[Manga Spotlight] Kanojo, Okarishimasu

April 25, 2019 1:18 pm
[Manga Spotlight] Kanojo, Okarishimasu

Kembali lagi dengan rubrik yang masih hangat, Manga Spotlight! Kali ini kita akan melihat salah satu manga romance yang bisa membuat pembacanya ngamuk ga karuan. Ya, apalagi kalau bukan Kanojo Okarishimasu atau disingkat dengan Kanokari.

Kanojo Okarishimasu dirilis perdana pada 12 Juli 2017. Manga karangan dari tangan sang maestro Miyajima Reiji ini sudah mencapai chapter 88 dan masih berlanjut saat artikel ini dibuat. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan.

Prologue

Bercerita tentang Kazuya, seorang mahasiswa yang baru diputus mantan pacarnya mencari sesuatu untuk menghibur dirinya. Ia pun mencoba untuk merental pacar sewaan. Hal ini lah yang membuat sang protagonis bertemu dengan heroine utama, Chizuru.

Chizuru adalah pacar sewaan yang bekerja sangat profesional. Tidak hanya cantik, dia juga memiliki kepribadian pacar idaman sesungguhnya. Namun Kazuya yang masih dalam bad mood memberikan rating terburuk kepada Chizuru pada kencan perdananya. Kesal terhadap penilaian Kazuya, Chizuru memberi perhatian lebih terhadap Kazuya saat kencan keduanya, hingga Kazuya yang sudah muak membuat Chizuru mengeluarkan kepribadian sebenarnya.

Masih dalam kencan keduanya, Kazuya menerima kabar bahwa neneknya kambuh dan dilarikan ke rumah sakit. Kazuya pun segera bergegas untuk menjenguk neneknya. Neneknya begitu perhatian terhadap Kazuya karena dia adalah calon tunggal penerus bisnis keluarganya yang cukup tajir.

Hal yang tak terduga pun terjadi. Chizuru yang ikut, tidak sengaja terklaim sebagai pacarnya Kazuya hingga membuat keluarga Kazuya sudah salah menduga. Demi neneknya, hubungan Kazuya dan Chizuru sebagai pacar sewaan diteruskan ditengah kebohongan yang terus mereka pertahankan hingga Kazuya mendapat pacar sesungguhnya.

This story just getting more complicated

Setelah insiden itu, kisah mereka berdua semakin ribet. Ternyata Kazuya dan Chizuru satu kampus. Chizuru datang ke kampus dengan penampilan yang sangat berbeda dibanding dengan mode pacar sewaannya.

Tidak hanya itu, ternyata nenek Kazuya dan nenek Chizuru dirawat dirumah sakit yang sama. Hal ini membuat keduanya sangat bersahabat, sehingga mereka terus terperangkap dalam hubungan mereka yang palsu.

Belum cukup sampai disitu, authornya menambahkan sebuah kebetulan lainnya yang membuat kisah mereka tambah runyam, yakni ternyata tempat tinggal mereka bersebelahan.

Dalam anime dan manga memang plot yang seperti ini dengan serba kebetulannya sangatlah tidak asing. Membuat kisah yang berbelit-belit memang andalan dalam genre romance. Apalagi untuk menambah nafas manga agar bisa bertahan lama. Namun dosis yang diberikan oleh pengarang manga disini sangatlah overdone.

Kedepannya bakal ada heroine lain selain Chizuru yang terlibat dalam kisah yang serba kacau ini. Hal ini dimaklumi karena selain untuk memperpanjang usia seri, ini juga menambah variasi warna (atau mungkin keribetan) dalam cerita ini.

One of the worst MC ever in animanga history

Selain cerita yang complicated, ada lagi hal yang bikin pembaca emosian. Ya, apalagi kalau bukan karakter utamanya, Kazuya.

