[JOI Spotlight] End of Spring Season 2019 Edition

June 30, 2019 8:39 pm
[JOI Spotlight] End of Spring Season 2019 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup musim semi 2019 ini. Selain memberikan impresi untuk seri yang telah hadir minggu ini, para staf juga akan memberikan prediksi singkat untuk seri yang akan hadir di musim panas nanti.

Dororo 24 (End)

Kaptain

Party is properly over, dan pemandangan terakhir yang dilihat Hyakki itu kematian kedua ibunya. Untuk genre dark fantasy khas Mappa saya masih seneng Garo kemarin, tapi overall ini adaptasi yang cukup kompeten. Lebih banyak pendekatan di “belajar menjadi manusia” dibandingkan “samurai really sucks” yang diterapkan dengan Dororo membangun kembali tanah yang udah hancur dan perjalanan Hyakki untuk “membasmi iblis” dari jiwanya. A decent show.

Isekai Quartet 12 (End)

Kaptain

Siapapun seri baru yang mau dateng, saya harap itu dari seri komedi karena kru Konosuba itu ujung-ujungnya yang ngecarry seri ini. An okay comedy, ga terlalu hype dengan kelanjutannya melihat seri ini itu udah kesulitan megang 4 seri, gimana kalau nambah.

Vento Aureo 36

Kaptain

Episode depan bakal satu jam durasinya. Entah bakal buat namatin ceritanya aja atau sekalian mau nyeritain Rolling Stone juga. Penasaran bakal kayak gimana versi requiem dari Sex Pistols.

YU-NO 13

Kaczmarek

Ternyata ini rute Eriko-sensei? Sekarang penonton sudah tahu siapa Abel itu, dan takdir (tubuhnya) yang harus digerogoti umurnya. Seperti yang Eriko bilang sendiri, jiwa Abel masih ada di belantara sana. Ryuuzouji juga ternyata bukan Ryuuzouji yang seadanya. Kemampuan niarbnya sendiri dibawa oleh makhluk mengerikan yang menghinggapi tubuhnya.

Setelah mengetahui bahwa Mitsuki harus (selalu) mati di rute kedepannya, saya cukup sedih dan kecewa. She deserves one route that she could live happily while being shagged by Takuya everyday. Coming up next, rute Kanna Hatano yang masih misterius hingga kini identitasnya.

Tate no Yuusha no Nariagari 25 (End)

Kaczmarek

Sudah? Kalian sudah puas? Saya tidak tahu mereka menyelesaikan anime ini di chapter berapa, namun paling tidak beberapa masalah di dalam seri ini bisa sedikit dilegakan. Namun yang masih membuat saya penasaran, tentunya keberadaan dunia lain dimana Glass, L’Arc Berg, dan Therese Alexanderite berasal. Ditambah lagi dengan dua anggota harem tambahan milik Naofumi (1 lagi cuman familiar, yang satu udah tak bertubuh).

Naofumi di akhir episode ini juga kampret tenan! Tak kira beneran segala hal itu buat persiapan Naofumi ninggalin Raphtalia sama Filo untuk kembali ke dunia nyatanya. Ternyata masih bertahan dalam satu lingkaran, lebihnya dia juga udah jadi tuan tanah. Raphtalia juga sampai sungkem duluan gitu padahal lebaran udah lewat.

Kenja no Mago 12 (End)

Kaczmarek

Mencoba tidak ngasih impresi untuk seri ini dari awal, dan saya beruntung bisa menahannya. Awal yang cepat, dan memasuki pertengahan pace-nya langsung melambat. Berasa denger album Pantera yang Vulgar Display of Power. Di akhir episode ini mereka sepertinya sengaja menggantungkan cerita hingga Shin dkk. bisa melawan Oliver Schtrom dkk. lagi. Saya sendiri tidak mengikuti LN serta manganya, jadi saya juga tak tahu menahu adaptasi animenya ini berhenti di chapter berapa.

Anyway, selamat untuk Rina Honnizumi yang bisa menyelesaikan perannya sebagai heroine utama dari seri ini. Sementara itu saya masih berharap Maria segera diberi pasangan, mengingat harem di seri ini tidak terlalu menonjol, kecuali Siegfried Marquez berniat mengumpulkan fansnya.

Kimetsu no Yaiba 13

Kaptain

Oke, pacing episode kali ini itu udah separah adaptasi anime One Piece. Efek terparahnya ya jadi bikin segmen Zenitsu & Ino di paruh akhir itu jadi jelek. Tanjirou jadi lelet dan Ino jadi kelewat psikopat, saya ngebandingin dengan manga dan konflik ini cuma beberapa panel aja.

Bokuben 13 (End)

Kaczmarek

That’s too short right? Beruntungnya musim kedua sudah dijadwalkan Oktober ini ditayangkan. Paling tidak kalian (dan saya) bisa marathon membaca manganya terlebih dahulu. Kembali ke episode ini, setiap scene dibagi rata dan Sekijou akhirnya muncul lagi dan tampaknya yuri meternya menanjak setinggi volume selebrasi Nobuharu Matsushita kemarin di Feature Race Austria. Karena sudah diumumkan terlebih dahulu musim keduanya, saya gak heran mereka mengakhiri musim pertamanya tanpa ada teaser lain.

