[JOI Spotlight] Starting Spring Season 2019 Edition

April 8, 2019 6:16 pm
[JOI Spotlight] Starting Spring Season 2019 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk musim semi 2019 ini yang maaf telat karena ada keperluan darurat. Selain menutup seri musim dingin, para staf juga memulai berbagai seri musim semi yang sudah hadir. Seperti biasa, para staf masih mengumpulkan seri untuk ditonton, jadi maaf kalau impresi pembuka kali ini belum menyeluruh.

Kotobuki Hikotai 12 (End)

Kaptain

Anime ini itu pada dasarnya sebuah showcase buat animasi dogfight, and it’s one hell of a showcase. Karakterisasi karakternya mencukupi dan emang ngasih lebih banyak insentif buat penonton agar nyoba mobagenya. Konflik yang ada juga sekedar biar kita bisa dapet setpiece dogfight yang gila-gilaan, yang seperti yang saya tebak minggu lalu itu kombinasi trench run dan super weapon.

Jadi rekomendasi saya sama seperti di awal musim. Sangat direkomendasikan kalau kalian demen dengan dogfight dan sound design yang spektakuler. Iya, ini emang ngebuat antagonis dan character drive beberapa karakter dangkal, tapi visi seri ini emang untuk menghadirkan setpiece yang berkualitas.

bukan_randy

Great dogfight episode, meski pesawatnya terasa jauh lebih enteng atau malah ga ada berat dibanding episode-episode awalnya. Sejak pertengahan selalu ditunjukkin kalau tim Kotobuki itu ga kebal dan bisa kalah, dan saya senang tamatnya itu bukan tiba-tiba dapet powerup dan jadi menang gede, tapi bener-bener berjuang mati-matian dan menangnya benar-benar sengit. Lucunya kayaknya Emma ngehasilin satu-satunya tembakan jatuh yang bener-bener kelihatan kalau pilotnya ga mungkin selamat di anime ini. Then again, pemimpin grup satu lagi yang naik zeppelinnya sampai meledak aja bisa selamat.

Nggak kayak anime-anime lain yang setelah klimaks battlenya nunjukkin ke depannya mereka lagi ngapain, di sini langsung blak-blakan tiap karakternya ngomong ke depannya mau ngapain sebelum dipotong tamat. Dasar pacing ngebut seperti biasa.

Pada akhirnya, Kylie kerasa ga penting sebagai main character di luar minor personal vendetta ke orang yang kebetulan jadi musuh terakhirnya dan juga sebagai last man standing di final battlenya. Rasanya Reona lebih cocok jadi main character karena character developmentnya yang sangat sedikitpun itu jauh lebih banyak dari Kylie yang nggak ada sama sekali, dan Reona sendiri juga punya hubungan sama musuh terakhirnya.

Mob Psycho 100 S2 13 (End)

Kaptain

“Aku nggak mau melukai kamu”, he said while slamming two building to a dude. Saya sendiri lupa bagian Suzuki “dikures” kayak kain pel. Sesuai harapan Bones ngasih kandidat buat action setpiece terbaik untuk tahun ini. Akhirnya ada juga payoff buat brokolinya mob.

Saya sendiri masih bimbang apakah adaptasi animenya bakal lanjut. Namun saya diingetin kalau Arslan season 2 dulu dapet lanjutan season pendek (8 episode) dan format ini bisa dipake buat nyelesaiin Mob. Kecuali saya salah inget ceritanya masih punya 3 arc lagi.

Pop Team Epic Special

Kaptain

Lebih niat soalnya segmen A-B punya variasi yang lebih signifikan, dan kecuali saya salah ngitung ada 16 variasi seiyuu buat episode kali ini. Kurang lebih greatest hit buat gag seri ini sampe Square Enix juga ikutan, cuma sayang aja AC-bu nggak bikin Kami Shibai lagi.

YU-NO 01

What’s this?

Chaos;Gate sebelum masehi

Kaczmarek

Bagi yang belum tahu, anime ini adalah adaptasi dari novel visual buatan Elf (sudah tak beroperasi) yang dirilis akhir 1996. Hiroyuki Kanno, penulis skenarionya juga sudah berpulang pada 2011 lalu. Remake-nya sudah dibuat untuk platform PS4, PS Vita, dan Nintendo Switch. Untuk PC akan dirilis (kalau tidak ada masalah) tahun ini. Adaptasi H sudah dirilis dari 20 tahun yang lalu.

Desain karakternya OK, tapi jujur karakternya masih agak kaku. Saya masih berharap lebih untuk kelanjutan episodenya. Apalagi hampir (semua) karakter yang muncul di episode ini sepertinya masih menyembunyikan informasi.

