[JOI Spotlight] Remake Edition

May 19, 2019 8:31 pm
[JOI Spotlight] Remake Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang hadir di pertengahan bulan puasa ini. Seperti biasa para staf JOI akan memberikan impresi untuk seri yang telah hadir minggu ini.

Dororo 18

Kaptain

Kedua duo balik lagi. Saya seneng Dororo walaupun untuk sekarang nolak ngambil harta masih ngambil dikit “uang jajan” sampai dia dapet rencana yang jelas buat ngabisin warisannya. Hyakki emang diburu sebagai biang kerok kehancuran propinsi Daigo, tapi ekpedisi Tahomaru ini jelas udah boros banget pasukan yang seharusnya ngejaga wilayahnya.

YU-NO 07

Kaczmarek

Ryuzoji bilang dia tidak mau jadi korban ketiga, dari titik ini mulai berkembang cabang lain untuk nyelesain misterinya. Lalu kita dipertemukan ibunya, yang katanya punya penyakit Alzheimer tapi kalimat yang diucapkannya kayak ngasih petunjuk untuk berhati-hati terhadap anaknya. Karena saya belum main visual novel versi remakenya, saya gatau ini permulaan rute siapa. Tapi kemungkinan besar ini rute Eriko atau Mitsuki.

Isekai Quartet 06

Kaptain

Pembentukan komite, jadinya para karakter bisa dipartisi dengan bagus. Mungkin Kazuma apes kejebak di antara Demiurge sama Tanya, tapi perlu diingat Kazuma itu paling bagus di situasi kayak gini. Bencana datang saat dirinya nganggap enteng tantangan dan kedua atasan dia bakal maksa dia untuk lebih hati-hati.

One-Punch Man 06

Kaptain

Lebih mendingan berhubung fokusnya cuma ke dua insiden aja, turnamen dan invasi. Dari fokus ceritanya, season ini lebih cocok disebut “Hero Association feat. One Punch Man”.

Grisaia: Phantom Trigger 01-02

Kaczmarek

Zdravsvuite,

Awal-awal dari seri ini dibuka dengan penyambutan Shiori sebagai guru baru untuk kelas A. Hingga saatnya Shiori menjadi korban penculikan. Battle scene yang cukup familiar jika kalian sudah menonton seri sebelumnya (Grisaia no Kajitsu, Rakuen dan Meikyuu). Aoi Haruto disini berperan sebagai instruktur dan master untuk Rena dan heroine lainnya. Rena yang energetik tapi sedikit bodoh, Murasaki yang cara bicaranya lucu, Chris yang tampak seperti Sachi namun tampaknya lebih normal, dan Tohka dengan tsundere klasik ala Ayaneru.

Saya menonton episode keduanya tanpa ngeliat scene saat prolog dan kemudian dua Inagaki ini berbicara. What? Suzuya dan Kumano? Oh enggak, ternyata si kembar ini. Untuk episode kedua ini, kita diperkenalkan juga dengan heroine tsundere terbaru yaitu Bucks alias Maki Inohara. Masa kecil Maki ternyata berhubungan dengan Rena, dan ia dianggap sebagai adiknya sampai kehidupannya berbeda jalur. Sepertinya saya mendapat sebuah alasan mengapa saya harus beli novel visualnya di Steam habis lebaran nanti.

Jadi sejauh ini apakah cukup worth to watch? I think so, despite their first episode is kinda short.

Bokuben 07

Kaczmarek

Saya heran gimana Kirisu-sensei kesandung terus ½ bagian badannya bisa nyangkut di tumpukan buku. Yuiga masih bisa belajar di tengah kapal pecah kayak gitu, mungkin saya perlu belajar dari dia. Juga, Yuiga bisa mendapat kesempatan untuk mendarat di bantal terbaik milik Ogata.

Miru Tights 02

Kaczmarek

Bukan favorit saya, sungguh. Episode ini mulai menyanggah selera manusia, yang sayangnya pada episode ini tidak sesuai pilihan saya.

Midara na Ao-chan 07

Kaczmarek

Saya gamau menyalahkan Kijima di episode ini, beneran dah wkwk. Udah berharap lepasnya di lautan, tapi malah setelah sampai bibir pantai. Kijima, you’re lucky brat!

Vento Aureo 30

Kaptain

Udah ekplisit dijelasin kalau Buciaratti udah mati dan masa kadaluarsa jasadnya itu mulai habis.. Soal penjelasan Giorno kalau Green Day itu nyerang tanpa pandang bulu itu karena temperamen penggunanya itu entah ngarang atau ini kasus “Araki lupa” lagi, karena saya nggak yakin aspek ini bakal muncul lagi. Some Stand are just a dicks.

Kimetsu no Yaiba 07

Kaptain

Saya punya pandangan kalau antagonis yang bagus itu jauh lebih berharga daripada protagonis yang bagus. Membuat tantangan yang pantas dihadapi itu susah, dan kemunculan Muzan itu titik di mana saat saya baca manga-nya dulu saya mulai nyaman dengan seri ini. Seperti yang ditunjukkan episode ini, Tanjirou nemu Muzan dan dia nggak bisa apa-apa melihat sang antagonis ini sangat handal soal pura-pura jadi manusia. Muzan sadar sama situasinya dan bisa dengan nyaman “nyerang” Tanjirou.

Ini juga titik di mana pas baca manga saya mikir “kok ada mobil sama tram- ah right Taisho Era”. Hasil modernisasi kilat dari restorasi meiji bisa dilihat dari kesenjangan teknologi area urban dengan rural. Ini setting yang jujur aja underused dan ngeliat penonton yang mulai seri ini lewat anime punya reaksi sama kayak saya dulu, it’s neat.

Also, the dude from swamp demon? Kayaknya bakal dirajam sama penduduk sekitar. Susah ngejelasin kalau ada demon yang makan remaja sambil ngebawa korban penculikan dan barang bukti dari para korban.

BlueHeaven

Sebagai orang yang belum baca manganya, tentunya munculnya last boss di episode yang masih belum jauh adalah sebuah kejutan. Tidak sampai sepuluh menit untuk memperlihatkan kesenjangan Tanjirou dan Muzan. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan terjadi minggu depan.

Nande Koko ni Sensei ga 05-06

Kaczmarek

Sudah masuk jatah Matsukaze-sensei! Sejujurnya saya drop manganya setelah masuk bagian dia, tapi untungnya sempet lanjutin baca sampai bagian dia kelar. Bagian dia ini cukup ekstrem bagi saya, terutama di kereta dan bagian payung itu.

Senryuu Shoujo 07

Kaczmarek

Episode klasik di musim hujan. Pulang bersama menggunakan satu payung saja. Amane-senpai dan Koto-nee sudah resmi menjadi suporter terbaik untuk kelangsungan hubungan “Nanako x Eiji”.

Kantai Collection

Well, selamat ulang tahun untuk Shigure dan juga Kongou!.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Saya cuma mau bilang aja kalau Final Fantasy VII itu seri yang ngelibatin eksperimen di mana cewek manusia mau dikawinin sama MacanAnjing, loncat tinggi pake lumba-lumba buat nyusup fasilitas militer, kencan sama bos mafia dengan nyamar jadi cewek, kencan sama ketua teroris, dan every crazy stuff that happened on Gold Saucer.

Header: PhantasyStarBoy