[JOI Spotlight] Deathwish Edition

February 17, 2019 6:18 pm
[JOI Spotlight] Deathwish Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk pertengahan musim dingin ini. Seperti biasa kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri pada minggu ini.

Kotobuki Hikoutai 05

Kaptain

Hold up, laut di setting ini dah pada mati? Jadi kasusnya sama kayak Mad Max & Sora no Wo To? Dengan kata lain kemungkinan besar jurang dan lembah yang ditunjukin sejauh ini itu dulunya laut. Entah apakah bakal dijelasin kenapa laut bisa ilang, tapi ngeliat level teknologi dunianya, saya nggak yakin ini gara-gara nuklir. Cuma berhubung ini dunia dimana bandit bisa punya cukup sumberdaya buat ngerawat air wing, saya juga nggak terlalu paham sama kemampuan industrinya.

Si politisi yang ternyata ace yang jago sulap ngingetin saya sama Yang Wen Li dari LOGH. Cuma untuk orang ini entah kenapa dia baunya kayak end season villain.

Dororo 06

Kaptain

Harusnya nggak ada yang kaget hasilnya tuh kayak gini. Saya ngecek lagi manga-nya dan arc kali ini itu diekpansi lebih banyak. Dasarnya masih sama yaitu ngasih Hyakki waktu dan dukungan biar bisa jadi “manusia”, cuma anime ini berhasil ngebuatnya jadi lebih tragis dan ngasih lebih banyak penekanan kalau era ini nggak punya sepeser pun belas kasihan untuk mereka yang bukan Samurai.

Ada satu Samurai yang berhasil lolos, jadi seharusnya Hyakki bakal mulai diburu ngeliat target perjalanannya bakal berakhir dengan hancurnya wilayahnya Daigo. Lucu aja sih berkah yang didapet Daigo dari pengorbanannya itu “cuma” ngebuat dia jadi Daimyo kecil-kecilan yang masih harus berantem sama klan kecil lain.

Kemurikusa 06

Kaptain

Jadi karakter yang berkali-kali dibilangin sama tim kita kalau udah mati ternyata masih idup, dan Wakaba ga bisa ngorek kenapa mereka malsuin kematian mereka. Di Kemofure dulu ini adalah titik di mana Kaban secara eksplisit dibilangin kalau dia manusia, sementara di sini Wakaba sekarang punya alat untuk nyari tahu kenapa dunia ini mati, metode buat ngendaliin Kemurikusa, dan sebuah target untuk nyari halaman “buku” yang hilang.

So yeah, sama kaya Kemofure dulu saya dah invest sama perjalanan tim kita ini.

Vento Aureo 19

Kaptain

Iya, duel ini emang “diganggu” sama Giorno, tapi salah satu duel terbaik seri ini itu saya rasa berhasil karena Mista sama Giacchio itu fungsi stand-nya “sederhana”. Jadi klimaks akhir konflik ini itu berujung sama “contest of will”.

Khusus untuk episode ini, lagu ending-nya pas banget, saya yakin David Pro udah pengen banget pake adegan penutupnya.

Yuragi-sou no Yuuna-san OVA 03

Kaczmarek

Proyek terakhir Xebec sebelum pindah (secara resmi) ke Sunrise akhirnya berakhir. Di OVA episode ke-3 ini, kita disajikan dengan kelucuan Yaya dengan dewa kucing lainnya. Di bagian kedua, Chisaki, Oboro, Yaya, Koyuzu, dan Nonko berupaya menebak-nebak seperti apa wanita pujaan Fuyuzora. Yep, mereka sampai mengira laki-laki itu wota. Namun dari semua itu, saya kangen dengan kehadiran Sagiri yang lagi mudik. Tapi gapapa, karena Oboro sudah menyajikan segala hal yang saya butuhkan. Berhubung saya gamau spoiler manga-nya, jadi impresi saya gak saya panjang lebarin dulu hehe.

Xebec nanti apakah masih bernafas ya? Setelah proyek ini berakhir, proyek jangka panjang apa yang mereka bakal ambil? Kalau Yuragi-sou mau dilanjutin, apakah dipindahin studio lain atau malah tetap di Xebec? Semoga kita dapat jawabannya di masa depan nanti.

