[JOI Spotlight] Hitbox Gore Edition

March 31, 2019 19:21
[JOI Spotlight] Hitbox Gore Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang hadir tepat di akhir Maret ini. Masuk bulan April berbagai anime musim dingin mulai berakhir. Mari kita lihat impresi para staf untuk berbagai seri yang hadir di minggu ini.

Kotobuki Hikotai 11

Kaptain

Isao yang bertanggung jawab sama semua hal buruk di setting ini itu absurd banget, kesannya kayak staf butuh cara buat nyelesaiin plotpoint yang ada sebelum tamat dan solusinya tuh nyalahin semuanya ke dia. On a brighter note, dugaan saya bener dia pake superweapon dan dengan jatuhnya dia entah superweapon apa lagi yang bakal dlawan buat finalenya.

Dororo 12

Kaptain

Perkembangan ini tuh anime original, yang jauh lebih saya sukai dari manga dan game-nya. Di satu sisi, Tahomaru mengaku kejayaan daerahnya dibuat di atas penderitaan Hyakki dan memutuskan buat all in ngeburu Hyakki, di sisi lain sang ibu ngelihat semua ini sebagai kegagalan dan entah apa efek dari bunuh dirinya sama para demon. Green is good i guess? Ini masih nyambung sama saya yang lagi mood sama Sekiro, di mana daerah yang karmanya jelek itu nggak sehat banget buat orang di dalamnya, dan sekarang ibunya sebagai penyeimbang udah mati.

bukan_randy

Posisi Tahomaru dan ayahnya jadi lebih abu-abu, yang mana cukup menarik kalau masih ngikutin cerita aslinya ke depannya.

Mob Psycho 100 S2 12

Kaptain

Seri ini emang penuh aksi super, tapi ngeliat anak SMP manggil orang yang lebih tua “mentalnya nggak tumbuh dari SMP” itu serangan paling memuaskan. Finale minggu depan dan jujur aja saya nggak terlalu sedih kalau animenya istirahat panjang setelah ini, it’s one hell of a send off.

Kemurikusa 12 (End)

Kaptain

Jadi itu alasan salah satu halaman diary dihapus. Wakaba udah mati, misi Riri gagal, dan para “Rin” sekarang harus mencari tujuan hidup mereka sendiri. Entah saya salah ngerti apa nggak, tapi skill Rina buat bikin clone itu dipake buat ngebangkitin para kakak buat final fightnya. Setelah mereka keluar dari “kapal” kalau aja relasi sama Kadokawa masih baik, saya ga bakal kaget kalo bakal ada crossover dengan Kemofure.

Kemurikusa itu salah satu seri anime paling populer di Jepang sana tapi di region lain nyaris ga kedengaran. Performa anime ini udah ngejamin Tatsuki dan timnya bakal terus dapet kerjaan, cuma sayang aja one of the better mystery show of this season ini dilewatkan. Seri misteri ini cukup sopan buat ngejawab pertanyaan utamanya (apa yang terjadi sama dunianya) dan ngasih para karakternya epilog yang memuaskan (infeksi hilang dan ada cukup makanan dan air).

Untuk kedepannya saya harap Tatsuki lebih fokus sama interaksi & misteri dibanding aksi. Ngeliat proyek lain dia kayak Keifuku-san yang notabene lebih kalem harapan saya mungkin bisa terpenuhi.

Go-Toubun no Hanayome 12 (End)

Kaczmarek

Good way to end it, right? Karena saya sampai sekarang belum mendapat informasi (lagi) terkait kelanjutannya, maka saya harap tidak ada sekuelnya di suatu hari nanti. Bagi yang sedang membaca manga-nya mungkin kalian sudah tau kelanjutan ceritanya dan bagi yang belum mungkin mau memulainya? Saya limpahkan rasa penasaran itu kepada kalian masing-masing.

Vento Aureo 24

Kaptain

Penasaran aja gimana stand yang ngebunuh pemiliknya itu ngasih tau fungsinya. Beberapa Stand emang bisa ngomong, cuma pait aja kalo orang dapet Stand terus tuh stand bilang dia cuma bisa efektif kalau tuh orang mati.

Zoku Owarimonogatari 04

keramzcaK

.gnitatsurf si hcihw ,syawla ekil citpyrc oot si kramer reh ,tuB .aynnaaracibmep takgniynem kutnu ubonihS naktagnignem ulales ikokonO apanek nareh ayas ,aynlawa-lawA .iggnit pukuc ubonihS nagned katnok akij irid hunub kutnu isnednet ini ainud id ataynret anerak ,amal hibel asib kadit akerem golaid numaN .igararA nanarehek nakriacnem tikides )ikononO helo inametid( igararA nad )aisunam isrev( ubonihS aratna naumetreP

.imub naletid aid iapmas aynnagned taked gnay noitirappa nagned aynnagnubuh anamiagab narasanep hisam ayaS .eooT neaG ,urabnaK aynubi tahilem asib atik ,amal naikes haletes ,aynrihkA

Kaguya-sama 12 (End)

Kaczmarek

Di awal musim saya sedikit skeptis dengan anime ini karena Shinichi Omata yang jadi sutradaranya. Tapi saya salah, Shinichi akhirnya bisa menjawab keraguan saya. Saya mohon ini dilanjutkan, 12 episode kurang cukup dosis Hayasaka.

