Dukung Para Penggiat Kreatif di Indonesia, LINE WEBTOON Kembali Gelar WEBTOON CONTEST

March 27, 2019 5:32 pm
Dukung Para Penggiat Kreatif di Indonesia, LINE WEBTOON Kembali Gelar WEBTOON CONTEST

LINE WEBTOON kembali menyelenggarakan WEBTOON CONTEST 2019 untuk mendukung para komikus lokal dalam mengembangkan bakat mereka. WEBTOON CONTEST sendiri diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2015 lalu dan telah menghasilkan berbagai karya terkenal seperti Annisa Nisfihani (Pasutri Gaje), Archie the RedCat (Eggnoid), dan Shinshinhye (Flawless) sebagai pemenangnya. Karya-karya mereka pun telah ditayangkan juga di LINE WEBTOON US, Thailand, Taiwan, Cina, dan Jepang. Juga akan diangkat ke film layar lebar dalam waktu dekat.

WEBTOON CONTEST kali ini menghadirkan format kompetisi baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Format baru WEBTOON CONTEST menyajikan 3 babak dan 4 kategori kompetisi dengan total hadiah sebesar Rp 290juta serta kesempatan untuk menjadi webtoonist resmi di LINE WEBTOON. Keempat kategori tersebut adalah kategori Paling Kocak yang bergenre Komedi Slice of Life dan Tips & Trik, Paling Epik yang bergenre Fantasi, Aksi, superhero, dan Sejarah, kategori Paling Menyentuh yang bergenre Romantis dan Drama, serta kategori Paling Ngeri yang bergenre thriller dan horor.

“Sebagai platform terbesar untuk para penggiat komik, LINE WEBTOON berupaya untuk terus memberikan kesempatan dan menyediakan wadah bagi komikus-komikus lokal agar bisa lebih mengasah bakat mereka serta membantu untuk lebih mengembangkan industri kreatif di Indonesia,” kata Ghina Fianny, Manager LINE Webtoon.

Pendaftaran untuk mengikuti WEBTOON CONTEST sudah dibuka sejak kemarin, 25 Maret 2019, di tautan berikut https://www.webtoons.com/id/challenge/contest/id-contest-2019. Kategori pertama, yakni kategori Paling Kocak mengharuskan peserta untuk mengirimkan minimal 6 episode dengan minimal panel per episode 10 buah. Di lain pihak, kategori Paling Epik, Paling Menyentuh, dan Paling Ngeri mengharuskan peserta untuk mengirimkan minimal 3 episode dengan minimal panel per episode 30 buah.

Babak Pertama (Periode 25 Mar 2019, Pukul 12:00 WIB – 31 Mei 2019, Pukul 11:59 WIB)

Babak Pertama WEBTOON CONTEST tahun ini sudah dibuka sejak 25 Maret kemarin hingga 31 Mei 2019 mendatang. Peserta bisa mengikuti babak ini dengan mudah karena mereka tinggal mengklik tombol “Ikuti Kontes” yang hanya dapat diakses lewat situs LINE WEBTOON versi PC/desktop dan mengunggah hasil karya sesuai dengan kategori yang diminati. Pemenang pada babak ini akan diumumkan pada 21 Juni 2019 pukul 10:00 WIB. Babak pertama akan memilih 12 pemenang dengan masing-masing 3 pemenang di setiap kategori. Tiap-tiap pemenang pada babak ini akan mendapatkan Rp 10juta. Selain itu, para pemenang akan secara otomatis maju ke babak kedua.

Babak Kedua (Periode 21 Juni 2019 – 27 Juni 2019)

Pada Babak Kedua, sebanyak 12 (dua belas) pemenang yang lolos dari babak pertama akan diminta untuk mengunggah episode tambahan sesuai dengan kategori yang diikuti. Kategori Paling Kocak mengharuskan peserta mengunggah sebanyak 2 episode tambahan, sedangkan kategori Paling Epik, Menyentuh, dan Ngeri sebanyak 1 episode tambahan. Selanjutnya pada 28 Juni – 4 Juli 2019 akan diadakan voting dari pembaca dan penilaian dari juri untuk memilih pemenangnya.

Pemenang babak kedua akan diumumkan pada pada 5 Juli 2019, pukul 10:00 WIB di mana akan terpilih 4 (empat) pemenang dengan 1 (satu) pemenang masing-masing untuk setiap kategori. Pada babak ini tiap-tiap pemenang akan mendapatkan Rp 30juta dengan akumulasi hadiah pemenang senilai Rp 40 juta dan kesempatan untuk menerbitkan karya mereka di LINE WEBTOON secara perdana. Mereka juga akan maju ke Babak Final secara otomatis.

Babak Final (Periode 5 Juli 2019 – 11 Juli 2019)

Sama halnya dengan Babak Kedua, para pemenang yang memasuki Babak Final pun akan diminta untuk mengunggah episode tambahan sesuai dengan kategori yang mereka ikuti. Dua episode tambahan untuk kategori Paling Kocak dan satu episode untuk kategori Paling Epik, Menyentuh, dan Ngeri. Selanjutnya voting pembaca dan penilaian juri akan dilakukan pada 12 – 18 Juli 2019 dengan pengumuman pemenang babak terakhir ini akan dilakukan pada 19 Juli 2019 pada pukul 10:00 WIB.

Pada Babak Final, akan terpilih satu pemenang utama yang akan meraih hadiah sebesar Rp 50juta dengan akumulasi hadiah senilai Rp 90 juta dan kesempatan untuk menjadi webtoonist resmi LINE WEBTOON.

Pada WEBTOON CONTEST kali ini, kriteria penilaian dipengaruhi oleh tiga faktor. Faktor pertama adalah hasil voting dari pembaca dengan porsi sebanyak 20% dari porsi keseluruhan. Kemudian faktor kedua berdasarkan hasil dari performa sebanyak 20% dan penilaian dewan juri sebesar 60% yang terdiri atas 40 poin untuk originalitas dan kretivitas cerita, 30 poin untuk gambar yang unik dan sesuai dengan genre, serta 30 poin untuk keterbacaan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, peserta bisa mengunjungi tautan ini WEBTOON CONTEST.

Melalui misinya, Closing the Distance, yang bertujuan untuk mendekatkan jarak antara pengguna dengan berbagai layanan, LINE Indonesia berharap dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi para kreator lokal untuk terus meningkatkan bakat dan partisipasi mereka. Salah satunya melalui WEBTOON CONTEST dari LINE WEBTOON yang diharapkan juga bisa mendorong dan mengembangkan industri kreatif di Tanah Air.

Sorry. No data so far.