Rayakan Olimpiade, RX-78-2 dan Zaku II Akan Diluncurkan ke Ruang Angkasa

May 16, 2019 2:44 pm
Rayakan Olimpiade, RX-78-2 dan Zaku II Akan Diluncurkan ke Ruang Angkasa

Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan bekerja sama dengan Universitas Tokyo untuk meluncurkan model Gunpla ke luar angkasa pada tahun 2020. Proyek ini didukung oleh Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo.

Staf di Universitas Tokyo akan mengembangkan satelit ultra-kecil “G-SATELLITE” yang berisikan RX-78-2 dan Zaku II untuk dilepaskan ke ruang angkasa dari Modul Eksperimen Jepang (JEM) Stasiun Antariksa Internasional antara Maret dan April 2020. Setelah itu satelit akan mengirimkan pesan pendukung selama mengorbit Bumi.

G-Satellite akan berukuran 10cm x 10cm x 30cm dengan model RX-78-2 yang terpasang di atas dan model Zaku II di “kokpit” di dalamnya. Kedua model Gunpla dilengkapi dengan cat dan bahan khusus yang dapat bertahan dalam kondisi ruang angkasa. Papan pesan akan menampilkan salam di dekat kaki Gundam dan matanya akan menyinarkan lima warna Olimpiade. Satelit itu akan menampung tujuh kamera untuk merekam aksi Gunpla.

G-SATELLITE akan tiba di JAXA musim gugur ini dan konferensi pers dijadwalkan berlangsung pada bulan Desember. Konferensi pers akan menguraikan lebih banyak detail tentang peluncuran satelit yang akan datang.

G-SATELLITE adalah salah satu dari “Proyek Satu Tim” yang dirancang untuk merayakan Olimpiade Tokyo 2020 dengan kerja sama para pencipta dan inovator Jepang terkemuka.

Sumber: ANN