[Waifu Wednesday] Shigure

May 22, 2019 5:11 pm
[Waifu Wednesday] Shigure

Menyambut datangnya event Spring 2019, JOI kembali memilih kanmusu untuk menjadi Waifu Wednesday hari ini. Untuk kali ini kami memilih kanmusu yang sering sekali menyebut “There’s no rain that does not end”. Kebetulan beberapa hari yang lalu, kanmusu ini juga berulang tahun dengan Kongou!

Shigure, kapal perusak dari kelas Shiratsuyu ini memilki nama yang berarti “gerimis di musim gugur” dan merupakan kapal pertama dari 10 kapal perusak di kelas Shiratsuyu yang memiliki nama terkait tentang hujan. Ia dibangun di galangan kapal Uraga Senkyo Kabushiki Kaisha mulai tanggal 9 Desember 1933. Shigure kemudian diluncurkan secara resmi pada 18 Mei 1935 dan memulai pelayaran pada 7 September 1936.

Pada model awal dan kai-nya, Shigure memiliki rambut hitam panjang yang dikepang dan menggunakan pita berwarna merah. Pada model kai-ni, rambut Shigure bagian atas berubah bentuk seperti memiliki telinga anjing dan menurut ilustratornya rambut ini merepresentasikan “anjing yang setia”. Kujou Ichiso, ilustrator dari Shigure sendiri menggambarkan senjata yang berada di bagian punggung Shigure seperti meriam dan terlihat seperti model Gundam.

Pertanyaannya, bagaimana kanmusu yang memiliki nilai keberuntungan tinggi ini cocok menjadi kandidat waifu kalian?

+ Ironically love to making fun the enemy (and you)

Shigure kerap kali melontarkan kekecewannya jika memasuki Night Battle dengan mengucapkan “Aku kecewa dengan kalian”. Namun banyak yang menyangka ucapan itu ditujukan kepada rekannya sendiri, padahal kalimat tersebut diberikan kepada para musuh. Usut punya usut, Shigure melontarkan kalimat tersebut dikarenakan ia kecewa karena musuh selalu gagal menenggelamkannya. Walau keadaannya sangat berbeda dengan rekan seperjuangannya yang harus menelan asinnya lautan lebih dulu dari dirinya.

Tidak hanya para abyssal, Shigure memiliki voice line pada pukul 10 pagi, dimana ia secara gamblang menyindir Teitoku yang bermain KanColle di waktu tersebut. “Pekerjaan Teitoku adalah….ya, pekerjaanmu ya sebagai teitoku. Yeah.” Dia menganggapmu tidak punya pekerjaan karena jam 10 malah main KanColle haha.

+ Keberuntungan

Shigure memiliki banyak julukan namun yang paling terkenal adalah julukan Shigure of Sasebo. Sebuah julukan ini disematkan kepadanya karena sebagian besar misi pertempuran ia selesaikan tidak membuatnya tenggelam, walau kapal seperjuangannya bernasib sebaliknya. Reputasinya disamakan dengan Yukikaze yang juga cukup beruntung untuk masih bisa berlayar selama mungkin.

Keberuntungan tingkat tinggi yang dimilikinya ini yang menjadi alasan mengapa model kai-ni miliknya memiliki nilai cukup tinggi (50[89]) dibanding model sebelumnya (10-12 [49-59]). Sehingga kemungkinan besar Shigure dapat menyerang menggunakan Torpedo Cut-In yang memberi dampak cukup besar saat Night Battle.

+ Refined

Bagi yang sering sekali memasang Shigure sebagai sekretaris, kalian pastinya sudah bisa merasakan lembutnya suara Tanibe Yumi. Seperti Yura, Shigure punya gaya berbicara yang sangat sopan dan lebih memilih untuk berbicara seperlunya saja. Hanya saat tertentu saja ia sering berbicara banyak, seperti contohnya saat ada momen akhir tahun, valentine, setsubun, musim panas, dan musim hujan. Jika hujan turun, Shigure pasti langsung membicarakan hujan akan berhenti. Bahkan voice line saat musim hujan lebih terdengar sebagai ucapan pernikahan daripada voice line wedding-nya. Sampai-sampai sejumlah artist membuat beberapa komik pendek tentang ini.

+ Bisa Masak?

