[JOI Spotlight] Pasta Edition

July 14, 2019 8:01 pm
[JOI Spotlight] Pasta Edition

Selamat datang di JOI Spotlight minggu kedua musim panas ini. Staf JOI masih mengumpulkan seri untuk ditonton dan melihat beberapa seri baru saja mulai kalian bisa melihat impresi kami di bawah.

DanMachi: Orion no Ya

Kaczmarek

Sedikit kecewa karena di pertengahan film saya baru menyadari ini misi bunuh diri. Artemis yang muncul di paruh pertama dengan suara ala Jeanne d’Arc, sempat menaikan harapan saya bahwa ini akan menjadi petualangan demi menyelamatkan rekannya yang kewalahan melawan Antares, seperti yang ditampilkan di epilog. Like hell, saya pikir Artemis bakal menjadi dewi yang anti skinship dan semacamnya. Setelah mengetahui Orion yang dia cari, kontak fisik malah dengan mudahnya didapatkan Bell.

Vinland Saga 01-03

What’s this?

Hinga Dinga Durgen

Kaptain

Sama kayak Katsukemo, kronologi ceritanya berubah di adaptasi ini. Sedikit latar belakang aja, seri ini itu awalnya seri Shounen yang lalu pindah ke publikasi Seinen, kalau kalian yang belum baca manga-nya nanti ngerasa tone-nya nggak konsisten, perpindahan ini alasannya. Sejauh ini merupakan adaptasi yang kompeten dan penggunaan CG juga ga terlalu intrusif.

Arifureta 01

What’s this?

Revenga with rubbish quality

Kaczmarek

Oh gak mungkin, ya gak mungkin. Entah berapa bagian yang mereka potong di awal episode ini. Mulai dari bagaimana Hajime bisa bikin senjata (dan granat), mengapa temannya berusaha mencelakainya, hingga mengapa saya bingung. Hal lain yang saya kesalkan saat nonton episode pertama ini hanya saya harus menaikkan kecerahan monitor saya demi bisa melihat jelas animasinya.

Kaptain

Kalau kualitasnya nggak kayak gini saya pesimis komunitas bakal peduli sama adaptasi anime-nya. Itulah nasib anime yang kena delay sampai setahun.

YU-NO 15

Kaczmarek

Filler week. Episode spesial musim panas di pantai. Dengan berbagai gangguan dari Hojo yang nguntitin Kanna terus, dan ingin menyambut pagi Takuya dengan senyuman. Saya ngira Hojo akan melakukan hal yang Toyotomi lakukan ke Ayumi saat di rumah sendirian. Pengembangan karakter Kanna disini makin dalam, walau emosinya sangat datar. Kanna dan Mio bisa menjadi, eh sebenernya udah jadi ya (tonton adaptasi versi lainnya) sebagai pasangan yuri.

Hensuki 01

SG DK!

What’s this?

Smut time with pervert JK

Kaczmarek

Mereka menggunakan dialog dan adegan yang lebih aman di episode pertama ini. Tidak seperti di manganya yang terdapat khayalan kotor Keiki dan bahasa vulgarnya. Oh iya, Keiki mengobrol soal dada dengan Yuika tidak di kursi seperti di manganya, melainkan di rak buku. Dan lagi, Keiki terkena headshot saat bermain, bukan saat dia bersandar di dinding. Vegetarian, si anjing itu kenapa jadi seram rautnya ya Tuhan hahaha. Saya gak heran lima chapter diperpendek dalam satu episode bakal seperti ini, hanya saja mengapa setting karakternya dipindahkan?

Sounan desu ka? 02

Ini Asuka kenapa muntahnya ke tangan sendiri?

Kaczmarek

Kali ini mencari sumber air yang tidak dekat. Asuka yang saya harapkan bisa tahan jalan jauh, harus tepar duluan karena haus. Waktunya untuk air tanah perasan kaos kaki Homare! Yang punya fetish beginian pastinya udah ngiler sendiri.

Isekai Cheat Magician 01

What’s this?

Dosis isekai musiman

Kaczmarek

Kaku. Jujur saya udah ngedrop manganya. Namun mengetahui kabar adanya adaptasi anime membuat saya kembali mencoba menontonnya.

Machikado Mazoku 01

What’s this?

