[JOI Spotlight] Gravitational Lensing Edition

April 14, 2019 6:14 pm
[JOI Spotlight] Gravitational Lensing Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Masuk ke minggu kedua musim semi ini dan staf JOI kembali mengumpulkan seri yang baru hadir untuk diberikan impresinya.

Zoku Owarimonogatari 06 (End)

Kaczmarek

Satisfying and brilliant. Saya ga nyangka ternyata dunia cermin itu adalah ulah dari Araragi sendiri. Ougi yang sudah memberikan petunjuk yang sedikit samar, namun dia mengarahkan Araragi ke jalur yang mudah dia mengerti. Ougi disini juga ternyata masih body-double Araragi, sehingga kesimpulan bahwa ada Araragi Alter (saya gak bisa nemuin kata apa yang cocok, jadi alter saja) itu adalah kosong. Lalu apa yang terefleksi dari dunia cermin itu? 20%, isinya adalah urusan yang tidak bisa dipenuhi Araragi, sebagai contoh menyelamatkan Mayoi atau Kanbaru dengan lengan kiri itu.

Bagaimana mereka menyelesaikan seri ini? Bisa dilihat gambarnya sendiri. Twintail Hitagi? Are you kidding me? Hitagi pastinya penasaran dengan dirinya di dunia cermin itu seperti apa, namun untungnya Araragi tidak bertemu dengannya. Beberapa hal memang tidak harus kita ketahui.

Dororo 13

Kaptain

Episode pemanasan masuk cour baru. Jujur aja Demon yang kemampuannya itu cuma ngubah muka doang itu cuma masalah waktu buat dibasmi. Cuma pandangan positif untuk konflik kali ini ya kecacatan Hyakki yang pada kasus ini membantu banget. Kaget juga si ibu bisa selamat.

Isekai Quartet 01

What’s this?

Just look at it.

Kaptain

Cute ED, dan opening juga ngasih jatah “Kazuma desu”. Masih di sesi perkenalan jadi interaksi antar seri masih belum jalan.

Kaczmarek

Episode starter, seluruh karakter langsung semua dijembrengin. Ceritanya? Beloman, tunggu minggu depan.

One Punch Man S2 01

What’s this?

Bald dude sucks at video game

Kaptain

Season pertama itu bisa terjadi karena timing dan situasi yang pas banget. Staf dan freelancer yang dibutuhkan untuk mencapai kualitasnya itu kebetulan ada dan bisa kerja sama, yang sayangnya pada musim ini lagi ada proyek lain. Jadi terus menerus bilang musim lanjutan ini nggak sebagus sebelumnya itu walaupun valid, sayangnya nggak produktif.

King itu karakter favorit saya dari seri ini. Saitama butuh teman “sungguhan” dan King memenuhi peran ini dengan baik begitu keduanya sepakat soal posisi mereka sebagai hero. Jujur aja saya lebih nunggu dialog antara keduanya tentang apa itu pahlawan dibandingkan dengan segmen aksi musim ini.

Dari opening sih paling nggak musim ini bakal nyampe ke Elder Centipede. Rada susah lebih dikencengin lagi berhubung banyak banget hero lain yang butuh jam tayang, fokus ke Garou, dan tournament arc yang sayangnya makan kebanyakan waktu. Kalau kualitas produksi emang tidak bisa tercapai, komposisi serilah yang bakal nolong musim ini.

YU-NO 02

Kaczmarek

Saya antara mau ketawa lepas sama pengen mukul kepala Takuya (dan juga Toyotomi). Dense protagonist seperti dia selalu bikin saya kesal dan bahagia dalam momen yang sama. Saya tahu sebenernya dia ini cerdas kalo mau serius. Jujur saya udah mencoba fokus nonton episode kedua ini, walau sanity saya kian menurun. Semoga episode selanjutnya tidak mengesalkan episode ini.

Senko 01

What’s this?

You need her to heal your pain

BlueHeaven

Saya butuh Senko dalam kehidupan saya! *screaming internally*

bukan_randy

Saya sempat kaget pas ternyata anime ini bukan anime singkat tapi full episode. Untungnya pembawaannya bagus dan bikin ngantuk (yang mana sesuai tujuannya)

Mayonaka no Occult Komuin 01

What’s this?

MIB: Japanese Salaryman Edition

Kaptain

Tentang organisasi supernatural yang lebih fokus ke mediasi dan negosiasi para siluman. Neat Idea, cuma sayang aja kualitas produksinya pas-pasan.

Fairy Gone 01

What’s this?

