelas kekacauan terjadi bulan itu.”

Menurut Khan, Metroid Prime 4 dikerjakan oleh “tim tambalan di berbagai negeri. Mungkin ada bagian yang pengerjaan lancar, tetapi ada juga yang tidak.”

Setelah itu, dia melanjutkan lagi, “Saya mendengar bahwa masalah besar dalam pengerjaan Metroid Prime 4 adalah proses pengerjaan ad-hoc eksperimental Nintendo, game-nya dibuat dalam beberapa bagian di berbagai negara. Beberapa studio pengerjaannya lancar, tetapi juga ada yang kacau di tempat yang lain. Pemikiran tim internal adalah semuanya harus di bawah 1 atap agar berjalan lancar. Yang menarik, Retro membuat proposal untuk keterlibatan mereka dan membuat demo yang disukai Nintendo.”

Dalam ResetEra, Khan mengatakan, “Ada Metroid lainnya selain Metroid Prime 4 yang tengah dikerjakan dan saya rasa pengunduran Metroid Prime 4 hanya untuk mengatur jadwal mereka.”

Metroid Prime 4 akan rilis untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu