Shinzo Abe: “Bapak-Bapak, Ajak Pacar Kalian ke Tempat Pemungutan Suara…”

July 18, 2019 4:20 pm
Shinzo Abe: “Bapak-Bapak, Ajak Pacar Kalian ke Tempat Pemungutan Suara…”

Hari Minggu esok, Jepang akan menggelar pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Penasihat Jepang. 100 kursi yang tersedia akan diperebutkan para politisi dari berbagai partai. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe baru-baru ini telah menyelesaikan empat kampanye di Prefektur Niigata. Namun yang unik adalah kalimat yang diucapkannya, yang membuat sejumlah netizen dan warga setempat senyam-senyum sendiri.

Kampanye Shinzo Abe dilakukan pada hari Selasa lalu di Prefektur Niigata. Kampanye ini bermaksud untuk menggalang dukungan untuk Partai Demokratik Liberal. Abe memohon dukungan tidak hanya dari para penonton namun juga kepada orang-orang yang memiliki ikatan personal dengannya.

“Aku ingin kalian memberikan suara, dan aku ingin teman-teman, saudara, kekasih, dan juga mantan kalian, jika kalian menemukan mereka, untuk melakukan hal yang sama”. Tidak lama berselang, Abe kemudian merevisi kalimatnya dengan mengatakan, “Bapak-bapak, aku meminta kalian untuk mengundang pacar kalian untuk pergi ke tempat pemungutan suara dan memberikan suaranya untuk kami.”

Shinzo Abe dalam kampanye di Prefektur Niigata

Namun pemilihan kata Abe cukup membuat keheranan para pendengarnya. Hal ini dikarenakan Abe menggunakan kata koibito atau pacar, yang bukan berarti “pasangan” sesungguhnya. Implikasi dari ucapan Abe adalah untuk mengajak para bapak-bapak untuk memberikan suara mereka ke partainya dan mengajak pacar atau dalam hal ini selingkuhan mereka untuk ikut melakukan hal yang sama. Tidak hanya sampai situ, dalam kampanyenya di titik lain pria yang lahir di Tokyo ini juga menggunakan kalimat yang sama. Namun ia juga menambahkan, “Ibu-ibu, temukan mantan kalian juga (untuk memberikan suara mereka)”.

Gaya bicara dan pemilihan kata Abe ini juga tampaknya menjadi pertanyaan tersendiri. Apakah Abe termasuk orang yang loyal terhadap suatu hubungan keluarga, atau ia orang yang humoris yang suka menyisipkan hal-hal lucu di setiap pembicaraannya sehingga dapat menarik perhatian orang-orang. Pastinya, yang mengetahui kelakar Abe hanya sang pacar istrinya yang dulu juga seorang DJ yaitu Akie Matsuzaki.

Gambar: 1, 2

Sumber: Asahi Digital, Soranews