Produser ‘Senran Kagura’ Kenichiro Takaki Jelaskan Alasan Dirinya Hengkang dari Marvelous

March 29, 2019 10:21 am
Produser ‘Senran Kagura’ Kenichiro Takaki Jelaskan Alasan Dirinya Hengkang dari Marvelous

Produser dari game “Senran Kagura”, Kenichiro Takaki telah mengumumkan dirinya hengkang dari Marvelous Entertainment. Alasan dirinya akan hengkang dari korporasi tersebut dikarenakan ingin mencoba proyek lain di Cygames. Namun tampaknya alasan Takaki hengkang cukup detail seperti yang kami temukan di terbitan terakhir Famitsu.

Alasan utama Takaki hengkang dari Marvelous dikarenakan pembatasan konten seksual yang dibolehkan dalam video game. Ia merasa terancam oleh aturan baru ini, dan menyatakan walau konten seksual sering dikritisi sejumlah orang, namun banyak orang juga menikmatinya.

Secara personal, Takaki percaya keberagaman genre adalah alasan utama sebuah industri game dapat bertahan, namun jika ada yang merusaknya, hal ini membuatnya harus berpikir ulang. Takaki sendiri mempersilahkan regulasi dan keamanan terhadap beberapa genre atau rating umur, namun dirinya percaya tren genre pada masa ini akan terkena dampak yang cukup signifikan.

Game yang akan Takaki buat untuk selanjutnya adalah game dengan latar fantasi tradisional, seperti game yang ia gilai pada masa anak-anak. Lebih lanjut, Takaki kini bekerja untuk Cygames terutama untuk judul-judul game konsol. Walaupun begitu, ia tetap akan bekerja untuk Marvelous untuk pengembangan game mereka, seperti “Senran Kagura 7EVEN”.

Namun sayangnya, 7EVEN membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan. Saat bagian inti dari game tidak akan diganti, Takaki harus bekerja untuk mengubah beberapa bagian dikarenakan regulasi baru. Dikarenakan regulasi ini, ada seseorang yang akan mengambil kendali utama dan membantu mengirimkan game ini (jika selesai) kepada para penggemar. Mereka kini mengambil candaan erotis dan seks lebih serius, dan Takaki akan lanjut bekerja dengan staf yang bertahan. Pengaturan dan perubahannya akan meninggalkan Marvelous secara internal, namun Takaki akan selalu memiliki predikat “Produser Dada Besar”.

Yang terakhir, Takaki masih bekerja dengan Marvelous untuk proyek multimedia (game dan anime) yang bukan dari seri Senran Kagura. Desain karakter proyek ini dipegang oleh ilustrator hentai, Hanaharu Naruko (Kamichu!), dan anime-nya akan disutradarai oleh Hiraku Kaneko (Little Busters! ).  Jika dilihat dari rekam jejak Takaki, maka proyek ini akan dipenuhi wanita cantik namun menggunakan pakaian yang tertutup. Proyek terbaru ini akan bernuansa tradisional namun mendebarkan. Walaupun pengembangannya berlangsung 1,5 tahun lalu, sebuah gambar dalam Famitsu terdapat seorang wanita menaiki motor. Apakah ada hubungannya dengan Cygames? Sampai saat ini belum jelas.

Takaki menjelaskan dirinya ingin membuat sesuatu yang orang-orang akan bilang “Takaki membuat sesuatu yang sangat keren walaupun dirinya adalah produser dada besar. Betapa lancangnya!”. Ia menambahkan, “Walaupun lokasi tempat kerja atau lingkungan kerjaku berubah, yang akan aku tunjukan tidak akan berubah dan aku tak akan pernah (berubah). Aku adalah seorang penggemar game – aku sering membuat candaan kotor dan mengatakan hal yang tidak perlu (sambil tertawa) tapi aku akan tetap bekerja keras untuk membuat game.”

Walaupun hingga kini belum jelas apakah Takaki mencoba menunjuk suatu insiden yang membuatnya keluar, ada yang beranggapan ini ada hubungannya dengan insiden Senran Kagura dengan Sony Amerika Serikat. Pada bulan Oktober lalu, pihak Sony US harus menunda perilisan game “Senran Kagura Burst Re:Newal” di platform PS4. Sony US menginginkan penerbit Xseed Games untuk menghapus “Mode Intim” dalam game tersebut. Di dalam mode tersebut, pemain dapat menggerayangi tubuh dan mengangkat celana atau rok karakternya. Produser dari Xseed, Tom Lipschultz kemudian merespon akan mematikan mode tersebut. Hal ini agar tidak melewati garis kebijakan terbaru Sony, dan menyatakan umur karakter dalam identitas di game tidak berpengaruh terhadap tingkat aktivitas seksual yang dihadapi. Isu utama dalam kebijakan ini adalah interaktivitas karakter.

Semoga Takaki makin sukses di chapter kehidupan berikutnya!

Sumber : Famitsu