[JOI Spotlight] Give It to Ya Edition

February 3, 2019 6:16 pm
[JOI Spotlight] Give It to Ya Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Februari ini. Seperti biasa para staf JOI akan menghadirkan berbagai impresi untuk seri yang sudah hadir minggu ini.

Kotobuki Hikotai 03

Kaptain

Two parter pertama. Akhirnya tim kalah untuk pertama kalinya. Paling nggak squadron musuh punya kepribadian dan bukan random grunt lagi (malah cukup sopan ninggalin “bayaran”), jadi konflik kedepannya bisa lebih menarik.

Untuk soal penggambaran karakter yang masih nggak konsisten, agaknya 2D digunakan kalau karakter harus berinteraksi sama objek 2D atau kalau nggak pake baju default. Jadi expect adegan fanservice ke depannya pake 2D.

bukan_randy

Ga nyangka para MC udah nyantap kekalahan secepat ini, ataupun ada two-parter di episode 3. Pacing dialog dan ceritanya terasa cukup cepat. Agak terasa ini dilakukan untuk menyempatkan scene-scene action sebanyak mungkin sih, jadi saya ga begitu ngeluh.

Dororo 04

Kaptain

Ini arc yang paling saya inget dari gamenya, cuma saya masih penasaran apakah si adik bakal nongol lagi berhubung di situ dia jadi salah satu demon buruan, tapi berhubung kuantitas demon adaptasi ini itu lebih dikit kayaknya ya nggak. Rada kecewa aja sih pedang terkutuk di episode ini itu udah nggak beres dari awal dan bukan pedang biasa yang jadi terkutuk karena kejahatan yang dilakukannya. Hasilnya jadi lebih banyak penekanan dia orang yang apes dikutuk sama pedang dan bukan veteran perang yang terlalu lama tenggelam oleh kebrutalan.

Begitu juga dengan Dororo yang di sini relatif bisa nahan pedangnya dan nggak dapet pelajaran soal keamanan senjata, terutama kalau udah jelas banget tuh pedang dikutuk. Hyakki meanwhile dapet telinga dan suara pertama yang dia dengar itu tangisan, that sure sucks for him.

bukan_randy

Arc bagian sini saya cuma ingat bagian Dororo sempat megang pedangnya, tapi saya lupa total dengan pemilik aslinya. Menarik juga karakter yang kerasukan pedang terkutuk masih bisa sedikit peduli dengan adiknya.

Kakegurui 14-16

Kaczmarek

Setelah mengalahkan Erimi, Yumeko diundang untuk berjudi dengan Miyo Inbami dan Miri Inbami. Out of nowhere, Yumeko terkena racun saat permainan berjalan. Hal ini mengharuskan Mary dan Suzui harus memenangkan permainan melawan kedua Inbami tersebut. Kemenangan 2 kali entah itu Suzui atau Mary akan dihadiahi dengan obat penawar. Obat penawar ini sendiri juga menjadi objek taruhan di meja permainan. Kemenangan didapatkan Mary dan Suzui dan Yumeko dapat diselamatkan dari efek racun.

Kemurikusa 04

Kaptain

Peningkatan berarti melihat Wakaba udah lebih berguna karena relatif bisa pake Kemurikusa. Dari after credits ada petunjuk kalau Bug itu dikendaliin sesuatu dan salah satu Kemurikusa yang dipegang Wakaba itu semacam admin access.

Promised Neverland 04

Kaptain

Masih nggak seneng dengan Krone versi anime. Saya mulai ngerasa anime ini punya masalah yang sama dengan Golden Kamui, anime yang banyak di-carry sama sumber materi yang kuat banget. Granted, Neverland jauh lebih mendingan karena tone cerita yang lebih stabil (thriller) dan lebih enak diadaptasi secara keseluruhan karena ada titik berhenti yang pas di ceritanya.

Biar saya nggak terlalu negatif (lagi), momen penutup episode kali ini itu titik di mana saya bener-bener sreg sama seri ini. Norman itu “Sasuke” seri ini, cuma karakternya itu kebantu banget sama posisinya sebagai pemikir pragmatis di antara trio kita, bukan edgy pessimist yang marajalela banget jadi rival di cerita shounen.

Vento Aureo 17

Kaptain

Saya inget arc kali ini itu punya masalah sama dengan “Jotaro ga bisa denger ledakan Kira di jalan sebelah” part sebelumnya, tapi ya Narancia emang dari dulu bego. Makanya sekarang dinding tempat Giorno itu dibuat lebih tinggi biar lebih masuk akal dikit.

Untuk konflik kali ini, well. It’s Giorno. Gold Experience does whatever it wants. Baby Face sendiri masuk ke kategori creepy stand for creepy people kayak Allesi dulu, cuma penasaran aja berhubung Stand ini kebetulan banget bisa dapet “induk” yang pas buat ngelakuin pembunuhan, gimana hasilnya kalau induk yang didapet itu sopan banget kayak Holly. Apa nantinya bakal minta dengan sopan Trish dari Buciaratti?

