[Celebrity Sunday] Risa Taneda

July 14, 2019 4:28 pm
[Celebrity Sunday] Risa Taneda

Celebrity Sunday kembali hadir di hari Minggu ini! Tidak biasanya rubrik ini ada tiap minggu, namun dengan ini mungkin saja rubrik ini makin aktif di kemudian minggu.  Untuk edisi kali ini saya akan membahas salah satu seiyuu yang terkenal dengan peran-perannya yang penuh dengan dialog “…senpai..”, “iee senpai…”, “fuyukai desu!”. Tentu saja kalian sudah tahu siapa wanita ini. Mari mengenal lebih jauh tentang seiyuu yang bernama Risa Taneda.

Risa Taneda/Taneda Risa lahir pada tanggal 12 Juli 1988 di kota Tokyo. Sejak memulai debutnya dalam dunia seiyuu, Taneda sering dipanggil Tane-chan atau Tane oleh rekan-rekan dan para penggemarnya. Saat ini Tane berada di bawah agensi Office Osawa, tempat ia magang saat masih berkuliah dulu. Ia berkuliah di fakultas desain di Shuto Daigaku Tokyo (Tokyo Metropolitan University) dan memiliki sertifikasi mengajar guru seni sekolah menengah pertama.

Eh ja..jangan mbak, ampun

Karirnya sebagai seiyuu dimulai dengan peran minor sebagai narator dalam anime pendek buatan studio Gonzo dan Ufotable, Sakura no Ondo. Tane kemudian makin sering mendapat peran seperti dalam anime Tari Tari, KoiChoco, dan Natsuyuki Rendezvous.  Karirnya menanjak setelah mendapat peran seiyuu karakter utama bernama Watanabe Saki dalam anime Shinsekai yori.  Kemudian ia mendapat peran-peran utama seperti Xenovia Quarta (High School DxD), Sayumi Takanashi (Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de), Aya Komachi (Kiniro Mosaic), Rory Mercury (Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri), Yukina Himeragi (Strike the Blood), Erina Nakiri (Shokugeki no Souma), Kaori Miyazono (Shigatsu wa Kimi no Uso), dan masih banyak lagi.

Seiyuu dari Rize Tedeza (Gochiusa) ini juga mengisi suara karakter game seperti dari Kantai Collection (Akashi, Myoukou, Nachi, Ashigara, Haguro, Shouhou, Samidare & Suzukaze), Azur Lane (Zuikaku, Shoukaku, & Cygnet), Girls Frontline (M1 Garand, Thompson, & MG3), Fate/Grand Order (Mash Kyrielight, Marie Antoinette, Kiyohime, Mata Hari) dan masih banyak lagi. Salah satu karakter lain yang diperankan Tane dan cukup populer adalah Kuon dari seri Utawarerumono. Selain dalam dua novel visualnya, Tane juga mengisi suara Kuon dalam seri anime televisinya.

Selain berkarir sebagai seiyuu, Tane juga seorang penyanyi dan kini tergabung dalam sebuah unit seiyuu idol bernama Rhodanthe*. Unit ini merupakan bentukan dari seri anime Kiniro Mosaic dan aktif dibawah label Flying Dog. Uniknya  seiyuu idol ini seluruh anggotanya memiliki golongan darah A. Tidak hanya aktif dalam seiyuu idol ini, Tane juga merupakan bagian dari Franchouchou yang dibentuk dari seiyuu karakter utama anime Zombieland Saga. Baru-baru ini, staf Zombieland Saga tengah mempersiapkan konser langsung yang akan digelar di Furusato Kaikan Arpino, Prefektur Saga. Dari ranah yang sama, Tane juga menjadi bagian dari THE iDOLM@STER: Million Live! sebagai seiyuu dari Kotoha Tanaka dari unit Burning Girl.

