[JOI Spotlight] Useless Stage Edition

April 21, 2019 7:11 pm
[JOI Spotlight] Useless Stage Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Kita masih di awal musim dan jujur saja saya cukup seneng dengan musim yang lebih “enteng” ini. Seperti biasa kami akan memberikan impresi para staf untuk seri yang sudah hadir Minggu ini.

Nande Koko ni Sensei ga 02

Kaczmarek

Saya harus selalu mengingatkan diri bahwa seiyuu-nya itu sumippe. Episode ini cukup berbahaya kalau tidak disensor memang. Kalau sensornya sampai begitunya, saya makin yakin BD bakal lumayan kejualnya.

Isekai Quartet 02

Kaptain

Hal yang paling saya harapkan terjadi juga. Oke, kita sebagai penonton harusnya tahu spesialisasi Aqua dan power level guardian kayak Mare buat diskusi power level sampe lebaran monyet, tapi perlu diingat kalau Aqua “cuma” ngeliat kru Nazarick sebagai geng Undead/Demon/Vampire dan Ainz cuma tahu kalau ada “dewi” yang bisa ngelukain dia pake skill level dasar dan ngebuat Shaltear yang sekedar keciprat serangan pingsan. Dia juga nggak tahu power level manusia yang bisa jadi pawangnya si dewi.

Jadi kita udah dapet fondasi yang bagus antara kedua seri. Ainz yang dari sananya paranoid bakal lebih hati-hati di sekolah ini dan kru Konosuba tentu aja bakal sengaja atau nggak, bakal nyari perkara sama seri lain

Dororo 14

Kaptain

Ini episode bukannya dah pernah di episode kedua cour sebelumnya? Demon yang nyamar jadi petinggi lokal, check. Demon lokal yang ngasih peringatan, check. Pengelana yang dipancing buat dikorbanin, check.

Awalnya saya ngira tato Dororo itu orisinal di animenya, cuma ternyata di manganya ada tapi ya nggak dapet fokus yang berarti untuk sekarang. Di game, film, dan anime sebelumnya plot ini nggak ada.

One Punch Man 02

Kaptain

Masuk episode 2 dan staf produksi udah harus ngandalin gambar statis buat adegan aksinya. Sebenernya sih JC Staff agak kebantu melihat season dua ini pada dasarnya lebih fokus ke karakter dibanding dengan musim sebelumnya. Cuma ya masih sama ke komentar saya di minggu lalu soal komposisi seri, season ini bisa aja abis cuma buat ngenalin karakter aja.

YU-NO 03

Kaczmarek

Sempet ada fake subs berkeliaran kalau Takuya ini ngajak ibu tirinya untuk melanjutkan hidup bersama. Beruntungnya enggak kejadian haha. Toyotomi emang keparat, kasihan kali Ayumi jadi korban terus. Buru-buru resign tante sebelum drama sinetron di episode sebelumnya keluar lagi. Oiya, makin kesini entah kenapa vibenya makin kayak dari Nitroplus.

Sarazanmai 02

Kaczmarek

#NowPlaying Tool – Track 1

Vento Aureo 27

Kaptain

Dua hal yang saya lupa: Bentuk stand Metallica (adorable) dan Risotto yang baik banget mau ngejelasin zat besi itu dari makan apa saja. Aneh aja sih Epitaph sampe diganti namanya di sini, melihat perannya yang “cuma” subweapon.

Kimetsu no Yaiba 03

Kaptain

Training arc selesai, harusnya 2 episode selanjutnya bisa didedikasiin buat ujian chunin masuk. Saya harap untuk adaptasi anime ini bakal ada penyesuaian berhubung anime harusnya udah punya materi soal beberapa calon Slayer yang di manga-nya dulu nggak dapet cukup fokus tapi punya peran penting di masa depan.

Shoumetsu Toshi 02

Kaptain

Nih anime seneng banget sama Death Fakeout. Jadinya saya susah percaya kematian di akhir episode itu beneran final. Udah gitu Tamashii yang secara efektif itu “hantu” juga udah jadi faktor, kalaupun dia beneran mati juga paling bakal balik.

Bokuben 03

Kaczmarek

Poin plus Uruka, Fumino dan Rizu bertambah. Makin bingung milih pihak siapa ini. Berhubung heroine ke-5 belum muncul, mungkin saya tahan sampe akhir musim.

Midara na Ao-Chan 03

Kaczmarek

Sayangnya di episode kali ini ceritanya gak terlalu greget. Tapi saya masih bisa dimanjakan oleh pelecehan seksual yang dilakuin sama Takumi secara gak sengaja.