Mob Psycho 04

Kaptain

Here we go, Keiji Mogami. Seperti yang dia bilang, emosi negatif itu jauh lebih gampang dikumpulin dan “dinikmati”. Makanya skill OP dia kayak 100% Gratitude itu susah banget diaktifin dan teman-temannya berusaha biar Mob nggak nyampe 100% emosi parah macem “Bloodlust” karena hal ini bakal ngerusak dia sebagai manusia. Sekarang Mob ada di dunia tanpa kekuatannya dan Mogami bakal berdedikasi untuk ngelakuin hal terlarang itu. So buckle up, it’s going to get worse for Mob.

BlueHeaven

Yeah, Reigen Arataka strikes back! Akhirnya bisa lihat banyak aksi dan skill dari Reigen. Mulai dari kemampuan janken yang tak terkalahkan, analisis komunikasi yang cerdik, dan tendangan fisik yang membuat alam roh bergetar. Also, dat fabolous style ketika Reigen dibanting. Very nice job!

Toaru Majutsu no Index III 17

Kaczmarek

Bukankah ini menjadi sebuah pertanyaan? Hamazura sudah resmi menyandang sebagai seorang pria namun Touma dan Accelerator belum juga mecahin telor mereka. Tapi saya sendiri juga gamau sih ngeliat Last Order sama Accelerator begituan. Kalo Touma? Bodo amat. Hidupnya udah ribet dan untungnya romance hanya jadi bumbu saja.

Tate no Yuusha no Nariagari 04

BlueHeaven

Finally a good battle to watch. Disini saya bisa lihat bagaimana Naofumi memperlihatkan kecerdikannya dalam mengolah skill perisainya ditambah combo dengan monster yang selalu dia bawa. Dan sekali lagi Mein menunjukan peran pentingnya dalam menjadi karakter paling rese yang patut dibenci. Ending scenenya mengharukan dimana Naofumi udah ilang rasa percaya terhadap semua orang dan Raphtalia selalu setia kepada panutannya. Minggu depan giliran Firo muncul, dari previewnya sampai ke balapan. Ga kerasa cepet banget ini anime progressnya.

Mahou Shoujo Tokushushen Asuka 04

BlueHeaven

Perlahan-lahan anime ini menunjukan sisi kelamnya. Memang bisa diprediksi dengan jelas nasib orang-orang yang dekat dengan Asuka tapi tetap saja sensasi thriller dari anime ini masih berasa. Adegan penyiksaannya lumayan tapi kurang greget kalau pakai air mah. Disini juga dijelasin tujuan utama antagonis dalam memancing mahou shoujo untuk keluar. Duet Rapture dan War Nurse cukup baik dalam episode ini.

Kaguya-sama wa Kokurasetai 04

BlueHeaven

IQ 3 bisa gini? Serius Chika terlalu OP. Dari dulu saya curiga, ga mungkin IQ 3 bisa jadi sekretaris OSIS SMA elit macem gini. Udah jago dance, rap, acting bisa fasih bahasa perancis pula. Ishigami-sama belum muncul-muncul juga dan Hayasaka masih konsisten tampil setiap episode.

Resident Evil 2 Remake

bukan_randy

Whoa. Saya nggak main RE2 yang di PS1, tapi saya main dan suka RE4 dan Evil Within 1&2, but this is a whole different level. Horornya sangat terasa dengan zombie yang sulit dibunuh, inventory management, dan peluru yang sedikit (kalau dimainin dengan playstyle RE4 & EW1&2). Saya sempat cukup kewalahan sebelum tahu trik untuk membunuh zombie adalah menembak kakinya hingga putus lalu pisoin sampai mati. Itu jauh lebih hemat daripada nge-headshot zombie karena bisa makan empat sampai lusinan peluru buat bunuh satu zombie.

Sudah tamat Leon playthrough. Mau lanjut Claire 2nd run, tapi saya masih belum namatin Ace Combat 7 dan lagi banyak kerjaan, belum lagi bentar lagi God Eater 3 keluar…

Ace Combat 7

bukan_randy

Saya main di Steam, dan untuk saat ini versi Steamnya ada masalah untuk ngebaca Hotas dan DS4 karena hanya bisa baca gamepad dengan input XBox controller (masih bisa pakai DS4 kalau pakai DS4Windows). Di luar itu portnya sangat lancar.

Kurang lebih main setengah jalan + grinding buat unlock pesawat-pesawatnya. Grinding lebih mudah dengan main multiplayer, tapi tentunya harus siap-siap buat ngejar gerakan-gerakan yang lebih sulit dibanding pas main single player. Masih ngarep nanti bakalan ada update multiplayer co-op karena sejauh ini isinya pvp doang.

Agak kurang tertarik dengan cerita subplot-subplot di luar karakter utama, dan sebagian besar karakter-karakter setimnya nyebelin, tapi Ace Combat selalu sukses ngasih power fantasy kalau playernya adalah seorang super ace pilot yang bisa nge-rally satu negara dan bisa ngubah alur perang sendirian.

Tentunya musik-musiknya juga luar biasa seperti di seri-seri sebelumnya. Musik-musik di seri lama juga kembali muncul di pvp modenya. Semua ketegangan saya saat pertama kali nyoba pvp langsung lenyap begitu “First Flight” dari Ace Combat 5 tiba-tiba diputarkan.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Kayaknya nih event tuh ada buat ngetes seberapa parahnya Merlin ngerusak meta. Bisa aja lebih cepet kalau nggak pake wave Jeanne buat pit stop.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir minggu ini?

Header: Imperatorofpuns