Developer ‘Dies Irae’ dan ‘Silverio Vendetta’, Light Resmi Membubarkan Diri

March 31, 2019 12:28 pm
Developer ‘Dies Irae’ dan ‘Silverio Vendetta’, Light Resmi Membubarkan Diri

Kabar buruk datang dari developer novel visual yang cukup populer, Light. Developer novel visual “Dies irae” dan “Silverio Vendetta” ini mempublikasi pernyataan pembubaran diri. Pembubaran ini juga termasuk untuk perusahaan induk mereka Greenwood Co. Ltd. Sementara itu operasi developer lain dibawah Greenwood, Campus ditransfer menuju Akabei Soft2.

Perusahaan novel visual, Greenwood sebagai induk dari developer Light dan Campus, telah berdiri sejak Juni 1999. Mereka terpaksa mengakhiri operasi mereka per 31 Maret 2019. Proyek terakhir mereka, “Dies irae PANTHEON” resmi dibatalkan. Namun tim pengembangan mereka masih berharap ada perusahaan lain yang dapat memegang kendali game ini agar tidak menghilang begitu saja.

Sebelumnya, perusahaan memulai proyek besar “Dies Irae PANTHEON” pada 2016. Game ini menjadi debut mereka dalam dunia mobage. Kendala muncul setelah pihak Light berusaha mengembangkan game ini sendiri. Hal ini mendorong mereka untuk bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mengembangkan game tersebut. Mereka akhirnya menekan kontrak kerjasama dengan Super App Co. pada tahun 2017. Namun pada awal 2018, dikarenakan masalah finansial, Super App Co. harus menarik kontrak kerjasama mereka.

Pada musim semi 2018, Light akhirnya bekerjasama dengan Session Co. untuk mengembangkan game tersebut. Namun masalah kembali datang. Dimana pada musim gugur 2018, Session Co. harus bangkrut karena beberapa alasan. Hal ini berdampak cukup besar terhadap eksistensi Light serta perusahaan induknya, Greenwood. Mereka berupaya lebih keras untuk mencari perusahaan lain yang dapat diajak bekerja sama, namun selalu menemui jalan buntu. Hingga mereka merasa sudah mencapai batas dan terpaksa memberhentikan operasi mereka. Meskipun sudah membubarkan perusahaan, Light masih membuka penawaran dari perusahaan lain agar dapat melanjutkan proyek tersebut.

Perusahaan juga menyatakan telah memindahkan operasi studio Campus menuju Akabei Soft2 setelah pengakusisian. Perlu diketahui, studio Campus akan segera merilis novel visual terbaru mereka yang berjudul “Koioto Se Piace” pada 26 April mendatang. Untuk proyek “Silverio Trinity” diketahui pengembangannya akan tetap berjalan namun diambil alih oleh perusahaan/tim lain. Sementara itu pengembangan judul lain di bawah Light diketahui masih akan berjalan.

Salah satu staf penerjemah untuk Light, Steiner menjelaskan lewat kicauannya bahwa dirinya baru bekerja 2 bulan dengan perusahaan mereka. Mereka tidak memberitahu sebelumnya terkait pembubaran ini. Steiner masih akan berupaya untuk mendapatkan upah terakhirnya dan berterimakasih atas kesempatan yang diberikan untuknya.

Untuk menutup artikel ini saya berikan beberapa CG yang akan dikenang nantinya:

Catatan : Dikarenakan kendala terjemahan, beberapa poin informasi dapat berbeda dengan yang dimaksud. Pengoreksian diutamakan.

Sumber: Light