Tearjerker show

Kaczmarek

Why? Why? Kenapa demon ini harus hidup dalam kekurangan (beras), badannya lemah, bahkan mentalnya juga lemah. Saya kasian ngeliat Yuuko diberi misi yang berat karena Momo ternyata OP. Sepertinya apprenticenya Satania ini harus bernasib sama, dibully terus sampai akhir musim.

Katsukemo 02

Kaptain

Lah, beneran tetep ngikut kronologi dari awal. Paruh kedua dari episode ini itu bab pertama manga-nya. Sekali lagi saya masih bimbang sama keputusan adaptasi ini, cuma kalau dipikir lagi urutan ceritanya ngebuat anime ini lebih banyak show daripada tell, dan ini sesuatu yang lebih banyak anime perlu praktikan.

Danberu 02

Kaptain

There, kesempatan terbaik buat ngeliat Gaolang di 2D. Untuk kedepannya saya stop aja nulis per episodenya, toh juga isi impresinya bakal “Eh, ada Sekibayashi/Gozo/Setsuna/Julius/Kure”.

Okaasan Online 01

What’s this?

Dayang Sumbi tanpa menyuruh bikin perahu

Kaczmarek

Episode pertamanya membuat sesuatu tumbuh dalam diri saya. Bukan, bukan Oedipus Complex beruntungnya. Berharap juga enggak untuk episode berikutnya. Semoga kualitas animasinya tidak menurun, melihat J.C. Staff proyeknya ada empat seri musim ini. Belum termasuk OVA dan proyek pendek lainnya.

DanMachi Season 2 01

Kaczmarek

Baru episode pertama kita sudah berdansa dan diajak gelut sama keluarga Apollo. Ada informasi yang baca, siapa orang yang akan membantu Bell untuk tanding nanti dan salah satunya adalah Mikoto. Cukup senang dengan perekrutan itu, namun dengan kata lain selamat untuk Bell karena haremnya mengembang lagi. And also, wingman of the day : Hermes.

Fire Force 02

Kaptain

Sedikit latar belakang yang kelewat saya omongin minggu lalu. Staf produksi anime ini kebanyakan veteran dari Shaft yang baru-baru ini keluar. Ini memang sekedar desas-desus, tapi rumor yang paling sering muncul itu staf yang udah males sama manajemen studio yang nggak karuan. Hasilnya kita kedapatan sebuah adaptasi yang dibuat oleh talenta Shaft sama production pipeline Davidpro. Itulah kenapa seri shounen ini jadi punya bahasa visual yang mirip sama seri Monogatari.

Kanata no Astra 01-02

What’s this?

Anime Star Trek Voyager

Kaptain

Pemenang Taisho Award. Nggak seperti Golden Kamui kemarin staf produksinya bisa lebih dipercaya. Kebanyakan konfliknya itu “Ada masalah”>”Kebetulan kita punya spesialis/barang buat masalah ini” yang saya oke-oke aja karena tone ceritanya emang ga gelap-gelap amat. Letterboxing banyak digunain tapi nggak dipake pas di angkasa luar, kemungkinan besar buat nekanin skala dari luar angkasa.

Araburu Kisetsu no Otome-domo yo 02

Kaczmarek

Pacenya cepet banget, berasa dikejar deadline. Saya pikir beberapa adegan yang seharusnya bisa diperlambat namun ternyata malah lebih cepat dari dugaan. Paling tidak mereka masih konsisten untuk mengikuti ceritanya sejauh ini.

Joshikousei no Mudazukai 02

Kaczmarek

Sampai nama panggilan harus ditarok di credit scene juga hadeh. Ini anime sampai akhir musim saya yakin makin jarang yang nyebut nama, kecuali Waseda. Yamai ini bisa jadi spirit animal para chuuni masa sekarang. Sementara itu suaranya wota kalau tinggi kenapa jadi lucu ya Tuhan. Suara Tomatsu memang sesuai dengan karakternya wota.

Kimetsu no Yaiba 15

Kaptain

Bener deh ini gunung bakal jadi arc terakhir adaptasi musim ini. Sukur-sukur ya sidang setelahnya bakal ada juga. Dah diumumin juga kalau Hayamin bakal meranin Shinobu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja seri yang ngasih kalian cukup impresi bagus untuk ngelanjutin?

Header: hews