Tate no Yuusha no Nariagari 13

Kaczmarek

Saya pikir wanita itu bakal mati ditusuk Raphtalia, de gozaru. Ternyata enggak toh, de gozaru. Akhirnya Naofumi (harus) ketemu sang ratu AKA ibunya Melty, de gozaru.

Vento Aureo 25

“Not our problem”

Kaptain

Mungkin ini karena casting dan pewarnaan anime-nya yang di episode ini tuh extra pink, but Spice Girls is hot. Mungkin saya lupa, tapi ada lagi nggak sih Stand dari seri ini yang nggak dikalahin, tapi “dibuang” dan udah bukan urusan tim utama kita?

bukan_randy

Satu lagi stand yang bisa bertindak dan bicara independen setelah Kouichi dan Echoes. Jujur saya ngakak ngeliat Spice Girls diterjemahin jadi Spicy Lady, malah bikin jadi keinget Olivia di Asobi Asobase.

Senryuu Shoujo 01

What’s this?

(out of danger) Eucliwood

Kaczmarek

Disaat menonton, saya malah lupa ternyata durasinya hanya 12 menit. Some jokes didn’t hit me well in this adaptation unfortunately, but that was adorable starter.

BlueHeaven

Thanks buat Fumikiri Jikan yang udah bikin saya paham terlebih dahulu bagaimana mekanisme poem 5-7-5 (haiku). Jadi buat yang ga paham apa itu, singkatnya itu semacam karya sastra yang terdiri dari 3 segmen dengan aturan suku kata sesuai angka di namanya yang ditulis di sebuah papan kertas seperti di anime ini.

Contoh dalam animenya adalah seperti ini:
Ka-ma-wa-na-i (5)
Do-u-mi-ra-re-te-mo (7)
Ki-mi-to-na-ra (5)

Melihat Nanako dalam bentuk animasi juga bikin dada saya sesak, tidak bisa menahan keimutan yang luar biasa dari LSBH yang satu ini. 12 menit yang cukup padat juga membuat anime ini tidak ada bedanya dengan anime 20 menitan pada umumnya.

Zoku Owarimonogatari 05

Kaczmarek

Sekarang saya tau darimana Kanbaru punya sifat mesum itu. Tapi kalau saya disuruh milih, saya tetap milih Mayoi-neesan atau Tooe-san. Tapi pilihan nomor dua di dunia sebenarnya sudah menghilang, atau tidak? Saya juga gatau.

Tooe disini memberi petunjuk untuk Araragi terkait keberadaan asli dari dirinya di dunia ini. Dibantu (lagi) oleh Ononoki, akhirnya mereka dapat petunjuk utama dimana dia bisa kembali ke dunianya. Ougi, adalah jawabannya.

Episode 6-nya udah rilis, tapi saya simpen buat minggu depan.

Midara na Ao-chan 01

What’s this?

Semua bermula ketika tuyul mesum punya anak

Kaczmarek

12 menit lagi. Itu ayahnya kenapa ngingetin saya sama karakter Ranma ½ wkwk. Btw, nggak terlalu buruk lah. Namun suasana absurdnya yang mungkin bikin saya gak terlalu tertarik, sampai adegan fan servicenya. Puding payudaranya itu apalagi.

BlueHeaven

Kalau musim lalu kita punya Myne sebagai most hated chara, mungkin musim ini kita sudah mendapat penerusnya. Tolong bapaknya dikondisikan mentalnya, mesumnya udah over sampai membuat kehidupan anaknya sangat terganggu. Bakal banyak fan service tentunya untuk kedepannya.

Bokuben 01

What’s this?

Waifu war musim ini

BlueHeaven

Fumino best girl. Ga setuju sini maju.

Kaczmarek

Belum, saya belum mutusin yang mana best girl saya.

Kaptain

Pacenya jauh lebih kenceng. Tipikal buat adaptasi genre ini berhubung animenya harus cepet ngenalin kelima heroine. Saya nggak terlalu protes melihat genre komedi itu kebantu sama pace yang lebih kenceng. Rada kesel aja jatah Asumi di opening dikit bener.

Kimetsu no Yaiba 01

What’s this?

Taisho Era Witcher

Kaptain

Atau better D.Grayman tapi siapa sih yang masih inget tuh seri. Seri yang digenjot kualitas produksi Ufotable biar bisa tayang sebagai film. Jadi kualitas paruh awal musim ini bisa dijamin cuma ya beberapa CG itu penggunaannya kurang bagus. Seperti biasa, Kajiura is killing it with her score. Yang paling saya nantikan itu gimana cara Ufotable ngeadaptasi “Breath” karakter tertentu, semoga aja kayak yang di opening.

Saya juga baru inget ibunya si Tanjirou punya “Dead mom haircut”.