Meskipun segudang fanart menggambarkan Shigure sebenarnya juga jago masak, namun hanya satu hal yang dari sumber resmi yang menunjukan ia bisa memasak. Pada hourly line pukul 7 malam, Shigure mengajak teitoku untuk makan malam bersama dan ia memasak sendiri lauknya. Paling tidak kita tahu bahwa Shigure juga bisa memasak, namun saya sendiri ragu apakah Shigure hanya dapat memasak makanan itu-itu saja.

+ Mudah Didapat

Beruntungnya oh beruntungnya, Shigure termasuk kanmusu yang mudah sekali didapatkan terutama di World-1 dan World 2. Shigure selalu drop secara reguler di dua dunia tersebut, namun perlu waktu (yang tidak cukup banyak) untuk mendapatkannya. Sebentar, mudah didapat bukan berarti dia otomatis menjadi wanita gampangan ya. Don’t judge all kanmusus like that, that compromising the value of them.

+ (New) Protagonist

Selamat! Selamat! Selamat!

Setelah banyak gosip apakah ada musim kedua atau cerita alternatif, developer Kancolle memastikan proyek anime selanjutnya menempatkan Shigure sebagai protagonis cerita. Akhirnya kanmusu satu ini mendapat kesempatan untuk tampil lebih lama di layar kaca atau mika nantinya.

Tentu saja ini membuat komunitas pecinta Shigugu menjadi bahagia, terutama yang sudah menikahinya di dalam game. Namun yang perlu kita tunggu adalah kapan seri terbaru ini akan mengudara.

– Post Traumatic Stress Disorder

Ah iya, ini dia yang ditunggu-tunggu. Selain dikenal sebagai kapal keberuntungan, Shigure juga memiliki reputasi karena sering sekali kambuh penyakit PTSD-nya. Penyakit ini muncul akibat dari rekan-rekan seperjuangannya yang selalu tenggelam saat berperang bersamanya saat pertempuran malam hari.

Pertempuran yang paling besar memberi dampak psikis bagi Shigure adalah Pertempuran Teluk Vella (Kepulauan Solomon) dan Pertempuran Teluk Leyte (Filipina II). Pada pertempuran Teluk Vella, Shigure beruntung karena torpedo yang mengenainya tidak meledak di bagian kemudinya. Namun nasib Hagikaze, Arashi, dan Kawakaze tidak seberuntung Shigugu. Ketiganya terbakar dan tenggelam setelah dibombardir torpedo dari USS Dunlap, Craven dan Maury. Sementara itu di Pertempuran Teluk Leyte, Shigure harus kehilangan seluruh rekannya diantaranya Fusou, Yamashiro, Mogami, Michishio, Yamagumo dan Asagumo. Keseluruhan semuanya tenggelam pada hari yang sama yaitu 25 Oktober 1944.

– Taiha Magnet

Tidak terlalu mengejutkan bahwa sebagai salah satu kapal yang selamat dari Armada Nishimura, kompensasi terbaik untuknya dalam game adalah sebagai taiha magnet. RNG dalam game ini sepertinya tidak terlalu berpihak secara menguntungkan untuknya. Akan tetapi, Shigure sendiri dikaruniai keburuntungan yang cukup besar untuk (paling tidak) bertahan sampai pertempuran terakhir alias node terakhir. Tidak seperti kanmusu yang selalu minta jatah dipertengahan jalan itu.

Mungkin Shigure harus dekat-dekat dengan Yamashiro, supaya RNG taiha-nya berganti sasaran. Ya benar, biarkan Yamashiro yang menyerap semua damage dari musuh.

– The Nicest One, The Dangerous One

Mudah sekali tenggelam dalam kemuraman, Shigure sering sekali digambarkan sebagai kanmusu yang suicidal dengan sifat yandere-nya. Shigure juga dianggap sebagai tipe wanita yang ingin memonopolisasikan teitokunya dari kanmusu lainnya. Saya tidak akan menggambarkan ini lebih jauh, karena kalian sudah bisa melihat sendiri sejumlah ilustrator/artist yang suka sekali membuatnya seolah benar-benar yandere.

Honorable mention: Ikura Nagisa, Ebiblue, dan Monikano

Mungkin itu saja yang bisa beberapa hal yang saya bisa jabarkan. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dimasukan dalam waywed edisi kali ini, sehingga saya mohon maaf jika ada kekurangan. Karena sudah hampir menyentuh 1000 kata, saya sudahi dulu Waifu Wednesday kali ini. Selamat menjalankan event Spring 2019! Semoga sukses walau hanya bisa mengambil tingkat kesulitan terendah!

Header: Banner
Gambar: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 (TL-ed by Ree), 8, 9, 10 (deleted)