Developer ‘AOKANA’ Sprite Akan Berhenti Beroperasi pada Akhir Maret

February 13, 2019 3:32 pm
Developer ‘AOKANA’ Sprite Akan Berhenti Beroperasi pada Akhir Maret

Twitter resmi milik perusahaan Sprite mengabarkan pada hari minggu lalu bahwa perusahaan mereka akan berhenti beroperasi mulai akhir Maret 2019. Penutupan operasi ini juga berlaku untuk toko online mereka “sprite STORE”. Juni 2018, pihak sprite sudah merencanakan akan menutup operasi perusahaannya pasca perilisan “AOKANA: Four Rhytm Across the Blue (Ao no Kanata no Four Rhythm) Perfect Edition“.

Sprite juga menambahkan bahwa mereka tidak akan membangkitkan perusahaan mereka kembali di masa depan. Mereka juga tidak berencana untuk membuka penggalangan dana (crowdfunding). Selain itu, sprite sendiri tidak akan membuat proyek baru atau membuat sekuel untuk proyek mereka sebelumnya. Namun pihak sprite sendiri tidak menutup kemungkinan adanya perusahaan baru setelah penjualan IP dan merek dengan perusahaan berbeda dan juga dengan staf yang berbeda.

Pada 25 Mei 2018, Accel Co, Ltd (Axcel). mengumumkan akan menutup brand fairys dan staf-staf di dalam anak perusahaan tersebut akan ditransfer menuju Fleet Co, Ltd.  Pihak sprite/fairys sendiri sudah mempublikasi pengakusisian ini lewat situs mereka pada Maret 2018. Namun anehnya, pengumuman pengakusisian Fleet Co, Ltd. terhadap fairys tersebut menghilang alias dihapus setelah bulan Mei 2018. Hingga kini belum ada kejelasan terkait pengakusisian ini.

Sprite dan Fairys merupakan anak perusahaan dari Accel Co, Ltd yang mulai beroperasi pada tahun 2010. Sprite sendiri sudah merilis tiga karya diantaranya, “Koi to Senkyo to Chocolate”, “Ao no Kanata no Four Rhythm” dan “Ao no Kanata no Four Rhytm EXTRA1”. Fairys sendiri sudah merilis dua judul diantaranya, “Ima Sugu Onii-chan ni Imouto da tte Iitai!” dan “Ao no Kanata no Four Rhythm” versi Android dan iOS. Dua judul mereka juga mendapat adaptasi anime seperti “Ao no Kanata no Four Rhytm” oleh studio Gonzo dan “Koi to Senkyo to Chocolate” oleh studio AIC Build.

Perlu diketahui juga bahwa proyek translasi “Ao no Kanata no Four Rhythm” masih akan berjalan. Seperti diketahui sebelumnya, proyek translasi ini dipegang oleh NekoNyan.

Untuk mengenang kehadiran sprite dan fairys, saya persembahkan beberapa CG dari karya mereka :

Sumber : ANN