Kazuya ini bukan sekedar mahasiswa kere yang hidupnya susah makan ind*omie tiap hari. Dia anak cukup tajir. Ya iyalah bisa nyewa pacar ga cuma sekali tapi berkali-kali. Walau begitu dia sok kuat dengan mencoba bekerja paruh waktu sambil kuliah.

Lihat mukanya duh ngeselin banget

Dihadapkan dengan heroine yang bagaikan permata tujuh warna, Kazuya tak mampu mengambil keputusan dan terlihat sangat, sangat plin-plan. Kalau kamu anggap MC model Yuuki Rito atau Orimura Ichika udah ngeselin, mungkin yang ini bisa lebih parah. Kalau dibandingin mungkin dia sedikit dibawah worst MC ever yang bikin rusak satu jalan cerita anime, Itou Makoto.

Kebangsatan Kazuya adalah ketika dia sudah punya Chizuru yang diakui secara de jure oleh keluarganya, tetapi dia masih mencoba balikan dengan mantannya (yang ternyata sifatnya thot). Tidak cukup sampai disitu, di pertengahan cerita muncul seorang heroine baru (sebut saja Ruka) yang cinta mati dengan Kazuya hingga memaksa Kazuya untuk berpacaran dengannya. Walau sudah memiliki Ruka yang cantiknya tidak kalah dengan Chizuru, Kazuya masih mau mempertahankan hubungannya dengan pacar sewaannya.

Udah punya pacar seimut ini, masih aja sewa pacar rental

Kazuya juga sering berpikiran mesum terhadap karakter wanita disini. Namun ketika ditawarkan untuk melakukan kemesuman itu Kazuya justru lari. Hal ini yang membuat pembaca emosi tidak karuan melihat tingkah MC yang satu ini. Sungguh, sebuah sampah ditengah hamparan berlian.

Yang ginian memang harus ditampol

Le Fashionista

Jadi setelah melihat banyak poin negatif diatas, mengapa manga ini diangkat jadi artikel? Seperti yang saya sebut sebelumnya, bahwa Kazuya itu seperti sampah ditengah berlian. Yep, manga ini masih menyimpan berlian yang layak untuk menjadi alasan kamu kuat menghadapi cobaan dalam membacanya. Apalagi kalau bukan heroinenya.

Sampai saat ini sudah ada empat heroine yang diperkenalkan. 75% adalah pacar sewaan, 25%-nya thot. Kamu akan menemukan si perfeksionis Chizuru dengan segala kesempurnaannya, Ruka si imut yang selalu berusaha mencuri hatimu, Sumi gadis yang sulit bicara tapi maksa kerja jadi pacar sewaan, dan Nanami yang sebenarnya tidak ingin saya sebut namanya karena si mantan Kazuya ini punya sifat pure thot namun tetap cakep. Semua adalah heroine dengan kualitas bintang lima yang bisa menjadi pacar idaman bagi lelaki manapun yang beruntung.

Thot, thot, go away..

Miyajima Reiji juga menggambarkan pakaian tiap karakter dengan detail yang luar biasa. Mungkin bakal ribet disini kalau ini diangkat menjadi serial anime. Selain itu, ekpresi dan interaksi karakter tampak hidup dengan variasi panel yang tidak kaku.

Beberapa desain pakaian yang digambar oleh Miyajima Reiji

Verdict: Unless you are strong enough, don’t read this manga!

Dengan kisah yang berbelit, karakter utama yang super rese, namun heroine kualitas diatas rata-rata dengan minim kekurangannya, manga ini masih bisa dinikmati. Yap, asal kamu tahan banting, kalau tidak urat saraf Anda bisa putus karena saking emosian. Sayangilah barang-barang disekitar kamu dan kesehatan Anda dengan menjauhkan diri dari plot manga yang mengancam jiwa seperti ini.

PS: I guess masalah adaptasi anime tinggal tunggu waktu saja, soalnya saudara sesama LSBH-nya, Nanako sudah mendapat serial anime.