IG Port Banderol Operasional Xebec Menuju Sunrise

March 17, 2019 2:06 pm
IG Port Banderol Operasional Xebec Menuju Sunrise

IG Port, perusahaan induk dari beberapa studio anime seperti Production I.G dan Wit Studio, mengumumkan akan memindahkan operasi studio Xebec menuju Sunrise. Pemindahan studio ini dibanderol seharga 300 juta yen (US$ 2.690.000).

Sunrise membuka subsider Sunrise Beyond pada awal Maret ini. Subsider atau studio baru tersebut terletak dekat stasiun kereta Tanashi di Nishi-Tokyo. Lokasi tersebut sama dengan alamat studio Xebec. Sunrise pada Januari mengumumkan akan membuat perusahaan baru untuk mengambil alih operasi Xebec pada 1 Maret. Diketahui perjanjian antara IG Port dengan Sunrise diselesaikan pada 11 Maret lalu dan pemindahan operasi secara formal dilakukan 1 April mendatang.

November 2018, IG Port mengumumkan pemindahan studio Xebec menuju Sunrise. Namun produksi “Soukyuu no Fafner THE BEYOND” masih dalam kontrol IG Port. IG Port akan memindahkan departemen fotografi Xebec dan studio XEBEC zwei menuju Production I.G. XEBEC zwei kemudian akan berubah nama menjadi IG zwei. IG Port juga akan memindahkan departemen pewarnaan Xebec mereka menuju Signal MD. Perlu diketahui Signal MD juga merupakan bagian dari IG Port.

XEBEC zwei adalah studio animasi yang menangani produksi seri “Soukyuu no Fafner THE BEYOND”, walaupun studio Xebec masih diberi kredit sebagai pencetus franchise Fafner. 12 episode anime ini akan ditampilkan di beberapa teater dan bioskop di Jepang pada 17 Mei 2019.

Xebec sudah bergerak sebagai studio animasi sejak Mei 1995. Beberapa karya anime mereka seperti “Uchuu Senkan Yamato 2199”, “Yuragi-sou no Yuuna-san”, “Bang Dream!”, “To-LOVE Ru”, “Haiyore! Nyaruko-san” dan masih banyak lagi. Presiden Xebec saat ini diduduki oleh Nobuyoshi Habara.

Sumber : ANN, XEBEC