Strike The Blood III 03-04

Kaczmarek

Avrora is back! Namun hanya dalam mimpi Kojou. Seiyuu Avrora entah kenapa Risa Taneda juga. But, there goes our December. Telah berpulang dengan bahagia, walau agak terasa gantung arc ini sejujurnya. Nasib Carly, Rogi, dan Rahn setelah itu juga tidak diberitahu, walau December sudah meminta Kojou untuk membawa mereka ke fasilitas penelitian.

Dari animasi openingnya sendiri, saya sudah mengira Asagi bakal jadi idol walau itu bukan Asagi yang kita kenal. Dan satu hal lagi, akhirnya Yukina positif. Selamat Kojou! Akhirnya bisa punya buah hati. Tapi saya sendiri juga gatau positif apa itu. Kita juga akan menantikan serangan apa yang Sayaka berikan untuk vampir mesum ini.

Nande Koko ni Sensei ga 01

What’s this?

Angry OrgasmSensei Noise

Kaptain

Nunggu Kamis kalau mau versi uncensored. Dua bab per episode kayaknya cukup biar keempat heroine dapet jatah.

Joshi Kausei 01

What’s this?

Angry JK Noise

Kaptain

Lebih hot daripada seri di atas IMO. Skenarionya lebih kreatif.

BlueHeaven

Tebel sekali itu paha yah…

Hitoribocchi 01

What’s this?

Lonely girl trying her best to get friend

BlueHeaven

Bagaimana agar kita bisa berteman dengan teman sekelas? Cara pertama, hilangkan sekolahnya. Kalau cara kedua tidak berhasil, hilangkan kelasnya.

Hachigatsu no Cinderella Nine 01

What’s this?

Baseball girls

BlueHeaven

Wanita diatas adalah bukanlah tipe saya. Seharusnya begitu, tapi saya tidak dapat memalingkan pandangan saya kepada si pirang kidal yang satu ini.

Girls Frontline

Sebelum ada yang protes, ini echelon buat pamer doang. Aslinya ya your usual 1HG1SG3MG cancer

Kaptain

Nggak akan terlalu protes kalau nggak dapet Meltlilith akhir April nanti. Udah ikhlas kalau luck gacha abis buat ngedapetin semua kostum yang saya mau.

Sekiro

Kaptain

Tamat. Grinding buat ngeupgrade Prosthethic sama ngumpulin Carp dulu sebelum masuk NG+. Sekedar jajak pendapat aja, antara 3 boss akhir (atau malah boss sebelum ini) yaitu Superdad di Hirata, Super Orangutan di Outskirt, dan SwordGunSpear Saint menurut kalian mana yang paling alot dilawan? Saya sekedar bilang aja yang kedua itu yang nggak bikin saya puas bisa ngalahin. Superdad bikin saya melek banget sama Mikiri dan Sword Saint itu satisfying banget setelah saya hapal sama lightning reversalnya.

bukan_randy

Sayangnya saya kelewat lawan “Superdad” gara-gara kelewat eavesdropnya dan belum mulai 2nd playthrough, jadi saya belum bisa komentar. Demon of Hatred itu bos yang paling lama saya lawan di sini, dan akhirnya bisa menang setelah saya hafal tanda-tanda gerakannya dan ga panik nangkis. Saya pribadi sih puas begitu menang lawan dia.

Untuk Sword Saint, ini pertarungan terfavorit saya di game ini. Ada orang yang bilang pertarungan lawan dia ga adil karena movelist dia meliputi jurus-jurus yang kita nggak punya/rangenya lebih besar, tapi sebenernya movelist kita itu sangat imbang dengan boss ini. Untuk ekuivalen serangan spearnya yang jaraknya besar, kita punya Mortal Draw. Untuk serangan di mana dia bisa mendekat dari jarak jauh, kita punya Shadowrush. Untuk pistolnya, kita punya shuriken. Bahkan kita juga sama-sama punya Ichimonji: Double dan Ashina Cross. Untuk Lighting Reversalnya sendiri, saya ngerasa ini agak broken sih gara-gara bossnya ngeluarin petir tiga kali dan semuanya saya balikin, dan itu kurang lebih ngasih 80% damage saya di phase terakhir boss ini, jadinya phase ketiganya kegampangan dan kurang seru dibanding phase keduanya hahahah.

Lucunya bos kedua yang saya paling lama lawannya itu malah salah satu Lone Shadow (ninja ungu) pas balik ke tempat awal mulai game. Miniboss yang itu yang bikin saya bener-bener pelajarin sistem game ini, dan untungnya saya beneran belajar, karena bos ini jadi mob di akhir-akhir dan bisa lawan dengan cukup santai (kalau satu ya, kalau rame-rame sih langsung lari saya huahahahah).

Sekian JOI Spotlight kali ini. Kalau dilihat lagi banyak juga ya seri pendek yang patut diperhatikan di musim ini.

Header: ATDAN