Ribet Packing Untuk Traveling ke Singapura? Ikuti 5 Tips ala Marie Kondo!

March 29, 2019 4:57 pm
Ribet Packing Untuk Traveling ke Singapura? Ikuti 5 Tips ala Marie Kondo!

Sudah punya agenda berlibur ke Singapura dalam waktu dekat ini? Meskipun liburan sudah di depan mata, tentu Anda tidak lupa mempersiapkan semua kebutuhan selama liburan kan? Mulai dari baju ganti, perlengkapan mandi, kamera, kacamata gaya, hingga skincare sudah masuk semua di daftar barang-barang yang harus dibawa. Namun, apakah Anda yakin semuanya akan muat dalam koper?

Tak perlu khawatir, Anda dapat mencontek teknik melipat pakaian dalam koper ala Marie Kondo, seorang konsultan kebersihan dan pakar melipat pakaian asal Jepang. Metode organisasi barang ini disebut KonMari. Teknik ini terbukti sangat rapi dan menghemat ruang.

Nah, penasaran dengan teknik KonMari? Berikut 5 tips packing ala Marie Kondo yang wajib Anda tiru!

1. Tentukan barang yang akan dibawa

Ingat, catat apa saja yang akan Anda gunakan selama liburan di Singapura. Pilih pakaian dengan warna yang serupa. Jadi hal ini dapat menghindar membawa terlalu banyak pakaian dan hanya membawa pakaian yang benar-benar akan Anda gunakan saja. Hal ini pun berlaku pada barang lainnya.

2. Pilih koper atau tas yang paling disukai

Menurut Marie Kondo, semua harus dimulai dengan hal yang membuat Anda merasa senang. Termasuk koper ataupun ransel yang Anda sukai. Jadi, saat mengemas barang bawaan Anda pun tetap merasa bahagia.

3. Mulai melipat dan gulung

Yang perlu diperhatikan dari teknik KonMari adalah jangan malas melipat. Kunci dari teknik ini yaitu melipat hingga sekecil mungkin, sehingga menyisakan ruang yang cukup. Tak hanya dilipat, teknik menggulung pakaian pun juga diperlukan di sini.

Misalnya pada T-shirt, buatlah menjadi tiga lipatan kemudian digulung hingga menjadi ukuran kecil. Cara ini berlaku untuk semua jenis pakaian lainnya. Kemudian, Anda bisa pasangkan benda-benda yang memiliki ukuran yang serupa. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang dan mudah mencarinya.

4. Pilih barang bawaan ke dalam tas kecil

Untuk skincare, obat-obatan, dan peralatan mandi, Marie merekomendasikan untuk simpan dalam tas kecil atau pouch agar tidak tercecer. Pilihlah pouch yang berbahan waterproof. Hal ini untuk menghindari ada cairan yang tumpah dan dapat mengotori seisi koper Anda. Kemudian, letakkan pada bagian atas agar mudah dijangkau, terutama saat keadaan mendesak.

5. Ulangi

Lakukan langkah-langkah di atas saat packing untuk kembali pulang!

Nah, Anda sudah siap pergi berlibur ke Singapura? Sudah melakukan pemesanan tiket pesawat? Yuk cek tiket pesawat ke Singapura dan jangan lupa, persiapkan segala kebutuhan Anda, juga pastikan waktu cuti liburan Anda sudah approve, ya!