Gothic Persona

Kaptain

Kebalikan yang di atas. Kualitas produksi PA Works, cuma sayangnya saya nggak suka dengan premis maupun karakter sentralnya. Karakter utama yang sangat nggak profesional dan cuma bisa njerit “but friendship!!!”, lelang barang berharga yang sekuritinya payah banget, eksposisi yang in your face. Kesannya episode pertama ini dimandat untuk ngetemuin para karakter yang punya kesetiaan berbeda dan hubungan di masa lalu sekaligus ngasih eksposisi dunia, cuma eksekusinya berantakan dan amatiran banget.

Shoumetsu Toshi 01

What’s this?

Tries really hard to be a more modern Darker than Black

Kaptain

Penengah dua seri sebelumnya, punya keseimbangan yang bagus di ide, eksekusi, dan kualitas produksi yang walaupun ga sebaik Fairy Gone punya setpiece aksi yang kreatif. Bisa dibilang dari trio urban fantasy ini, Shoumetsu yang impresi saya paling positif.

Midara na Ao-chan 02

Kaczmarek

Ao-chan kalau anunya cowok kegedean ya susah masuk lah ya, keluarnya apalagi. Anyway, that tight suit tho.

BlueHeaven

Buset itu bapaknya Horie, suaranya bisa manly calm bikin saya terkejut saat mendengarnya. Kesalahpahaman Horie dan Kijima soal buku yang tertukar bikin ngakak juga.

Senryuu Shoujo 02

Kaczmarek

Ini dia kakak tercinta, terbohai dan terbaik, Koto Ootsuki-neesan! Bukan, dia bukan kakak kandung Eiji.

BlueHeaven

Haiku masih dipertahankan. Munculnya Koto-nee di episode menambah kemanisan dari anime ini.

Vento Aureo 26

Kaptain

Agak lupa dengan arc kali ini, tapi bagian Doppio agaknya lebih banyak dapat ekspansi di anime ini. Kalau soal Metallica sih saya inget banget, susah lupa soal silet keluar dari mulut dan paku keluar dari mata.

bukan_randy

Saya juga lupa kalau ada King Crimson vs Metallica, padahal biasanya saya selalu suka saat villain JoJo harus berjuang sebagaimana para MC saat melawan stand lain. Pembawaan Doppio saya rasa sangat awkward dan bagus.

Kimetsu no Yaiba 02

Kaptain

Training arc mulai. Kecuali saya salah itung harusnya 5 episode awal ini biar Tanjirou bisa resmi jadi Demon Slayer profesional. Awalnya rada khawatir apakah ufotable bisa ngerjain adegan yang lebih light hearted dan untungnya episode ini bikin saya lebih optimistis soal ini.

Sarazanmai 01

What’s this?

The Ikuhara Show. Now with rectal fisting

Kaptain

Anime Ikuhara, dengan kata lain it’s stylish & homoerotic as hell. Seri yang saya saranin cek episode pertamanya walaupun kalian nggak tertarik ngelanjutin. It’s a pure emotional spectacle.

Hitoribocchi 02

BlueHeaven

Nambah lagi temennya. Kepolosan Bocchi yang bikin greget ditambah kesialan Honshou yang bikin ngakak bikin episode ini benar-benar hidup. Please itu gimana sial atau ceroboh, masa gantungan masih nyangkut di baju pas udah sampe di sekolah. Malah pake acara ketukar celana dalam sama emaknya. Honshou benar-benar karakter unik dengan segala denialnya.

Bokuben 02

Kaczmarek

Uruka? Tidak, masih terlalu annoying. Menunggu perkembangan karakter lain untuk anime ini sebelum saya menentukan siapa yang harus saya dukung.

Heavens Feel 2

Kaptain

Kembali lagi ke petualangan Shiro Ilya yang sayangnya ga serapih film sebelumnya untuk soal pacing. Saya yakin cuma aspek ini aja yang dipeduliin, tapi ya, adegan yang itu kentara banget dilewatin.

bukan_randy

Dengan banyaknya hari yang ditampilkan di movie ini, kejanggalan tensi naik turun yang ga begitu terasa di TV series karena format episodiknya jadi sangat terasa di sini. Di malamnya ada revelasi berat, besok paginya ada montage jalan-jalan pagi bahagia. Malamnya ada karakter mati, paginya acara masak keluarga bahagia.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Selain banyaknya anime pendek, saya juga cukup kaget dalam sehari itu ada tiga anime Urban Fantasy.

Header: unkomoreso720