Senryuu Shoujo 02

Kaczmarek

Please, Nanako hanya ingin perhatian lebih. Semoga mereka berdua jadian sebelum episode terakhir ini, selama Koto-nee membolehkannya.

Trinity Seven Movie 2: Tenkuu Toshokan to Shinku no Maou

Kaczmarek

Arata harus melawan demon terkuat di dunia, Abyss Trinity yang ternyata adalah ayah kandung Lilith. Akio juga berubah menjadi versi lebih mudanya. Arata yang hanya menguasai dua archive selain miliknya, harus mengkopi Logos Art milik Lieselotte lewat kontak tubuh. Yeah, you know what i mean. Di movie ini, Lugh bener-bener keliatan polos banget. Lugh juga jadi makanan bondage terus, dari Liese sampai Judecca.

Setiap kali Liese menggoda Arata, saya makin prihatin dengan Naobu di studio. Tapi gapapa, peran ini justru menguatkan profesionalitasnya. 7,5/10 untuk skenarionya, 9/10 untuk kualitas suaranya, 10/10 untuk lewdness-nya. Lalu, bagaimana menurut kalian?

Kamen Rider Heisei Generations Forever

bukan_randy

Saya nonton tanpa banyak harapan karena biasanya movie crossover gede-gedean Kamen Rider ga pernah bagus, dan nontonnya bareng temen-temen dengan pola pikir “seenggaknya kalau jelek, bisa ketawa bareng,” dan ternyata pola pikir itu sangat membantu sekali. Cerita berantakan dengan nyatu-nyatuin berbagai trope yang rentan plot hole yaitu time travel, alternate dimension, dan 4th wall break, dan semuanya berhasil bikin banyak plot hole yang bermasalah.

Kalau konflik utamanya ada di dunia “nyata” di mana Kamen Rider itu fiktif, kenapa bisa ada Time Jacker dan Imagin? Kenapa Futaros mau ngebantu Ataru dan Shingo? Kenapa Tid ga punya tujuan yang sama dengan Time Jacker lain tapi cuma sekedar mau ngehancurin dunia? Shotaro kenal Zi-O dari mana dan kenapa dia mau/bisa nitipin Ridewatch ke dia di dunia “nyata”, dan kenapa Ridewatchnya tetep kebawa ke dunia Kamen Rider? Kenapa di dunia “nyata” si Shingo bilang besok Kamen Rider Kuuga baru mau mulai tayang tapi tahu-tahu Tid nemu reruntuhan Kuuga beneran dan ngambil kekuatannya di dunia yang sama? Kenapa Sento dan Banjo ingat Sougo kalau di episode 2 TV seriesnya mereka kehilangan ingatan dan identitas mereka sebagai Kamen Rider? Cara kerja Den-O di dunia ini itu gimana? Kenapa CGI-nya jelek banget sampai-sampai lebih jelek dari pas di TV series dan bikin saya & teman-teman saya ga berhenti ketawa/sedih tiap kali nongol di layar?

Untungnya masih ada beberapa momen bagus di film ini, yang sebagian besar datang dari faktor fanservicenya. Rider-Rider lama yang muncul setidaknya sempat menunjukkan kemampuan unik masing-masing ketimbang cuma nonjok-nonjok/loncat-loncat di background seperti di film-film massive crossover sebelumnya. Takeru Satoh juga akhirnya kembali memerankan Ryotaro. Dialog Momotaros ke Ryotaro terasa seakan-akan kata-kata langsung dari para penggemar KR ke Takeru Satoh (saya sempat dengar ada suara hidung tersenggak di adegan ini di bioskop). Kazumi/Grease juga untungnya masih jadi raja tukang lawak.

So yeah, kalau mau ditonton, sebaiknya tonton ramai-ramai bersama teman-teman penggemar KR lainnya biar momen-momen fanservice-nya lebih terasa, dan juga bisa lebih enak ngetawain CGI-nya.

Girls Frontline

Kaptain

Dapet semua yang dibutuhin dari rate-up. Tinggal 9 hari lagi sampe Deep Dive dan semoga aja para doll baru ini bisa up to standard sebelum itu.

bukan_randy

Sempet madesu setelah 90-an ticket ngincer C-MS cuma dapet 2 Thompson dan 5 UMP sisters. Sekarang untuk dua hari ini kayaknya saya cuma bakal nunggu logistic dan ngeroll tiap logistic kelar. Seenggaknya sekarang dapet 100 Shiki (ga bakal dipakai) dan 2 SR-3MP yang sebelumnya saya belum dapat.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Menurut kalian sendiri seri mana yang kedepannya puya prospek besar? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.