Kaguya-sama 06

BlueHeaven

Ishigami full debut. Chika seram juga bisa ngomong kimoi langsung ke Ishigami. Hayasaka kembali dengan pengenalan karakter lebih jauh. We need more gyaru Hayasaka. Peran Chika juga jauh berkurang membuat anime ini ga monoton ngandelin Chika melulu. Sejauh ini masih strong in every episode tanpa penurunan berarti.

Wataten 06

BlueHeaven

Kehadiran 3 karakter baru memberikan warna baru dalam anime ini. Sekilas kayak Uzamaid, apalagi ada cosu maid di episode ini. Koko sama Mamanya Hana melengkapi holy trinity LSBH dalam anime ini. Kita juga punya yuri ship baru selain Noa dan Hinata. Akhirnya Mya-nee ada kemajuan juga. Udah bukan NEET lagi dan bisa dapet teman yang bukan bocil. Selamat.

Mahou Shoujo Asuka 06

BlueHeaven

Sifat yandere Kurumi sebenarnya udah jelas dari 2 episode lalu, tapi di episode ini tambah kuat. Walaupun yanderenya banyak ditampilin, tapi itu semua cuma dibikin semacam jokes semata. Untungnya pas Asuka dicium bule kagak dilihat Kurumi. By the way, itu anggota skuad M yang ponytail boleh juga kimononya.

Tensura 19

BlueHeaven

Kemanisan Milim tiap minggunya membuat saya tidak bisa mengabaikan anime ini tiap minggunya. Kali ini Milim kembali dengan baju aslinya dan menunjukan seberapa OPnya kekuatan demon lord. Kasian bawahannya Rimuru ditambah dia sendiri dah cape-cape lawan cuma diselesaikan sekejap saja.

Berbeda dengan cour pertama yang santai jalannya, cour kedua ini berasa kebut seperti mengejar sesuatu. Hanya butuh 2 episode untuk menyelesaikan arc Charybdis. Bukan tidak mungkin animenya bisa sampai Rimuru jadi salah satu demon lord. Ya, suatu hal yang tidak dinantikan oleh fans Shion tentunya.

Go-Toubun no Hanayome 06

Kaczmarek

Makin dikecewakan dengan kualitas animasi, seorang remaja dewasa hampir saja drop anime ini. Gatau deh pak bu, saya makin kecewa dengan kualitasnya. Kalo cerita sih masih sesuai alur, hanya saja animasinya yang bikin merem melek.

Domestic na Kanojo 06

Kaczmarek

Kiriya-sensei yang alias penulis novel akhirnya diperkenalkan. Oiya, ada lagi si Ashihara sang soliter di klub literatur. Di episode ini juga diperkenalkan konsultasi permulaan dimana Rui akan selalu mendengar masukan dari The Master alias Masaki Kobayashi AKA Mari Komori. Mulai episode ini, kalian bisa tahu Rui bakal malah sering curhat ke L’Amant ketimbang emaknya sendiri.

God Eater 3

Pilihan baju nih entri underwhelming banget. Then again baju default tuh sebenernya dah bagus di aspek sexy dan coolness

Kaptain

Rank 5. Udah mulai “nangkep” Heavy Moon dan sekarang jadi subweapon saya setelah Buster Blade. Saya seneng di entri kali ini itu karakter kita yang eksplisit dijuluki Ace faksi daripada harus ngekor sama veteran yang underwhelming, singkatnya hubungan Hugo-kita itu lebih kayak Orga-Mikazuki. Tim udah sepenuhnya percaya kita bisa ngebunuh Aragami apapun.

Saya pake analogi di atas karena trajektori ceritanya itu emang mirip sama Tekkadan. Cuma ya God Eater sebagai seri itu males banget ngebunuh permanen karakter sentralnya. Satu lagi hal yang saya apresiasi itu kesadaran kalau cara terbaik untuk nyeritain plotpoint yang klise itu dengan nyelesaiin konflik utamanya jauh lebih cepat dari dugaan.

Kantai Collection

Kaczmarek

Terima kasih dev untuk CG Littorio Valentine-nya. Saya lebih suka CG Valentine-nya Littorio dibanding Italia sih, tapi ya bersyukur aja kapal italia favorit dapet CG baru. Btw, summer nanti apakah Large Scale Event? Semoga iya, dan Roma atau Iowa drop. Yep semoga.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Berhubung sudah masuk tengah musim, seri apa saja yang fix bakal lanjut sampai akhir?

Header: thephansite