‘Evenicle 2’ Puncaki Klasemen Permintaan Penerjemahan Novel Visual dari Survey MangaGamer

April 3, 2019 1:03 pm
‘Evenicle 2’ Puncaki Klasemen Permintaan Penerjemahan Novel Visual dari Survey MangaGamer

MangaGamer, penerbit video game dan manga yang berfokus pada penerjemahan novel visual bahasa Jepang telah merilis hasil survey mereka pada Selasa kemarin. Survey yang dimulai pada 5 Maret lalu ini telah mendapat kurang lebih 8000 respon dengan demografi responden hampir serupa dengan tahun yang lalu. Sementara itu, peringkat permintaan lisensi mereka juga berubah dimana “Evenicle 2” menjadi pemuncak klasemen.

MangaGamer juga memberi informasi adanya peningkatan responden dengan kategori wanita hingga 6% dari tahun sebelumnya. Responden yang berumur 18-24 tahun untuk pertama kalinya jumlahnya dibawah 50%, sementara untuk kategori umur lain mengalami peningkatan. Untuk peringkat bahasa responden, Jepang masih menjadi yang paling teratas, diikuti oleh Jerman, Spanyol, Mandarin, dan Portugis.

Pengunduhan digital menjadi favorit setelah mendominasi ¾ dari seluruh jawaban responden. Permintaan judul novel visual yang bergenre yuri merosot dan peningkatan dialami permintaan novel visual otome. Namun novel visual dengan genre moege dan gameplay masih mendominasi preferensi responden.

Berikut adalah klasemen 20 judul permintaan penerjemahan dari hasil survey :

20. TrianThology
19. Bunny Black Series
18. Ken ga Kimi
17. Chou no Doku hana
16. Omega Vampire
15. Kannagi no Mori
14. Jooubachi no Oubou
13. Deiteikoku
12. Rose Guns Days
11. Youkoso! Sukebe Elf no Mori
10. Soukou Akki  Muramasa
9. Mahoutsukai no Yoru
8. Diabolik Lovers
7. Fate/Stay Night
6. Sakura no Uta

5. White Album 2

4. Rance Series

3.Yoshiwara Higanbana

2. Sono Hanabira ni Kochizuke Series

1. Evenicle 2

Dengan ini, kemungkinan besar proyek penerjemahan untuk peringkat atas dapat terealisasi. Namun segala upaya tersebut membutuhkan waktu dan pembicaraan lebih lanjut.

Sumber: MangaGamer