Gara-gara Soal Pantsu, Poster Rekrutmen Militer Jepang Diturunkan

March 11, 2019 1:13 pm
Gara-gara Soal Pantsu, Poster Rekrutmen Militer Jepang Diturunkan

“Itu bukan celana dalam!” klaim kantor perekrutan regional, tetapi itu tidak cukup menyakinkan para kritikus.

Poster-poster rekrutmen militer untuk Pasukan Pertahanan Jepang umumnya mencoba untuk menarik para calon anggota dengan idealisme kepahlawanan dan jiwa pelindung. Karena sentimen-sentimen itu juga hadir di banyak seri anime, JSDF kadang-kadang menggunakan karya seni anime untuk menarik para kaum muda.

Jadi pada musim gugur yang lalu, JSDF dari markas regional Prefektur Shiga merasa mereka telah menemukan pasangan yang baik untuk kampanye pada Strike Witches, sebuah anime serial TV pada 2008 dan memiliki seri baru untuk musim depan. Serial ini berfokus pada satu skuadron gadis-gadis yang bisa menggunakan kekuatan untuk terbang melindungi Bumi dari penjajah asing. JSDF dan perusahaan mitra sipil membuat poster rekrutmen yang menunjukkan tiga pilot dari Strike Witches, dengan teks “Dicari orang yang dapat melindungi hal-hal yang ingin mereka lindungi. Pasukan Bela Diri Darat, Laut, dan Udara sekarang menerima rekrutan! ”

Meskipun poster telah digunakan sejak musim gugur yang lalu, beberapa minggu yang lalu JSDF mulai menerima keluhan mengenai poster tersebut, khususnya mengenai pakaian gadis-gadis itu.

Ketiga karakter mengenakan pakaian dengan hemline yang sangat pendek, dan untuk dua dari mereka, pakaian tubuh bagian bawah seperti pantie terlihat menyembul keluar dari bawah atasan mereka. Sejak Februari, sejumlah komentator online menyebut karya seni itu tidak pantas dan sebagai suatu bentuk pelecehan seksual, dan beberapa dari mereka langsung menghubungi kantor JSDF Shiga untuk menyuarakan ketidaksetujuan mereka.

Awalnya, kantor Shiga teguh dengan posternya, berkata:

“Kami menggunakan desain yang sudah ada dari anime. Dalam anime ini, pakaian yang dimaksud bukan celana dalam. Mereka adalah celana, dan kami percaya mereka pada batas kesesuaian. Kami telah menerima umpan balik positif mengenai poster dari banyak orang. “

Sementara pernyataan “itu bukan celana dalam” mungkin sulit dipercaya, pernyataan kantor Shiga ada benarnya. Dalam Strike Witches, para karakter terbang di langit dengan sepasang peralatan terbang setinggi lutut, dan agar siap untuk lepas landas pada saatnya, sehingga seragam standar mereka tidak memiliki celana panjang atau rok.

Meski demikian, jika itu bukan celana secara teknis, pakaian itu bukanlah apa yang orang sebut “celana,” dalam artian penutup kaki yang panjang. Mereka bahkan mungkin tidak memenuhi syarat sebagai hot pants, karena seberapa tinggi pinggul mereka. Paling akurat kita bisa menyebutnya sebagai bawahan dari pakaian renang, atau celana olahraga, dan bahkan jika itu tidak seseksi dan berenda seperti lingerie, mereka masih agak terbuka.

Menyadari kemungkinan akan kehilangan calon rekrutan non-otaku, kantor JSDF Shiga menyerah pada keluhan, hanya satu hari setelah pernyataan mereka soal “itu bukan celana dalam”. Sejak itu, mereka telah menurunkan poster-poster di seluruh prefektur, serta menghapus gambar dari situs resminya. Sekarang ini telah menjadi contoh bagaimana pemasaran berbasis anime tidak selalu sesederhana kelihatannya.

Sumber: Soranews