[JOI Music] Oishi Masayoshi

January 29, 2019 7:31 pm
[JOI Music] Oishi Masayoshi

Ketemu lagi di rubrik JOI Music dimana edisi kali ini mengudara di hari Selasa. Kemarin udah band jadi sekarang gantian penyanyi solo. Edisi ini saya ingin bahas seorang penyanyi, gitaris, dan penulis lagu yang cukup terkenal dan ia juga merupakan “veteran” di dunia musik Jepang.

Siapa itu Oishi Masayoshi?

Oishi Masayoshi, musisi kelahiran Uwajima, Ehime pada 5 Januari 1980. Ia memulai debutnya sebagai musisi pada tahun 2001 dengan menjadi seorang vokalis band bernama Sound Schedule. Bersama dua member lainnya yaitu Kawahara Yoji dan Hiroshi Oki, Oishi mulai merintis karir dari band ini dengan meluncurkan single pertama mereka pada 19 September 2001. 5 Tahun bersama hingga akhirnya Sound Schedule membubarkan diri pada 9 Oktober 2006 dan menggelar konser terakhir mereka di Kobe.

Karir Oishi Masayoshi terus berlanjut, ia memutuskan untuk solo karir setelah pembubaran Sound Schedule dan bergabung dengan label Columbia Artists Management di tahun 2007. Pada 25 Juni 2008 Oishi berhasil merilis single perdananya dengan judul “Honoka Terasu“. Hanya berselang 3 bulan, Oishi langsung merilis single kedua dan pada bulan November ia meluncurkan album perdana dengan judul “Ano Machi Kono Machi“. Di 2011 ia berpindah dari label dari Columbia Artist ke Pony Canyon Artist.

Oishi Masayoshi dengan Tom Hack 

Hampir seluruh lagunya digunakan untuk mengisi opening atau ending di acara televisi. Kemudian pada 2013, ia memulai debutnya di dunia anime dengan berkolaborasi bersama Tom Hack. Mereka mengisi opening dari anime Diamond no Ace dengan lagu “Go EXCEED!!“. Lalu pada 2015 Oishi dan Tom membentuk sebuah grup musik bernama OxT yang kita kenal sampai sekarang. Sebelumnya di 2014 ia meluncurkan namanya sebagai “Oishi Masayoshi” yang ditulis dengan huruf katakana yang dikhususkan untuk mengisi konten pada anime atau game.

Tak hanya bernyanyi, Oishi Masayoshi juga kerap menulis lirik dan menggubah lagu untuk para artis lainnya. Nama nama seperti Maaya Uchida, Ayaka Ohashi, Ami Wajima hingga TRUE pernah mencicipi karya dari Oishi Masayoshi. Lagu ciptaanya yang paling terkenal ketika ia menulis dan menggubah lagu untuk opening anime Kemono Friends yaitu “Youkoso Japari Park e”. Dimana lagu itu sangat populer sekali ketika anime nya tayang. Pada Kemono Friends 2 pun, Oishi Masayoshi masih diberi kepercayaan untuk mengerjakan lagu opening dan ending.

Oishi Masayoshi bersama mantan saya Ayaka Ohashi

Oishi Masayoshi sudah berkelana hampir di seluruh Jepang. Dari dulu ia pernah tampil di Jalanan bersama Sound Schedule hingga sekarang sukses tampil di berbagai konser besar seperti Animelo Summer menjadi pencapaian Oishi Masayoshi hingga saat ini. Baru-baru ini, Oishi menerima penghargaan sebagai Best Solo Artist dalam ajang AniUta 2018.

Lagu lagu apa saja yang direkomendasikan

Sejauh ini bersama Sound Schedule, Oishi Masayoshi telah merilis 8 single dan 7 album. Tak lupa dengan OxT telah merilis 9 single dan 1 album. Sementara untuk karir solo nya terdapat 10 single dan 7 album yang telah dirilis oleh Oishi Masayoshi. Jadi, cukup banyak pilihan untuk merekomendasikannya kepada kalian. 5 lagu ini adalah lagu terbaik dari Oishi menurut saya pribadi.

1. Kimi Janakya Dame Mitai

2. UNION

3. Clattanoia

4. GO CRY GO

5. BLOOM OF YOUTH

Penutup

Oishi Masayoshi telah membuat begitu banyak karya dengan kemampuannya sebagai musisi. Bakatnya sangat lengkap dan dapat dinikmati orang lain, bukan hanya dirinya sendiri. Di usianya yang hampir menginjak kepala 4, Oishi tetap aktif seperti biasanya dan hasil karyanya selalu ditunggu oleh para penggemarnya. Semoga kedepannya ia akan terus menghasilkan karya-karya terbaiknya.

Bagi kalian yang ingin mengetahui kegiatannya, bisa kunjungi akun Twitter resmi Oishi. Sekian rubrik JOI Music kali ini dan request dibuka untuk edisi berikutnya, silahkan bisa ditulis pada kolom komentar. Sampai jumpa pada edisi selanjutnya.