Video Simulasi Tsunami Beredar Setelah Peringatan Tsunami 1 Meter Jepang Ditertawakan

July 3, 2019 1:44 pm
Video Simulasi Tsunami Beredar Setelah Peringatan Tsunami 1 Meter Jepang Ditertawakan

Setelah gempa sebesar 6,8 SR mengguncang Niigata pada tanggal 18 Juni lalu, sebuah peringatan tsunami dikeluarkan, peringatan gelombang setinggi 1 meter, dan sebagian daerah diperintahkan untuk evakuasi.

Walaupun mayoritas orang Jepang sangat tahu kekuatan menghancurkan yang bisa dibuat tsunami, beberapa orang di media sosial berkomentar bahwa 1 meter itu tidak masalah. Orang dewasa lebih tinggi dari 1 meter jadi seharusnya tidak apa-apa kalau bisa tetap berdiri, kan?

Poin lain yang digunakan adalah tsunami mengerikan setinggi 9 meter yang menyusul Great East Japan Earthquake. Dibandingkan dengan itu, 1 meter bukanlah sebuah masalah.

Sebagai balasan untuk komentar-komentar ini, video lama mulai beredar di Twitter yang membuktikan bahwa tsunami 1 meter sebenarnya sangat fatal. Di bawah ini adalah video simulasi yang menunjukkan bagaimana efek dari tsunami setinggi 50 cm.

Gelombang kuat yang dihasilkan tsunami dapat menjatuhkan seseorang dan menyapu mereka. Di bawah ini adalah simulasi yang menunjukkan bagaimana bahayanya ombak dari tsunami 1 meter.

Ilustrasi Ombak Tsunami

Ilustrasi yang digambar oleh mspine81 di atas menunjukkan bahwa orang-orang membayangkan ombaknya seperti di pantai yang naik perlahan sebelum akhirnya buyar, tapi ombak tsunami sebenarnya seperti tembok keras yang menyapu apapun di hadapannya.

Pesan yang disampaikan oleh simulasi tersebut sudah jelas, jangan meremehkan peringatan tsunami.

Sumber: Grapee