BlueHeaven

Can you feel it? Yep, sebuah episode akhir yang indah bisa disajikan dari anime love comedy ini. 1 episode penuh warna, ada sedih, ada konyolnya juga. Disini Kaguya mengkokohkan posisi dia sebagai main heroine yang harus diperhatikan. Joget Hayasaka tolong dijadikan ending buat season berikutnya, kalau A-1 niat bikinnya.

Kakegurui 24 (End)

Kaczmarek

Did i say this is the best way to keeping out a pushover? Mereka (ya para skripternya) memang melimpahkan segalanya di beberapa episode terakhir ini. Skenario indah untuk menyelesaikan musim keduanya.

BlueHeaven

Need third season.

Wataten 12 (End)

BlueHeaven

Tolong ini guru SDnya angkat jadi sutradara aja. Serius bikin drama musikalnya unexpected bagus banget. Bakal sepi mungkin tanpa kehadiran 5 plus 1 loli yang imut, 1 mbak yang phobia keramaian, 1 stalker yang cakep dan modis, serta 3 bunda yang menyejukan di musim depan.

SAO Alicization 24

BlueHeaven

Stay cool, Kirito. Dengan demikian berakhirlah sebuah kisah seorang penebang pohon yang menjadi pendekar pedang demi menyelamatkan temannya. Butuh 2 musim lagi untuk menunggu kelanjutan kisah Alice dan Kirito. Saya harap kualitas animenya masih bisa dipertahankan.

Mahou Shoujo Asuka 12 (End)

BlueHeaven

2 mahou shoujo yang disiksa Kurumi akhirnya tobat juga, yah meski yang satunya malah jadi model hewan peliharaan. Masih banyak misteri yang belum terungkap. Saya pengen liat backstory mahou shoujo yang gugur selama perang lawan Disas yang dahulu selain Francine. Semoga bisa ada season kedua walaupun saya ga banyak berharap mengingat animenya kalah pamor dibanding series lain di musim ini.

Domestic na Kanojo 12 (End)

Kaczmarek

Predictable. Staf memutuskan untuk menghentikan musim pertama ini di bagian ini. Jangan heran, ini masih ada kelanjutannya kok tapi kalian harus baca manga-nya. Musim kedua? Idk, carry on.

Sekiro

Kaptain

Tinggal 2-3 mandatory boss lagi dan bakal tamat. Ada dialog soal apakah Sekiro butuh easy mode, tapi “Easy mode is something you earn” itu deskripsi kedua favorit saya untuk Sekiro (Favorit pertama itu: “Drop that shield and heavy armor, it’s ballet time”). Mobilitas yang lebih kenceng dan jarak idol yang deket banget sama boss itu bener-bener ngasih pemain kesempatan buat git gud.

Cuma jujur aja saya bakal seneng kalau difficulty buat boss sebelum Gyoubu itu disesuaiin. Damage kebanyakan boss awal yang bisa bikin one hit kill dan Gourd serta stats yang masih dikit itu susah buat ngasih kesempatan buat pemain untuk latihan. Iya ada Hanbei buat training mode, tapi speed/sama stance dia itu beda banget sama boss lain. Ngurangin damage Ogre (yang sebenernya gampang di-cheese) rasanya cukup adil.

bukan_randy

Tamat ending Returning dan juga ngalahin Demon of Hatred yang bisa dibilang Darkeater Midir-nya game ini. Awal dari game ini memang sangat brutal, tapi saya sangat merasakan perkembangan diri saya sendiri ketika awalnya kesulitan melawan ninja ungu di awal2 game, tapi begitu musuh itu jadi generic mob di akhir game, saya bisa menanganinya tanpa masalah (kecuali satu bagian di mana ada 4 biji sekaligus. Kalau ga di stealth kill sih nangis darah saya).

Saya sangat menyukai Sekiro, tapi pendapat saya masih mirip dengan minggu lalu, di mana pemain harus siap belajar dengan cara keras/melupakan kebiasaan-kebiasaan Soulsborne untuk menikmati game ini, dan juga saya tak heran kalau lebih banyak yg rebound dari game ini dibanding Soulsborne.

Sekarang saya menunggu video-video bahasannya Vaatividya, terutama tentang Fountainhead Palace dan penghuni-penghuninya.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Tumben grinding item enak. Atau ini efek dari Honnouji kemaren yang grind shop nggak enak banget. Eksperimen sistem buat summer race nanti, it’s neat. Ga tertarik sama Hijikata sama CE ga butuh, jadi bisa hemat tiket.

Girls Frontline

Kaptain

Deep Dive akhir April nanti. Jadi ada sebulan buat ngedapetin paradrop fairy. Q&A juga nipu banner Prince Frontline baru nongol paruh akhir 2019, taunya Sabtu depan. Abis ini ga bakal nyentuh Heavy Prod lagi, dapet SAT-8 cukup dari Surtix aja.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa seri musim semi yang paling kalian nantikan? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: _shionji