Summer Hypelist

Kengan Ashura

Kaptain

Perhaps the best tournament arc ever told on a manga. Dari PV yang udah rilis, bakal sepenuhnya ngeadaptasi annihilation tournament. Saya SANGAT nyaranin buat ngecek manga-nya, it’s my all time favorite martial arts manga. Kengan itu seri yang luar biasa sulit buat diadaptasi melihat manga-nya punya masalah yang sama dengan OPM dan Ballroom, punya animasi yang lebih bagus dibandingkan kebanyakan anime. Udah gitu annihilation tournament juga harus diadaptasi full dan nggak ada point yang enak buat berhenti.

Danberu

Kaptain

Getting fit and healthy, terutama untuk tangan utama kalian. Karena saya nggak optimistis dengan versi Netflixnya, Danberu itu kesempatan terbaik saya buat ngeliat karakter Kengan di proper 2D anime. Saya optimis dengan kualitas produksi dan heroinenya berhubung ini Doga Kobo. Yang saya masih nggak yakin bakal berapa banyak manservice-nya.

Dr. Stone

Kaptain

Civilization Speedrun vs ARK Speedrun. Salah satu anak emas generasi baru Jump. Rada optimistis melihat anime ini langsung mastiin kalau Senku itu protagonisnya, beda dengan manganya yang harus kena soft reboot dulu buat nekanin hal ini. Melihat teknologi yang jadi fokus tiap arc, seri ini lebih ditargetin ke remaja dan di bawahnya, because yeah it’s a shounen. A great educational manga, dan berhubung ceritanya itu dipegang Inagaki saya juga lebih positif berhubung Boichi itu nggak bisa dipercaya ngebuat ending yang memuaskan.

El Melloi Case Files

Kaptain

Underpaid & Overworked Teacher Adventure. Eventnya emang udah jalan kemaren, tapi saya yakin pas masa tayangnya nanti bakal ada rate-up buat para karakternya. Bakal fokus ke satu arc dari novelnya aja dan sisanya bakal orisinal buat anime-nya. Bisa dimengerti melihat seri ini itu berat banget di eksposisi bahkan untuk standar Type-Moon jadi cuma satu arc aja yang bisa muat diadaptasi.

Fire Force

Kaptain

Currently giving mean stare to Promare. Seri shounen yang fungsional. Dikerjain Davidpro yang bakal ngerjain seri ini selama 4 cour dan staf yang cukup meyakinkan buat bikin adegan aksi. I expect a lot of clip, tapi nggak yakin yang nonton animenya sepenuhnya bakal banyak.

Girls Frontline

Kaptain

Making robots that can feel PTSD, for funsies. Tayang 2 cour yang jelas bakal pendek durasinya. Adaptasi mobage yang cukup bijaksana buat bikin spinoff komedi dulu dan nggak langsung nekat ngeadaptasi keseluruhan cerita utamanya. Mungkin kalau manga-nya dah jauh saya bakal lebih positif sama adaptasi penuh.

Sounan Desu ka?

Kaczmarek

Adaptasi dari manga buatan Kentarou Okamoto dan Riri Sagara. Proyek kedua untuk studio Ezola setelah Happy Sugar Life yang tayang tahun lalu. Plot cerita berfokus pada proses adaptasi terhadap lingkungan baru oleh 4 gadis SMA yang terjebak di sebuah pulau terpencil. Mereka berusaha keras untuk bertahan hidup, paling tidak hingga ada bantuan yang datang. Kalian akan disajikan dengan cara menyaring air laut agar dapat diminum menggunakan bagian tubuh kalian yang memiliki lubang.

Vinland Saga

Kaptain

Scandivanian Lu Bu British Vacation. Durasi tayangnya bakal cukup buat nampung keseluruhan cerita Aksellad. Agaknya bakal banyak pake CG di konflik massalnya, which is a bummer berhubung fokus utamanya kelompoknya Aksellad ya invasi Inggris.

Kawaikereba Hentai demo Suki ni Natte Kuremasu ka?

Kaczmarek

Sangat disarankan untuk menonton previewnya terlebih dahulu sebelum menonton anime ini. Lebih disarankan lagi untuk membaca manganya di beberapa chapter awal agar kalian gak terlalu merasa aneh menontonnya.

Tsuujou Kougeki ga Zentai Koudeki de Ni-kai Kougeki no Okaasan wa Suki Desu ka?

Kaczmarek

Seri isekai dimana protagonisnya harus “ditemani” oleh ibunya ke dalam sebuah video game. Disini ibunya punya kemampuan yang ternyata melebihi anaknya, padahal anaknya ingin menunjukan kekuatan dia untuk melindungi ibunya sendiri.

Sekian JOI spotlight kali ini. Jadi apa seri favorit kalian untuk musim semi ini dan seri yang paling dinantikan di musim depan? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Yaoto