Karinya sempat terhenti di pertengahan tahun 2016, setelah agensi Osawa Office mengumumkan Tane akan hiatus sampai waktu yang tidak ditentukan untuk menangani masalah penyakitnya. Tidak diketahui penyakit apa yang diderita Tane, namun tampaknya ini berefek besar terhadap pekerjaannya. Setahun berselang, agensinya kemudian mengumumkan bahwa Tane akan bekerja kembali seperti biasanya, namun secara perlahan dengan menyesuaikan kesehatannya. Tane juga memberi pesan lewat situs Rhodanthe, “Jujur saja, bisa kembali lagi itu sebuah mukjizat”. Dia juga berujar bahwa akan memulai dari nol lagi seperti dulu.

Efek dari hiatus ini, peran Tane di beberapa anime, program musik dan game digantikan oleh seiyuu lainnya. Berikut adalah daftar pergantian perannya:

  • Rie Takahashi sebagai Mash Kyrielight (Fate/Grand Order)
  • Hisako Kanemoto sebagai Erina Nakiri (Shokugeki no Souma)
  • Nana Mizuki sebagai Kisaki Kondou (WWW Working!!)
  • Asami Sanada sebagai Mio Kunosato (Chaos;Child)
  • Kaori Ishihara sebagai narator (Break Out)
  • Ayako Kawasumi sebagai Riveria Ljos Alf (DanMachi)
  • Ai Kakuma sebagai Miyako Shirakawa (Imouto no Sae Ireba Ii)
  • Inori Minase sebagai Altina Orion (The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel III)

Sudah ngomongin karir, bagaimana dengan profilnya lebih lengkap? Mungkin banyak yang ingin tahu apa hobi dan kesukaan seiyuu cantik ini. Dalam sebuah wawancara tahun 2014, ketika ditanya peran apa yang ia sukai, Tane menjawab bahwa ia menyukai karakter yang energik dan kuat. Jika melihat track recordnya, karakter tomboy dan energik seperti Xenovia dan Yukina memang cocok untuknya. Ditambah lagi saat ditanya bagaimana anda saat masih kecil, ia menjawab seperti bocah laki-laki. Ia juga menambahkan bahwa ia beruntung perilakunya dulu tidak sampai terbawa sampai sekarang.

Seiyuu penggemar seri Harry Potter ini ternyata suka bermain game. Game yang akhir-akhir ini ia mainkan adalah Kingdom Hearts dan ia terkadang lupa waktu saat memainkannya. Saat masih sekolah, Tane bergabung dalam ekstrakurikuler tari walau kemampuan fisiknya tidak terlalu mendukung.  Jika sedang libur, Tane pernah mengungkapkan ingin pergi jalan-jalan ke negara lain seperti Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat. Namun saat libur di rumah, ia menghabiskan waktunya dengan menonton anime, membaca manga, mendengarkan radio dan bermain dengan anjingnya. Kalau tidak ada kerjaan, ia juga menghabiskan liburannya dengan tidur.

Bicara soal pria, Tane menyukai pria yang lemah lembut dan menggunakan kacamata. Apa mungkin pria itu adalah salah satu dari kalian? Ya mungkin saja ya hehe.

Hmmm apalagi ya? Oiya soal kesukaan lainnya. Seiyuu yang suka sekali mendengar musik yang dibuat oleh Yasutaka Nakata ini juga suka sekali minuman beralkohol, namun dalam kadar kemampuannya. Minuman alkohol kesukaannya adalah umeshu (Plum Wine) dan sparkling sake. Dalam radio CD seri Yuyushiki, Tane juga mengungkapkan dirinya suka memasak daging, terutama yang dipanggang dan juga yang masih mentah. Hmmm apakah ia juga penikmat basashi (sashimi daging kuda)? atau daging lain yang tak lazim di negeri kita?

Saya bertanya-tanya kenapa harus kayak pantsu

Baru-baru ini Tane-chan juga merayakan ultahnya ke-31 20 loh. Semoga di umur yang baru ini, mendapatkan kesehatan yang makin baik dan karirnya makin sukses kedepannya. Soal jodoh? saya berharap yang terbaik untuk mbak Tane supaya segera menemukan pasangan hidupnya nanti.

Sumber: Onsen Radio, DDNavi