Kreator Manga ‘Lupin III’ Monkey Punch Telah Berpulang

April 17, 2019 3:46 pm
Kreator Manga ‘Lupin III’ Monkey Punch Telah Berpulang

Kabar duka datang dari Jepang, kreator mangaLupin III”, Monkey Punch telah berpulang pada 11 April lalu dikarenakan menderita penyakit Pneumonia. Mangaka yang memiliki nama asli Kazuhiko Kato ini meninggal di usia 81 tahun.


Monkey Punch lahir di Hamanaka, Hokkaido pada tahun 1937. Beliau memulai debutnya sebagai mangaka pada tahun 1965. Judul pertamanya adalah “Playboy Nyuumon” yang dipublikasi di majalah milik Futabasha, Manga Story. Beliau kemudian meluncurkan manga Lupin III pada tahun 1967 di majalah milik Futabasha lain, Manga Action. Popularitasnya meroket, dan manga-nya mendapat adaptasi anime pada tahun 1971. Seri ini kemudian menginspirasi pembuatan anime dan film, termasuk juga live-action dan game.

Pada awal tahun 1980, beliau mendapatkan banyak penghargaan seperti Inkpot Award dari Comic-Con International, Golden Romics dari Romics, penghargaan jasa dari Asosiasi Media Digital (AMD), dan penghargaan jasa di Tokyo Anime Award Festival. Beberapa tahun terakhir. mangaka yang gemar merokok ini menghabiskan waktunya untuk belajar animasi 3D menggunakan CG, dan beberapa kali menjadi dosen tamu untuk produksi manga di beberapa universitas terkemuka.

Sebelum berpulang, Monkey Punch tengah sibuk mengerjakan proyek film Lupin the IIIrd: Mine Fujiko no Uso. Film ini akan ditayangkan pada 31 Mei 2019. Telecom Animation Film menjadi studio produksi film anime tersebut.

Kami dari tim JOI mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya mangaka veteran ini.

Sumber: ANN